HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Perbedaan Review, Feedback, dan Testimonial untuk Bisnis

Ulasan sangatlah penting di era digital. Banyak perusahaan dan reputasi perusahaan bergantung pada kemampuan mereka untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggannya. Mulai dari berbagi pengalaman menikmati secangkir kopi di kafe, hingga mengulas produk dan layanan organisasi dan perusahaan, serta layanan umum/publik. Review, feed back, dan testimonial sangat dibutuhkan sehingga tidak heran mereka telah menjadi sebuah bisnis tersendiri.

Di sisi lain, rating sendiri sangat berarti karena dari sini setiap calon pelanggan atau pembeli dapat melihat pengalaman pelanggan sebelumnya ketika mencoba produk atau jasa Anda. Oleh karena itu, semakin baik dan jujur ​​ulasan, semakin besar kepercayaan calon pelanggan terhadap perusahaan dan bisnis Anda. Belum lagi, ulasan kini dapat dilihat secara real-time dan berdampak pada bisnis Anda juga.

Ada berbagai jenis ulasan individual, mulai dari review, feed back, hingga testimonial. Ini semua adalah bagian dari usaha dan bisnis terpenting saat ini, khususnya bisnis online. Berikut penjelasan mengenai review, feed back, dan testimonial yang disukai oleh bisnis online saat ini dan berdampak besar dalam mendapatkan kepercayaan calon pelanggan baru.

Mengenal Review

Review berbeda dari testimonial dalam beberapa hal penting. Pertama, review biasanya lebih pendek daripada testimonial. Konten review pelanggan biasanya menggambarkan interaksi spesifik dan gambaran keseluruhan tentang perasaan pelanggan terhadap perusahaan Anda. Review dapat berupa satu atau dua kata, satu atau dua kalimat, atau paragraf pendek. Karena ini adalah ulasan singkat, jumlah review bagus umumnya lebih penting daripada detailnya.

Review pelanggan sebagian besar positif karena datang langsung dari pelanggan ke perusahaan, namun ulasan pelanggan juga bisa positif atau negatif. Pelanggan dapat meninggalkan ulasan di situs pihak ketiga seperti Google, Facebook, Yelp, Trip Advisor, atau situs lainnya. Review ini secara teknis merupakan kekayaan intelektual situs ulasan dan pelanggannya, sehingga menyulitkan bisnis untuk menggunakannya kembali di situs web dan materi promosi mereka.

Mengenal Feedback

Feedback merupakan reaksi atau informasi yang terjadi sebagai akibat tindakan atau tindakan seseorang atau kelompok, dan ada pula yang terjadi dalam konteks pembelajaran dan perkembangan. Feedback positif dan negatif sangat penting. Putaran feedback memberikan rasa partisipasi dan interaktivitas, memungkinkan siswa untuk mengambil kepemilikan atas pembelajaran mereka. Feedback yang efektif menunjukkan tingkat kinerja siswa saat ini dan memberi tahu mereka apa yang perlu mereka lakukan untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi.

Mengenal Testimonial

Perbedaan besar pertama antara testimonial dan review adalah testimonial lebih detail.Dalam testimonial, pelanggan menggambarkan pengalaman mereka dengan suatu produk atau layanan, mengapa mereka memilihnya, dan bagaimana produk atau layanan tersebut meningkatkan kehidupan mereka. Perbedaan penting kedua adalah di mana testimoni itu muncul. Testimonial biasanya dikirimkan oleh pelanggan langsung ke perusahaan, sedangkan review biasanya diberikan di situs web pihak ketiga.

Perusahaan-perusahaan ini biasanya meminta izin pelanggan untuk menggunakan testimonial dalam materi promosi seperti iklan, brosur, dan situs web perusahaan. Terakhir, testimonial dan review berbeda karena perusahaan biasanya meminta pelanggan untuk memberikan testimoni secara langsung. Kesaksian hampir selalu positif. Lagi pula, perusahaan tidak mengajukan pertanyaan kepada pelanggan yang tidak puas, dan pelanggan yang tidak puas tidak memberikan testimoni.

Perbedaan Review, Feedback, dan Testimonial

Meskipun terlihat sama dan mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda, beberapa perbedaan dari ketiga jenis ulasan yang sangat penting bagi bisnis.

