HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Itu React Native? Kelebihan dan Kekurangannya

Pernahkan Anda mendengar istilah react native? Jika belum, yuk, cari tahu apa itu react native. Singkatnya, react native adalah salah satu alternatif yang bisa Anda pilih untuk membuat sebuah aplikasi untuk Android. Untuk lebih jelasnya, yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu React Native?

React Native adalah sebuah framework dari JavaScript yang dikembangkan oleh Facebook untuk membuat aplikasi di Android maupun iOS. Dengan menggunakan react native, Anda tidak perlu membuat aplikasi hybrid yang akan memakan waktu cukup lama. Bahkan Anda juga bisa memanfaatkannya untuk melakukan kompilasi aplikasi ke native code pada iOS tau juga Android.

Cara Kerja React Native

Dalam prosesnya, reacty native menggunakan sebuah fitur yang disebut dengan Bridging. Bridging ini digunakan sebagai penghubung antara smarthphone dengan perangkat lain menggunakan JavaScript.

Bridge dapat digunakan sebagai media komunikasi dengan sebuah kode pada JavaScript Runtime Environment. Bridge berfungsi untuk menghubungkan Native Code pada menu yang terdapat pada aplikasi dengan kode yang ada. Selain bridge, ada juga arsitektur sendiri untuk membangun aplikasi yaitu React.

Kelebihan React Native

  • Kode yang Digunakan Lebih Mudah

Bagi developer, react native cocok dimanfaatkan untuk memudahkan pekerjaan. Hal ini karena, kode yang digunakan lebih mudah dan simple sehingga membuat Anda merasa sangat familiar sangat menggunakannya. Selain itu, Anda juga btidak perlu menguasai bahasa pemrograman lain untuk menjalankan aplikasi di dua sistem operasi sekaligus.

  • Banyak Digunakan Perusahaan Besar

Menariknya, react native telah digunakan oleh berbagai perusahaan besar, seperti Instagram, Facebook, Baidu, dan AirBnB. Bahkan seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa Facebook sendirilah yang mengembangkannya.

  • Lebih Hemat Anggaran

Selain memudahkan, menggunakan react native ternyata juga dapat menghemat anggran pengeluaran. Hal ini karena, dalam mengebangkan aplikasi, Anda hanya perlu mempelajari JavaScript yang bisa dijalankan pada dua sistem operasi yang berbeda sehingga Anda hanya membutuhkan satu developer untuk melakukannya.

Kekurangan React Native

  • Performa Yang Terbatas

Performa menjadi penentu apakah sebuah aplikasi dapat diandalkan dengan baik atau tidak. Sebagai framework yang tergolong bau, performa react native masih sering dipertanyakan oleh beberapa web developer.

  • Platform yang Dibutuhkan

Untuk membangun dan menembangkan sebuah mobile app untuk iOS, web develper wajib menggunakan perangkat MAC OD sebab sistem tersebut hanya tersedia pada Macbook. Sehingga Macbook adalah salah satu platfrom atau perangkat yang setidaknya perlu dimiliki atau digunakan.

  • Perkembangan JavaScript yang Cepat

Karena JavaScript memiliki perkembangan yang sangat cepat sehingga menimbulkan efek tersendiri untuk react native yang tentunya tidak dapat dilakukan atau digunakan sesuai dengan performa yang ada.

  • Perubahan Framework yang Cepat

Sama seperti JavaSvript, react native juga memiliki perkembangan sangat cepat sehingga menjadi kelemahan bagi performanya sendiri. Jadi, bagi para web developer perlu memperhitungkan berbagai kemungkinan yang akan muncul.

Nah itulah beberapa hal terkait dengan React Native. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

15 hours ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

18 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

3 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago