HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Simak! 7+ Platform Streaming Menarik Alternatif Youtube

Saat ini YouTube menjadi platform streaming video terpopuler di kalangan pengguna internet di seluruh dunia, termasuk Anda tentunya. YouTube saat ini memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif. Namun, bukan berarti YouTube menjadi satu-satunya platform streaming video. Anda dapat menemukan platform YouTube alternatif dan menggunakannya secara gratis atau berbayar. Jadi apa saja platform YouTube alternatif ini? Simak pembahasannya pada artikel ini, ya sobat.

Apa itu platform streaming video?

Oleh karena itu, platform ini memberikan kesempatan kepada pengguna untuk menonton video yang disediakan tanpa mengunduh file videonya. Tentunya pengguna harus terhubung dengan internet untuk menonton video.

Secara teknis, proses streaming video dan audio sama dengan data lainnya ialah memecah data video dan audio menjadi paket data. Setiap paket berisi sebagian kecil file, dan pemutar audio atau video di browser pada perangkat pengguna mengambil aliran paket data dan menafsirkannya sebagai video atau audio. Maka inilah saatnya untuk mengetahui platform YouTube alternatif apa saja yang tersedia, seperti gambar di bawah ini.

Platform alternatif YouTube

Sekarang setelah Anda memahami pentingnya platform streaming video, sudah waktunya mempertimbangkan platform mana yang dapat Anda gunakan untuk melakukan streaming video sebagai alternatif YouTube atau sebagai aplikasi alternatif YouTube.

UseeTV

Platform atau aplikasi sejenis YouTube yang pertama adalah UseeTV. Karena merupakan platform buatan Indonesia, pasar penggunanya sebagian besar adalah warga negara Indonesia. Seiring dengan berkurangnya minat terhadap TV, tujuan utama platform ini adalah menyediakan akses streaming yang mudah ke TV keluarga di Indonesia.

Melalui platform ini, Anda dapat menonton video dari berbagai genre seperti action, drama, Hollywood, konten lokal Indonesia, konten anak-anak, komedi, dan Bollywood.

Fitur

UseeTV menawarkan berbagai fitur dalam aplikasi. Ini termasuk acara TV lokal dan internasional dan dapat diakses di sini. Selain itu, Anda juga dapat menonton berbagai video yang diunggah oleh YouTuber, termasuk olahraga, berita, dan serial. Yang menarik dari platform ini adalah Anda bisa mengikuti berbagai acara seperti talkshow dan podcast. Seperti kebanyakan platform streaming video, UseeTV memiliki versi gratis dan versi berbayar (premium).

Vidio

Alternatif platform YouTube selanjutnya adalah Vidio. Tentunya bagi para pecinta sepak bola dalam dan luar negeri, platform ini sudah terkenal. Aplikasi seperti YouTube selalu menjadi partner bagi para pecinta sepak bola dan olahraga lainnya dalam streaming pertandingan olahraga secara langsung. Namun selain acara olahraga, platform ini juga menawarkan program video berbagai jenis dan genre yang selalu up-to-date.

 

 

Fitur

Vidio adalah platform YouTube alternatif yang menawarkan berbagai pilihan menonton video. Di platform ini, Anda dapat menonton siaran olahraga, konten anak-anak, acara TV, anime, dan hiburan. Ada dua jenis layanan, yaitu layanan gratis dan layanan berbayar untuk melihat konten yang lebih luas.

Dailymotion

Alternatif YouTube berikutnya disebut Dailymotion. Bisa dikatakan ini adalah platform atau aplikasi alternatif yang sangat cocok untuk YouTube. Platform ini layak dikunjungi karena menyediakan pilihan video terbaik kepada pengguna.

Fitur

Mirip dengan platform streaming video populer, Dailymotion menawarkan berbagai kategori video untuk ditonton pengguna. Beberapa kategori tersebut terkait dengan berita, hiburan, olahraga, dan musik. Jadi jangan khawatir, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk berlangganan dalam menggunakan platform ini atau sebut saja itu gratis.

TED

Ini adalah alternatif menarik selain YouTube, jadi cobalah. TED (Technology, Entertainment, Design) adalah platform yang menyediakan berbagai konten video tentang bisnis, kesehatan, budaya, teknologi, hiburan, desain, dll. Platform ini merupakan forum inspiratif bagi pengguna untuk menemukan dan mengembangkan ide. Tak heran, para pembicara yang ditampilkan dalam video ini merupakan tokoh-tokoh berpengaruh di bidangnya. Misalnya, Bill Gates dan Jeff Bezos berbicara di TED.

Namun, platform ini hampir tidak bisa disebut sebagai aplikasi pengganti YouTube. Kenapa ini? Ya, TED memiliki segmen pengguna yang lebih spesifik. Karena pembahasan yang bisa dikatakan serius, maka basis penggunanya lebih menyasar kalangan akademisi dan peneliti.