1. Review

    • Gambaran singkat tentang pengalaman pelanggan menggunakan produk atau layanan
    • Seringkali diberikan kepada pihak ketiga
    • Biasanya ditampilkan di situs web lain atau dengan layanan lain
    • Seringkali ditemukan dalam format tertulis, terkadang dengan rating bintang
    • Lebih berdampak dalam jumlah yang lebih besar

2. Testimonial

    • Kisah yang lebih panjang dan lebih mendetail tentang pengalaman pelanggan sebelum dan sesudah menggunakan produk atau layanan
    • Customer memberikan testimoni langsung kepada perusahaan
    • Dapat digunakan di situs web, dalam iklan, brosur, dan materi promosi lainnya
    • Bisa dibuat dalam format tulisan atau di video
    • Lebih berdampak dengan panjang atau detail yang lebih besar

3. Feedback

    • Membantu pembeli memutuskan apakah akan melakukan pembelian dari Anda berdasarkan peringkat skor umpan balik rata-rata (skor umpan balik positif biasanya mengarah pada peningkatan penjualan, sementara skor umpan balik negatif dapat menyebabkan keraguan pembeli)
    • Dampaknya pada kemampuan penjual untuk menambah lebih kepercayaan dan pengaruhnya terhadap kemungkinan pembelian

Cara Menggunakan Testimonial

Penggunaan rekomendasi dan review secara optimal berbeda-beda. Testimonial lebih panjang dan memberikan informasi lebih detail tentang bisnis Anda dan apa yang diharapkan pelanggan Anda. Ini ideal bagi calon pelanggan yang mempertimbangkan untuk membeli dari atau bekerja sama dengan perusahaan Anda, namun belum yakin. Pertimbangkan di mana pelanggan mencari informasi tentang Anda dan cara terbaik untuk menyajikan informasi tersebut.

  1. Situs web Anda

    Tempatkan testimonial Anda di halaman web testimonial khusus, di halaman produk, halaman arahan, halaman portofolio, atau di mana pun calon pelanggan Anda mungkin memerlukan penjelasan atau konfirmasi lebih lanjut.

  2. Brosur produk

    Gunakan testimonial tertulis Anda atau transkripsikan beberapa cuplikan dari video testimonial Anda untuk menunjukkan pendapat tentang produk Anda.

  3. Iklan televisi

    Calon pelanggan akan mempercayai pelanggan lain sebelum mereka mempercayai pemilik bisnis, karyawan, atau aktor. Jangkau lebih banyak audiens dengan pesan yang menarik Anda dengan mengubah uraian testimonial video Anda menjadi iklan televisi.

  4. Iklan video online

    Menurut penelitian mengabarkan bahwa 73% orang dewasa Amerika menggunakan YouTube, menjadikannya platform online paling populer di negara ini. Memposting iklan di YouTube juga lebih mudah dan lebih terjangkau daripada di televisi. Gunakan testimonial video Anda di sini, atau gunakan dalam iklan online lainnya.

  5. Email

    Anda mungkin menggunakan serangkaian email untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian, atau untuk membeli lagi. Tambahkan teks dari testimonial Anda atau tautan ke video testimonial Anda agar pelanggan Anda yang berbicara untuk Anda.

Hampir semua orang dapat memposting ulasan secara online, dan ulasan ini dapat mencakup informasi baik tentang bisnis Anda, pengalaman negatif, dan terkadang bahkan informasi palsu. Konsumen menganggap ulasan ini sebagai sumber informasi tepercaya karena diposting oleh pengguna sebenarnya situs web dan produk pihak ketiga. Faktanya, pelanggan menganggap ulasan online sangat membantu sehingga 85% konsumen memercayai ulasan online seperti halnya rekomendasi pribadi.

Mengenang pengalaman nyata pelanggan lain akan lebih menarik dan bermakna bagi mereka yang ingin membeli atau menyewa jasa yang sama. Itu sebabnya kami memanfaatkan segalanya termasuk ulasan jujur, masukan, dan testimonial untuk membantu pemilik bisnis mengidentifikasi kesenjangan ulasan yang kurang memuaskan atau baik yang perlu diperbaiki agar bisnis dapat memberikan layanan terbaik, sehingga Anda dapat terus melakukannya.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

19 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

23 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

3 days ago