HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Aplikasi Pendeteksi Gempa Terbaik dan Paling Akurat

Berada di Ring of Fire, membuat Indonesia jadi salah satu negara yang cukup sering dilanda gempa bumi. Makanya, memiliki aplikasi gempa di HP bisa dibilang sebagai kewajiban.

Dengan aplikasi pendeteksi gempa terbaik bisa melacak lokasi terjadinya bencana alam agar bisa tetap waspada dan mengambil langkah penyelamatan diri secepat mungkin jika diperlukan.

Kini bisa mengetahui informasi bencana, khususnya jika terjadi gempa bumi secara real time cuma dengan menginstall aplikasi info gemp yang bakal Hosteko rekomendasikan di bawah ini :

1. MAGMA Indonesia

MAGMA Indonesia dari Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM. Aplikasi ini rasanya pantas menyandang predikat aplikasi gempa dan tsunami terbaik.

Tidak cuma melacak lokasi gempa saja, tapi ada juga informasi aktivitas gunung api, letusan/abu vulkanik untuk penerbangan, informasi tanggapan gempa bumi atau tsunami, dan masih banyak lagi. Bisa melacak gempa terkini Padang, Bali, dan berbagai wilayah lainnya serta apa dampak bencana tersebut pada wilayah sekitar.

MAGMA Indonesia pun telah mendapatkan dua penghargaan antara lain :

  • Kementrian ESDM innovation Award #1 Best Application (2016).
  • Kemenpan RB Top 99 Inovasi Pelayanan Publik (2017).

2. EQ Info (Global Earthquakes)

Selanjutnya, aplikasi pendeteksi gempa yang dapat diunduh di Google Play Store ini gratis, dan tersedia berbagai daftar yang komprehensif, dan berasal dari segala sumber informasi gempa internasional. Tidak hanya bisa melacak lokasi di seluruh dunia, tapi juga ada informasi waktu terjadinya gempa, jarak ke epicenter, dan panduan keselamatan yang bisa dilakukan jika terjebak dalam situasi bencana.

Sumber informasi pemberitahuan gempa berasal dari United States Geological Survey (USGS), British Geological Survey, European-Mediterranean Seismological Centre (EMSC), Japan Meteorology Agency, Geoscience Australia, Naturan Resources Canada, hingga BMKG.

Selain itu juga bisa melaporkan terjadinya gempa bumi hari ini Indonesia lewat fitur “Apakah Kamu Merasakannya”. Ada juga fitur push notification dan sharing informasi ke media sosial agar bisa memperingatkan orang lain.

3. inaRISK Personal

BNPB atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana meluncurkan aplikasi unggulan untuk mendeteksi bencana seperti gempa bumi, tsunami, hingga banjir. Aplikasi tersebut diberi nama inaRISK Personal yang dapat diunduh di Play Store maupun App Store.

Di aplikasi ini akan mendapatkan berbagai informasi yang lengkap dan fitur yang komplit. Selain mengetahui informasi gempa bumi dan potensi tsunami yang terjadi di wilayah Indonesia juga dapat mengakses informasi seputar bencana lain seperti banjir, tanah longsor, hingga letusan gunung berapi. Biar tidak panik dan bisa cepat menyelamatkan diri.

4. Earthquake Network – Real Time Alerts

Dari segi tampilan, aplikasi Earthquake Network – Real Time Alerts lumayan banyak menampilkan panel informasi. Selain itu, tab yang tersedia juga banyak dan aplikasi ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai pilihan.

Fitur andalan dari aplikasi pendeteksi gempa ini adalah real-time notification, dimana akan mendapatkan informasi langsung ketika gempa baru saja terjadi. Dengan mendapat informasi yang cepat, tentu kita bisa melakukan antisipasi secara lebih cepat.

Bila kamu mencari aplikasi ini di Google Play, maka akan ada dua pilihan, yang versi gratis, dan versi berbayar dengan fitur-fitur yang lebih lengkap.

5. Volcanoes & Earthquakes

Aplikasi gempa dunia yang cukup bisa diandalkan, yakni Volcanoes & Earthquakes. Aplikasi ini menampilkan peringatan gempa bumi dan gunung meletus real time yang terjadi di seluruh dunia dan disekitar.

Bukan hanya informasi gempa bumi saja, selain itu juga bisa mendapat informasi lain mengenai gunung yang sedang mengalami erupsi, memberi laporan “saya merasakan gempa bumi”, dan masih banyak fitur bermanfaat lainnya.