Fitur

Berbagai fitur menarik tersedia di platform ini. Diantaranya adalah TED talk, podcast, konferensi, dan berbagai acara atau event penting di platform ini. Akses layanan yang ditawarkan pada platform ini gratis samapai dengan konten berbayar yang biasa disebut sebagai membership.

Twitch

Bagi para gamer, ini bisa berupa platform atau aplikasi terkenal seperti YouTube. Ya, Twitch merupakan platform streaming video yang fokus pada konten gaming, namun beberapa kontennya juga mencakup konten kreatif lainnya seperti musik. Tak ada salahnya platform ini menjadi aplikasi alternatif selain YouTube, khususnya untuk konten video game. Tentu saja, jika Anda menyukai game, cobalah streaming dengan platform Twitch.

Fitur

Fungsionalitas yang ditawarkan platform ini sama dengan platform streaming video lainnya, yaitu klasifikasi video berdasarkan jenisnya. Selain itu, terdapat fitur video langsung yang memungkinkan gamer menampilkan permainannya secara langsung kepada pemirsa.

Netflix

Wah, pasti terdengar sangat tidak asing bagi Anda. Netflix adalah platform berikutnya yang menggantikan YouTube. Netflix merupakan platform yang sangat sering digunakan, terutama saat pandemi Covid-19 sedang melanda dunia. Platform video streaming ini berfokus pada konten film dan video series dan populer di kalangan pecinta film di Indonesia dan luar negeri. Ribuan film dari berbagai genre tersedia untuk ditonton di platform ini.

Fitur

Netflix memungkinkan pengguna menonton acara Netflix bersama orang bahkan keluarga yang cintai karena mudah diakses di berbagai perangkat seperti mobile apps, browser, dan bahkan smart TV.

Odysee

Aplikasi alternatif YouTube selanjutnya adalah Odysee. Sebenarnya platformnya tidak jauh berbeda dengan YouTube atau platform streaming video lainnya. Yang berbeda dan menarik dari platform ini adalah karena ini sepenuhnya berjalan pada protokol blockchain yang disebut LBRY. Jadi jika Anda cukup pintar untuk membangun aplikasi menggunakan protokol ini, Anda bisa melakukan beberapa hal menarik dengan platform ini.

Fitur

Hanya satu fitur yang ditawarkan oleh Odysee ini, yaitu pilihan video yang dapat Anda pilih sesuai dengan kategori pada setiap videonya. Menariknya, Odysee memberikan layanan tersebut dengan cuma-cuma atau gratis kepada penggunanya.

Nimo TV

Sekali lagi untuk para gamer! Selain Twitch yang sudah disebutkan, Nimo TV juga merupakan aplikasi mirip YouTube yang menawarkan berbagai konten video terkait gaming. Platform ini merupakan alternatif YouTube tempat Anda dapat menikmati konten video game dan streaming langsung game terbaru.

Fitur

Platform ini memungkinkan pengguna menikmati konten video dengan memilih berbagai kategori yang disediakan. Selain itu, pengguna juga dapat menonton live streaming dan pertandingan Esports.

Hotstar

Bagi pecinta film, Hotstar juga bisa dijadikan alternatif YouTube dan platform streaming video selain Netflix. Bisa dikatakan sama dengan Netflix, yang membedakan platform ini ialah konten yang disediakan juga biaya untuk berlangganan.

Fitur

Platform ini menawarkan beragam genre film. Karena platform ini menyediakan ribuan jenis film untuk menemani keseharian Anda, jadi tidak perlu khawatir kehabisan film untuk ditonton. Untuk menikmati konten Hotstar, Anda harus berlangganan terlebih dahulu.

RCTI+

Tentu Anda tahu nama ini. Ya, platform ini disediakan oleh salah satu stasiun televisi lokal yang memperluas kemungkinannya ke konten digital dan internet. RCTI+ bisa menjadi alternatif pengganti YouTube khususnya bagi masyarakat Indonesia. Platform ini memungkinkan Anda menonton acara TV lokal dari berbagai saluran.

Fitur

Tak perlu khawatir jika kamu melewatkan siaran televisi favoritmu karena dengan RCTI+ ini kamu dapat memutar ulang siaran yang telah tayang. Tentunya platform ini juga menyediakan fitur live streaming dan berbagai event yang diselenggarakan.

Banyak Pilihan Untuk Streaming!

Sekarang Anda sudah familiar dengan berbagai platform streaming video yang merupakan alternatif dari YouTube. Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Platform atau aplikasi apa yang akan Anda gunakan selain YouTube? Apa pun platform yang Anda gunakan, pastikan konten yang Anda tonton bersifat positif dan bermanfaat. Anda juga bisa mendapatkan berbagai konten dari kami yang tentunya menarik dan tentunya bermanfaat.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

2 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

6 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

1 day ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

1 day ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

2 days ago