Artikel sebelumnya sudah menjelaskan kekurangan dan kelebihan dari WordPress.com dengan WordPress.org. Sekarang mari kita kupas kembali mengenai apa perbedaan dari kedua WordPress tersebut dari berbagai aspek yang akan dinilai.

Berikut beberapa perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org

  1. Aspek Harga

Anda tahu bahwa WordPress mengeluarkan fitur paket gratis untuk bisa dikelola oleh semua orang. Tapi mengapa harga menjadi perbedaan antara WordPress.com dengan WordPress.org? Disini kita juga tahu bahwa WordPress merupakan software open source yaitu software dimana orang dapat menggunakan dan memodifikasinya sediri serta dapat mendistribusikannya secara bebas.

WordPress memiliki developernya sendiri yang setiap orang dapat berkontribusi untuk memperbaiki kualitas dari WordPress nya sendiri yaitu dengan cara melaporkan bug, memberikan fitur saran baru serta memperbaiki kerusakan pada versi yang sebelumnya.

Perbedaan harga diantara keduanya dimana? Pada dasarnya memang .com itu memiliki fitur gratis tapi memiliki fitur terbatas. Sedangkan .org terdapat biaya tambahan dengan fitur yang tidak terbatas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lalu mengapa .org harus berbayar? Hal tersebut karena jika Anda menggunakan .com tidak diberi beban berbayar sedikitpun. Mengapa? Karena hosting dan domain sudah disediakan oleh WordPress dengan catatan ada fitur batasan.

  1. Aspek Penggunaan Hosting

Dari segi hosting sudah pasti WordPress.com lebih mudah karena gratis yang berarti hosting yang digunakan menggukanan fasilitas milik WordPress.com. Walaupaun menggukanan paket gratis dan dipermudah segalanya, .com memiliki kekurangan yaitu WordPress hanya menyediakan disk dengan kapasitas scape 3 GB saja. Bagi Anda yang ingin menjelajahi dunia website Anda dengan kapasitas segitu pasti akan merasa kurang karena kecil dan terbatas, sehingga membuat Anda harus membatasi gerak  dan pengunggahan konten di website Anda.

Sedangkan jika Anda menggunakan WordPress.org Anda dapat menentukan besaran kapasitas disk untuk website Anda. Disana Anda akan dapat memilih disk dengan kapasitas 3 GB, 5 GB, 10GB serta tak terbatas.

  1. Aspek Penggunaan Plugin

Plugins di WordPress itu sangat sedikit bahkan terbatas. Bagi Anda yang menggunakan WordPress.com tidak diizinkan untk menginstall plugin sama sekali. Anda tidak dapat boleh menerapkan plugin apapun bahkan jika Anda sudah membayarpun juga tidak bisa.

Hal tersebut akan membuat website Anda kurang menarik dan performa akan menjadi menurun. Walaupun WordPress.com sudah memberikan berbagai macam fitur, tetapi masih kurang jika Anda ingin memiliki website dengan performa yang terbaik.

Padahal Anda tahu  jika plugin ini dapat menambah berbagai fitur yang sangat bermanfaat untuk website. Terlebih jika soal SEO, Anda sama sekali tidak bisa memasang plugin dalam bentuk dan jenis apapun. Jadi solusi yang diberikan adalah dengan beralih dari WordPress.com ke WordPress.org.

  1. Aspek Tema

Themes atau tema akan sangat menarik jika memiliki banyak varian. Sama halnya jika website kalian memiliki banyak tema sehingga akan menarik untuk mengunjungi website Anda. Jangan hanya orang yang mengunjungi website Anda bahkan sebagai pengguna akan merasa lebih senang jika tidak monoton.

Jika Anda menggunakan WordPress.com maka Anda akan mengalami keterbatasan tema, karena Anda hanya boleh menggunakan tema yang sudah ditentukan oleh WordPress.com saja. Bagaimana tidak WordPress.com sudah berbaik hati karena memberikan fitur gratis untuk yang ingin membuat website, jadi semua sudah diatur oleh WordPressnya.

Lain halnya jika Anda menggunakan WordPres.org Anda akan dapat memakai tema dari manapun dari yang menggunakan berbayar atau gratis sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sendiri.

  1. Aspek Domain

Semua orang tahu jika sesuatu yang gratis hanya akan medapatkan apa adanya, lain halnya dengan sesuatu yang berbayar Anda dapat memilih sesuatu sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Domain disini berarti Anda yang menggunakan WordPress.com akan mendapat extention yang sudah di tentukan dari WordPress. Misalnya ektensi domain Anda otomatis menjadi www.namadomainmu.wordpress.com

Bosan dengan nama ekstensi seperti itu padahal Anda ingin menggunakan ekstensi yang lebih bervariasi. Jika seperti itu maka solusi yang tepat adalah Anda menggunakan WordPress.org. Dalam WordPress.org Anda dapat memilih domain yang sedang popular seperti .com, .co.id, atau .net. Anda juga dapat menggunakan nama domain yang unik seperti .online, .website, .store, .site, atau .tech.

