HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kamu Perlu Tahu! Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Website

Layanan hosting adalah “rumah” website kamu di internet. Oleh karena itu, kamu harus sangat berhati-hati sebelum memilih hosting. Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Itu sebabnya Hosteko akan membagikan 6 tips memilih hosting terbaik.

Pertama-tama, pahami kebutuhan kamu. Fokuslah pada prioritas kamu. Untuk membantu kamu, berikut ini adalah daftar pertanyaan yang bisa kamu jadikan acuan.

  • Apakah website kamu akan dikunjungi banyak pengunjung? (Contohnya seperti toko online dan portal berita)
  • Layanan apa saja yang kamu butuhkan?
  • Seberapa sering kamu memerlukan backup data?
  • Apakah kamu memerlukan dukungan teknis 24/7 melalui live chat atau telepon?

Jika kamu sudah mengetahui apa yang kamu butuhkan maka kamu dapat mulai mencari informasi hosting terbaik di mesin pencari.

Meskipun langkah ini terdengar mudah, namun bisa membingungkan karena ada banyak rekomendasi layanan. Oleh karena itu, di bawah ini Hosteko akan membahas beberapa tips memilih hosting terbaik untuk website kamu.

Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Website

1. Memiliki Berbagai Jenis Paket Hosting

Ada beberapa pilihan hosting saat ini, mulai dari shared hosting, VPS hosting, cloud hosting, WordPress hosting, dan dedicated hosting. Pastikan penyedia layanan hosting yang kamu pilih menawarkan semua layanan ini. Itu karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung kebutuhan dan anggaran yang kamu miliki.

Lantas, hosting apa yang bagus untuk pemula? Jawabannya adalah shared hosting. Namun, jika website kamu mulai menarik banyak pengunjung, kamu memerlukan hosting yang lebih kuat, seperti VPS atau cloud hosting.

2. Mengandalkan Server yang Cepat

Jangan meremehkan server hosting. Karena itu merupakan faktor penting untuk kualitas website kamu. Jika penyedia hosting kamu tidak memiliki server terbaru untuk loading cepat, kamu perlu mempertimbangkan kembali untuk menggunakan layanan mereka.

Carilah penyedia hosting yang memiliki server cepat dengan solid state drive (SSD) dan prosesor modern, serta penyimpanan dan bandwidth yang besar. Pastikan setidaknya uptime yang ditawarkan adalah 99,9%.  Artinya website hampir bisa selalu diakses 24 jam.

3. Hanya Gunakan Hosting yang Menjamin Keamanan Tinggi

Salah satu hal terpenting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih penyedia hosting adalah keamanan. Website kamu dapat menjadi ancaman serangan cyber crime, virus, peretas, dan pencurian data.

Jadi, sebaiknya carilah penyedia hosting yang memiliki sistem aman dan selalu up to date. Misalnya, memiliki perlindungan, seperti firewall, antivirus, sertifikat SSL, dan pencadangan rutin.

4. Membekali dengan Control Panel yang Intuitif

Control panel adalah alat untuk mengelola fitur hosting, seperti domain, file, email, database, backup, dan lain sebagainya. Jika control panel kamu intuitif, kamu tidak perlu mempelajarinya secara khusus.

Contoh control panel yang populer adalah cPanel, Plesk, Webuzo, dan Cyberpanel. Pilih penyedia hosting dengan panel kontrol yang mudah digunakan. Ini sepertinya hal kecil, tetapi kamu akan sadar saat menggunakan control panel yang rumit.

5. Mendapatkan Ulasan Bagus

Salah satu cara terbaik untuk memilih hosting adalah dengan melihat pendapat pengguna lain tentang hosting tersebut. Dari sana kamu bisa tahu lebih lanjut tentang kualitas, kinerja, dan fitur-fitur tambahan penyedia hosting tersebut.

Di halaman utama website penyedia layanan hosting, kamu dapat melihat apa yang dikatakan pengguna lain tentang layanan hosting mereka. Pilihan lainnya adalah dengan melihat forum dan blog yang membahas tentang hosting. Di Indonesia, salah satu blog populer adalah Penasihat Hosting

6. Didukung Layanan Pelanggan yang Responsif

Jika kamu baru saja membuat website, penting untuk memilih penyedia layanan hosting dengan layanan pelanggan yang responsif. Bayangkan jika website kamu bermasalah ketika ada banyak pengunjung karena kamu sedang melakukan promosi. Tanpa bantuan untuk menyelesaikan masalah, tentu kamu akan kebingungan untuk membuat website online agar tidak mengganggu penjualan produk.

Customer Service Hosting adalah pihak yang tidak hanya harus menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat, namun juga menyediakan berbagai saluran untuk mendengarkan keluhan dan pertanyaan pelanggan.

Pertanyaan Seputar Hosting

Kamu mungkin memiliki banyak pertanyaan sebelum memilih hosting untuk website kamu. Mulai dengan perbedaan antara semua jenis hosting, cara memilih yang tepat, dan berapa biaya hosting serta cara membelinya.

Jangan khawatir! Semua jawaban seputar hosting tersebut ada di bawah ini. Yuk, langsung simak ya!

1. Mengapa Harus Membeli Hosting?

Kamu harus membeli layanan hosting karena kamu bisa mendapatkan banyak hal penting dari hosting. Yang pertama adalah untuk membuat websiteb. Tanpa layanan hosting, orang lain tidak akan bisa melihat website kamu secara online. Selain itu, menyewa hosting juga lebih hemat biaya. Tidak perlu membeli dan mengelola server sendiri yang mahal dan memerlukan perawatan khusus.

Alasan lainnya adalah penyedia hosting menjamin website kamu akan selalu berfungsi dengan baik. Sebab penyedia hosting menggunakan teknologi terbaru, memiliki spesifikasi hebat, dan menambahkan fitur-fitur keren ke website kamu.

Alasan terakhir adalah karena ada customer service yang siap membantu jika website kamu bermasalaj. Baik itu kesalahan pengaturan yang kamu lakukan atau masalah lain yang perlu segera diperbaiki.

2. Jenis Hosting Mana yang Cocok untuk Website Saya?

Memilih jenis hosting yang tepat untuk website bukan hanya berdasarkan harga dan kapasitas penyimpanannya. Namun, juga harus disesuaikan dengan kepentingan website yang lain. Misalnya website apa yang akan kamu buat, berapa perkiraan jumlah pengunjung per hari, apakah kamu memerlukan akses SSH, apakah kamu memerlukan kecepatan tinggi, bagaimana kamu akan mengelolanya, dan lain sebagainya.

Hal di atas sangat berpengaruh dalam memilih hosting. Bayangkan jika kamu membuat website toko online yang menerima 1000 pengunjung setiap harinya. Tentu saja hosting yang kamu pilih harus mampu menampung 1000 pengunjung sebagai standar, memiliki Core CPU dan RAM yang cukup, serta kapasitas kurang lebih 2 GB. Kamu tidak bisa memilih hosting yang hanya memiliki kapasitas 300 MB. Karena akan membuat kinerja toko online kamu tidak optimal dan dapat mengalami overload atau resource limit.

Jika kamu memiliki pengetahuan yang baik tentang pengelolaan hosting, kamu dapat memilih cloud atau VPS hosting. Hal ini karena kamu memiliki kendali dan akses penuh terhadap hosting. Namun, jika kamu tidak memiliki banyak pengalaman tentang hosting, sebaiknya gunakan shared hosting. Jadi, semuanya tergantung kebutuhan kamu. Untuk itu, sebelum kamu membeli hosting, pastikan kamu sudah mengetahui apa saja kebutuhan website kamu yaa!

3. Berapa Biaya yang Dikeluarkan untuk Hosting?

Oh iya, ini juga yang paling penting setelah kamu memahami kebutuhan website. Tentunya jika ingin membuat website, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya hostingnya. Pastikan biaya hosting kamu sesuai dengan kebutuhan dan fitur hosting yang kamu dapatkan ya!

4. Apakah Setiap Pembelian Hosting Dapat Gratis Domain?

Untuk pertanyaan ini bergantung pada kebijakan penyedia layanan hosting. Ada yang menawarkan pembelian hosting dengan gratis domain. Ada juga yang menjual hosting dan domain secara terpisah. Nah, Hosteko adalah salah satu penyedia layanan hosting di mana kamu bisa membeli hosting dengan domain gratis.

5. Bagaimana Cara Membeli Hosting?

Sudah selesai memutuskan hosting mana yang akan dibeli? Jika sudah, yang perlu kamu lakukan untuk membeli hosting tersebut adalah mengunjungi website penyedia layanan hosting dan melakukan pembelian untuk hosting tersebut.

Nah, itulah beberapa tips untuk memilih hosting terbaik untuk website kamu. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

28 mins ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 hours ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

1 day ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

1 day ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

2 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

2 days ago