Aplikasi yang dikembangkan oleh VolcanoDiscovery ini bisa dikatakan cukup akurat karena dapat menghimpun informasi gempa berdasarkan data dari badan geologi setiap negara.

6. Info BMKG

Salah satu aplikasi yang uptodate dan dapat dipercaya, yaitu berasal dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG. Saat ini BMKG menghadirkan aplikasi yang bisa diunduh melalui Google play store maupun App Store.

Melalui aplikasi Info BMKG dapat mengetahui informasi gempa yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Di aplikasi ini akan mengetahui informasi terkait kekuatan gempa, lokasi terjadinya gempa, hingga jarak titik gempa dengan lokasi dimana pun berada.

Selain sebagai alat pendeteksi gempa, aplikasi ini akan memberikan informasi terkini terkait perkiraan cuaca yang selalu diupdate setiap jam serta informasi terkait tsunami. Apakah gempa dapat berpotensi tsunami atau tidak, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, disini juga akan mendapatkan informasi seputar kualitas udara, cuaca bandara, informasi terkait kebakaran hutan dan lahan, hingga cuaca saat jalur mudik.

7. Info Gempa Bumi Terkini

Aplikasi Info Gempa Bumi Tekini menghadirkan informasi seputar gempa bumi terupdate di Indonesia. Selain itu, aplikasi Info Gempa Bumi Terkini juga menampilkan perkiraan cuaca di seluruh wilayah Indonesia.

Dapat mengetahui jarak lokasi gempa dan mengukur dengan lokasi berada. Sehingga dapat mengantisipasi dan mengetahui peringatan awal jika terjadi bencana gempa bumi yang menjangkau wilayah yang sedang ditempati.

Fungsi aplikasi ini secara umum sama seperti aplikasi Info BMKG, bahkan data yang ditampilkan di aplikasi ini adalah data yang sama dengan yang ditampilkan pada aplikasi resmi BMKG. Sehingga informasi yang didapat akan akurat dan terjamin kebenarannya. Bedanya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan.

8. MyShake

Melalui aplikasi ini dapat mengetahui berbagai peringatan dini akan terjadinya gempa bumi dan tsunami di seluruh wilayah negara bagian. Aplikasi MyShake dapat diunduh di Google Play Store maupun App Store secara gratis.

Untuk cara kerja dari MyShake, yaitu dengan mengumpulkan seluruh data seismograf dari sensor yang terdapat di smartphone. Lalu data tersebut akan dikumpulkan ke dalam suatu sistem.

Sistem tersebut dapat dijadikan sebagai peringatan dini atau untuk berwaspada jika bencana gempa bumi maupun tsunami akan terjadi. Sehingga dapat mengantisipasi bencana yang akan terjadi sedini mungkin.

9. My Earthquake Alerts

My Earthquake Alerts merupakan aplikasi yang dibangun oleh developer jRustonApps B.V. My Earthquake Alerts adalah aplikasi pemantauan gempa yang kuat yang memberikan semua informasi tentang gempa bumi dari seluruh dunia. Aplikasi ini menghimpun informasi dari berbagai jaringan gempa bumi. Dengan desain antarmukanya yang sangat sederhana, pasti tidak akan kebingungan.

Aplikasi ini dilengkapi dengan peta gempa langsung yang dapat mendeteksi dan melacak gempa bumi dari seluruh dunia. Dengan aplikasi ini juga bisa mengatur peringatan gempa. Ada juga fitur pencarian untuk menemukan sejarah gempa bumi pada masa lampau.

Aplikasi yang sepenuhnya gratis ini menyediakan peta gempa bumi live yang bisa melacak dari seluruh dunia dengan informasi lengkap mulai dari kedalaman hingga jaraknya dari lokasi. Ada juga fitur alarm yang bakal memberi peringatan kalau terjadi gempa. Jadi bisa langsung menyelematkan diri jika diperlukan.

10. Vibration Meter

Sedang mencari aplikasi pendeteksi gempa dengan ukuran yang cukup kecil? Kamu bisa mencoba Vibration Meter yang akan bekerja dengan menggunakan sensor yang terdapat pada smartphone Android yang akan mengukur getaran gempa.

Vibratin Meter akan memberitahu berapa besar getaran atau gempa yang terjadi lengkap dengan dampak apa yang mungkin ditimbulkan oleh gempa tersebut. Terdapat pula fitur alarm yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

13 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

20 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

2 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

4 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

5 days ago