HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
pengetahuan umum

Reboot: Solusi Praktis untuk Menyegarkan Perangkat

Beberapa orang mungkin sering mendengar istilah “reboot”. Reboot biasanya diperlukan ketika perangkat elektronik mengalami kerusakan, seperti tidak dapat dimuat. Reboot merupakan istilah dalam dunia teknologi yang mengacu pada perbaikan perangkat elektronik, seperti smartphone, laptop dll. .

Sebagai pengguna perangkat elektronik, anda tentu harus paham apa itu reboot. Dengan memahaminya anda akan lebih mengenal dan mengoptimalkan penggunaan perangkat elektronik. Yuk simak ulasan di bawah ini sampai akhir.

Definisi Reboot

Reboot merupakan proses memulai ulang sistem perangkat dan memperbarui sistem operasinya. Tindakan ini biasanya dilakukan saat memperbaiki berbagai perangkat elektronik seperti laptop, komputer, dan smartphone.
Selain untuk tujuan perbaikan, reboot sering kali dilakukan setelah menginstal perangkat lunak baru atau ketika sistem berjalan lambat. Karena beragamnya penggunaan reboot, beragam perangkat kini sengaja dirancang untuk memudahkan proses reboot.

Misalnya, Anda dapat melakukan reboot di ponsel dengan menekan dan menahan tombol daya selama beberapa detik. Di sisi lain, perangkat komputer dapat di reboot dengan menekan beberapa tombol secara bersamaan ( CTRL + ALT + DEL).

Manfaat Reboot

Penggunaan rebot tidak hanya sebatas memperbaiki masalah pada pada perangkat, namun juga memberikan manfaat yang berkelanjutan. Berikut ini beberapa manfaat reboot bagi perangkat, antara lain:

1. Kinerja perangkat lebih baik

Reboot dapat mengatasi masalah kinerja yang biasanya terjadi setelah penggunaan perangkat dalam jangka waktu lama. Hal ini dikenal dengan kinerja aplikasi yang buruk, kelambatan, atau perangkat yang tidak responsif. Memulai ulang perangkat Anda akan meningkatkan kinerja perangkat dengan membersihkan sumber daya yang tidak penting seperti temporary.

2. Perangkat lebih aman

Seperti yang sudah disebutkan, me-reboot perangkat artinya menutup dan menghapus data-data yang tidak diperlukan dalam sistem. Hal ini termasuk menghapus file berbahaya seperti malware yang mungkin berjalan di belakang. Di sisi lain, pembaruan keamanan yang menjadi solusi efektif untuk menjaga keamanan, tidak dapat diterapkan hingga perangkat di reboot ulang.

3. Konektivitas internet yang lebih baik

Kesibukan traffic, respons komputer yang lambat, dan pengaturan lainnya sering kali menyebabkan keterlambatan dalam mengakses sumber daya. Pada konteks ini, sumber daya yang dimaksud bisa berupa file, printer, atau aplikasi yang tidak dihost di localhost.

Memulai ulang perangkat secara teratur akan meningkatkan koneksi Internet Anda.
Proses ini membersihkan cache dan memperbarui pengaturan jaringan.

Jenis Reboot dan Cara Melakukannya

Ada dua jenis reboot yang dapat Anda lakukan pada perangkat, yaitu hard reboot dan soft reboot. Kedua tipe ini pada dasarnya mempunyai fungsi untuk memulai ulang perangkat, hanya saja langkahnya saja yang berbeda.

1. Hard reboot

Hard reboot merupakan proses memulai ulang perangkat dengan mematikannya secara paksa lalu menyalakan kembali. Proses ini biasanya dilakukan dengan mematikan perangkat. Tekan tombol power atau cabut steker listrik.

Jenis reboot ini tidak mempengaruhi sistem operasi dan dapat menyebabkan hilangnya data karena aplikasi tidak ditutup dengan benar. Namun cara ini sangat efektif dan sering digunakan ketika perangkat mengalami crash atau tidak responsif.

2. Soft reboot

Lain halnya dengan hard reboot, soft reboot merupakan metode memulai ulang perangkat menggunakan perintah yang terkait dengan sistem operasi. Ini adalah metode yang baik untuk melakukan reboot karena proses ini akan menutup semua program yang berjalan sebelum perangkat melakukan boot ulang.

Anda dapat melakukan soft reboot dengan mengklik menu Restart pada perangkat. Jika suatu aplikasi masih terbuka, biasanya Anda akan diminta untuk menutupnya terlebih dahulu sebelum memulai ulang. Hal ini membuat data Anda lebih aman karena dapat disimpan sebelum diproses.

Cara Optimalkan Reboot di Perangkat Android

Faktanya, memulai ulang dapat membantu menyelesaikan masalah pada perangkat seperti smarthphone yang menjalankan sistem operasi Android. Namun, sebagai pemilik perangkat, alangkah baiknya jika kita juga bisa menjaga kondisi perangkat kita.

Berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan smartphone Android Anda agar bekerja lebih baik.

1. Bersihkan Cache Aplikasi

Salah satu tips untuk mengoptimalkan kinerja Android adalah dengan menutup aplikasi langsung dari menu recent apps. Cara melakukan proses ini juga sangat sederhana. Di sini pengguna dapat melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di recent apps dan membersihkan semua aplikasi tersebut.

2. Permasalah Koneksi

Jika koneksi pada Android anda mengalami masalah, maka anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan mode aeroplane selama beberapa detik kemudian mematikannya kembali.

3. Cek Penggunaan Baterai

Tips selanjutnya yaitu memeriksa penggunaan daya baterai. Cara ini membuat anda tahu aplikasi apa saja yang menghabiskan daya baterai.

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Gunakan Tools Ini Untuk Membuat Nama Bisnismu Lebih Menarik

Nama bisnis sangatlah penting dan wajib ada bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis. Karena…

7 hours ago

Web Application Firewall: Cara Efektif Mencegah Serangan Siber pada Aplikasi Web

Perkembangan teknologi membuat banyak pebisnis mulai menggunakan aplikasi atau website. Namun dibalik itu pengguna harus…

8 hours ago

4 Rekomendasi Editor HTML Terbaik Yang Wajib Developer Coba

Setiap orang mempunyai kebutuhan dan keinginannya masing-masing. Saat memilih platform untuk membangun situs web Anda…

9 hours ago

Masih Bimbang Dengan JSON? Yuk Simak Kelebihan Dan Kekurangannya!

Ingin menggunakan JSON tetapi masih bimbang? Yuk lihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari programming…

1 day ago

Backup Data: Solusi Cerdas Melindungi Data

Backup data adalah proses menyalin file penting dan menyimpannya di lokasi lain. Hal ini merupakan…

1 day ago

Ingin Mendengarkan Podcast Digital Marketing Terbaik? Cek Di Sini!

Di era digital, ilmu pengetahuan bisa didapat dari mana saja. Anda bisa mendapatkan informasi dari…

1 day ago