Tertarik dengan ekstensi tersebut maka Anda harus membeli dari penyedia domain. Memang harus berbayar, namun jika Anda melakukan hal tersebut akan membuat website Anda lebih professional. Jika tertarik untuk membeli domain murah di Indonesia anda dapat melakukanya di https://hosteko.com

  1. Aspek Powered By

Apa itu powered by? Merupakan sebuah tulisan yang berada dibagian bawah website Anda. Sebagian besar orang ingin dan akan menghilangkan tulisan tersebut, karena ada beberapa orang yang terganggu dengan tulisan tersebut.

Bagi Anda yang menggunakan WordPress.com sangat disayangkan karena Anda menggunakan layanan gratis sehigga harus menerima apa adanya. Namun jika memang ingin menghilangkannya Anda lebih baik beralih ke WordPress.org.

  1. Aspek Analytics

Membuat website sendiri dan mengolah sendiri sudah dilakukan namun bagaimana dengan melihat kinerja dari website Anda? Berapa jumlah pengunjung yang datang dalam kurun waktu satu bulan, berapa lama pengunjung ada di website Anda dan berbagai indikator evaluasi lainya.

Jika Anda menggunakan WordPress.com apa akan melihat kinerja website sendiri? Tentu ada hanya saja tidak selengkap dengan WordPress.org karena harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi hanya mendapatkan analisis dasarnya saja tidak sampai mendalam.

Apabila Anda ingin melakukan analisis pada website Anda maka dapat menggunakan Google Analytics. Anda sapat memasangnya jika menggunakan WordPress.org. selain itu Anda juga bisa menggunakan Google Console dan plugin Analytics lainya untuk mendukung website Anda.

  1. Aspek Toko Online

Membuka toko online di WordPress? Apakah itu bisa? Tentu saja, dengan syarat Anda menggunakan WordPress.org bukan WordPress.com. Kenapa? Karena jika Anda menggunakan .com itu akan melanggar syarat dan ketentuan yang di tetapkan oleh WordPress, salah satunya adalah tidak boleh membuat toko online di .com. Disamping itu .com sudah memberikan fitur gratis sangat minim yang bisa membahayakan keamaan data pelanggan.

Lain halnya jika dengan .org  Anda dipersilahkan membuka toko online. WordPress.org menyediakan plugin khusus gratis untuk toko online, yaitu WooCommerce , sehingga Anda dapat membuat toko online dengan kualitas tinggi dengan WordPress dan WooCommerce.

  1. Aspek SEO (Seacrh Engine Optimization)

Apa itu SEO? SEO atau Seacrh Engine Optimization merupakan salah satu elemen penting untuk website. SEO ini akan menentukan performa dari website Anda di hasil pencarian. Semakin bagus kualitas SEO maka semakin bagus performa dari website Anda, yang berarti memiliki peluang yang besar untuk muncul pertama di hasil pencarian.

Bagaimana cara agar website Anda dapat masuk ke peringkat atas? Caranya yaitu dengan plugin SEO. Plugin SEO hanya dapat dilakukan jika Anda menggunakan WordPress.org bukan WordPress.com. Plugin SEO yang dapat di terapkan adalah Yoast SEO, All in One Pack SEO, dan plugin SEO

  1. Aspek Iklan

Memasang iklan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang dari WordPress. Tapi hal tersebut hanya berlaku bagi Anda yang menggunakan WordPress.org saja, bagi kalian yang menggunakan .com sudah pasti tidak dapat memasang iklan karena termasuk melanggar peraturan, kecuali iklan dari WordAds yang merupakan platform iklan WordPress dengan syarat Anda memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Mendapatkan uang dengan memasang iklan berarti sebelum itu Anda harus mengeluarkan uang terlebih dahulu yaitu dengan membeli hosting dan domain. Anggap saja Anda sedang melkukan investasi untuk mendapatkan uang dari website baik dari toko online, mendaftar iklanAdsSene ataupun endorsement.

Namun Anda tidak usah khawatir karena www.hosteko.com menawarkan hosting dan domain murah di Indonesia.

 

Nah, itu diatas adalah beberapa perbedaan dari WordPress.com deng WordPress.org. Keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Semua itu terggantung dengan kebutuhan Anda. Hanya saja WordPress.org terlihat lebih professional dibandingkan dengan WordPress.com. Semoga bermanfaat 😀

 

 

0 Shares