HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Platform manakah yang lebih baik, Wix atau WordPress?

Bagi anda yang masih awam untuk membuat dan mengelola website, tentunya harus mengetahui apa saja yang dibutuhkan. Terdapat banyak platform untuk membuat dan membangun website pada internet, yang mana dibagi menjadi 2 kategori yaitu Wix dan WordPress. Kedua platform tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Mari kita bahas terkait perbedaan Wix dan WordPrees?

WIX

Wix merupakan pilihan yang tepat bagi pemula untuk membuat website, karena produknya simpel, mudah digunakan dan ramah untuk digunakan. Wix juga disebut sebagai website builder memiliki tools yang mudah digunakan. Pengguna Wix sampai saat ini mencapai 150 juta pengguna sejak awal diluncurkan.

WordPress

WordPress merupakan content management system (CMS) yang dibuat tahun 2003. Platform ini memberikan kemudahan dalam mengelola, mengatur dan menyebarkan konter, tampilan hingga kinerja website. WordPress mengusung konsep yang unik dalam layanannya dengan tagline “Democratize Publishing”, WordPress fokus pada tiga poin utama yaitu, kebebasan dalam membuat, kebebasan mengubah, dan kebebasan untuk menyebarkan. WordPress sebagai self-hosted platform yaitu untuk menggunakannya,  anda harus mebeli layanan hosting terlebih dulu dan anda akan menjadi pusat kontrol serta kebebasan untuk menaikkan peforma, keamanan dan optimasi website.

Perbandingan Wix vs WordPress

Berikut perbandingan antara Wix dan WordPress melalui beberapa indikator, yaitu:

1. Tahap Setup

  • Wix
    Pada tahap awal, Wix memberikan kemudahan dalam membuat blog atau akun di media sosial. Anda hanya perlu mengisi email dan password untuk membuka akun di Wix. Selain itu, juga memberikan kemudahan dalam mendesain web.
    Nantinya, Wix akan memberikan dua pertanyaan terkait desain yang anda pakai seperti tema apa yang diinginkan dengan saran sesuai pilihan jawaban yang sudah anda berikan sebelumnya. Contohnya, simple, minimal, retro, bounce, glamour, dan lainnya.
    Setelah memilih tema yang sesuai, Wix kembali menanyakan desain halaman mana yang paling sesuai dengan anda. Disini akan disodorkan tiga opsi jawaban yang bida dipilih salah satunya.
  • WordPress
    Untuk menggunakannya, anda perlu membeli domain dan berlangganan hosting. Domain merupakan alamat yang nanti akan diketikkan orang ke address bar mesin pencari. Contoh: hosteko.com. Sedangkan hosting merupakan server untuk menyimpan semua data yang ada pada web. Anda dapat memilih hosting sesuai kebutuhan. Setelah memiliki domain dan hosting, anda baru akan bisa untuk menginstal WordPress.

 

2. Desain dan Kustomisasi Tampilan

  • Wix
    Wix memungkinkan user untuk merasakan interface dan pengalaman yang hampir mirip dengan platform blogging Tumblr. Kustomisasi tampilan Wix masih terbatas, tetapi juga fleksibel karena anda masih bisa mengubah warna, font dan menambah animasi ke dalam web.
  • WordPress
    WordPress memiliki opsi tema yang tidak terbatas dengan berbagai tema gratis yang dapat diakses melalui WordPress Directory.

    Setelah anda mengisntal tema, anda baru bisa mengubah tampilan website. Opsi kustomisasi bermacam-macam tergantung dengan tema yang digunakan. Terdapat beberapa tema yang memperbolehkan untuk mengubah hampir keseluruhan elemen web, dari mengganti font, warna label, jumlah kolom, dan tampilan web dan ada juga yang tidak memperbolehkannya.

 

3. Keamanan

  • Wix
    Dengan menggunakan wix, anda sebagai user tidak memiliki akses untuk melakukan edit fungsionalitas software Wix, sehingga website tidak rentan terhadap kejahatan internet. Selain itu wix juga melalukan update secara otomatis yang langsung dari server dan memungkinkan anda tetap aman dan memiliki software yang up to date.
  • WordPress
    Masalah keamanan pada WordPress menjadi lebih kompleks karena lebih rentan diserang oleh penjahat online. Anda harus melakukan update situs, tema agar aman dari serangan cyber crime.

 

4. Aplikasi Pendukung atau Plugin

  • Wix
    Menyediakan aplikasi pendukung yang sudah dirancang dan fitur yang disesuaikan dengan kemudahan layanan Wix. Selain itu, Wix juga menyediakan fitur tambahan dalam bentuk apps. Hanya ada fitur-fitur penting seperti chat, online store, blog, member’s area, bookings, forum, paid plans, instagram feed, music, video, events, dan bandsintown (jadwal konser dan acara).
  • WordPress
    WordPress memiliki ribuan pilihan plugin pada direktorinya. Mengingat WordPress yang merupakan software open source, yaitu semua orang dapat mengembangkan plugin dan upload ke WordPress. Sehingga, anda harus cermat memilih plugin dan mencoba untuk mendapatkan yang paling nyaman serta memastikan plugin selalu update dan kompatibel dengan versi WordPress terbaru.

 

5. Layanan Pelanggan

  • Wix
    Wix memberikan tiga cara untuk mendapatkan layanan support, yaitu melalui Online Help Center, Call Center, dan semua media sosial milik Wix. Wix sebagai salah satu dari sekian banyak bisnis yang menggunakan medsos-nya untuk memberikan layanan customer service.
    Wix’s Online Help Center merupakan knowledge base yang dimiliki Wix. Ketika anda memiliki pertanyaan seputar layanan Wix, anda bisa terlebih dulu mencari tahu jawabannya di sini dengan mengetikkan topik yang dicari lewat kolom pencarian, mencari secara manual atau mengikuti bagian trending topics
    Jika Online Help Center tidak cukup, anda dapat menghubungi Wix melalui Call Center. Untuk  24/7 tersedia dalam bahasa Inggris dan melayani pertanyaan seputar tagihan, biaya langganan, domain, mailboxes, web editor, akun, dan pengaturan.
    Opsi terakhir, anda dapat menggunakan media sosial milik Wix.
  • WordPress
    WordPress memberikan dua macam support yaitu knowledge base dan forum.
    Knowledge bentuknya mirip dengan Wix, yaitu semua artikel dan tutorial WordPress disatukan dalam bagian khusus. Anda dapat mecari informasi melalui kolom komentar dan secara manual pada section tertentu.
    Melalui forum, anda dapat anda dapat bertanya terkait masalah yang ditemui dan nantinya pertanyaan akan dijawab oleh pengguna WordPress.

 

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Sallu Warni

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

19 hours ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

21 hours ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

2 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

3 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago