HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Untuk Profesional

Fungsi Aplikasi Pengolah Kata

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari aplikasi pengolah kata, yaitu :

  • Membuat sebuah dokumen.
  • Menyunting dan melakukan pemformatan dokumen.
  • Membuat cover.
  • Mencetak dokumen.
  • Mengarsipkan sebuah tulisan.
  • Memberikan hiasan atau bingkai pada dokumen.
  • Penulisan digital.

Contoh Aplikasi Pengolah Kata

Pengolahan kata merupakan salah satu software atau aplikasi yang berada di komputer, laptop dan android. Aplikasi ini erat kaitannya dengan penulisan, atau segala sesuatu yang ada kaitannya dengan teks.

Berikut merupakan beberapa contoh aplikasi pengolah kata, yaitu :

1. Microsoft Word

Microsoft Word merupakan salah satu jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk mengolah kata. Microsoft Word dibuat oleh perusahaan yang bernama Microsoft Corporation. Microsoft Corporation tidak hanya membuat Microsoft Word saja, namun di dalamnya terdapat satu paket aplikasi untuk pengolahan kata yaitu Microsoft Office.

Selain itu, Microsoft Corporation ini merupakan salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Di aplikasi pengolahan kata yang disediakan oleh Microsoft Corporation ini, memiliki beberapa fasilitas yang cukup terkenal.

Jika sering menggunakan Microsoft Word, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya wordart. WordArt Merupakan sekumpulan huruf keren yang sudah didesain sedemikian rupa. Tidak hanya sampai disitu saja, Microsoft Word juga hadir dengan menu yang banyak serta lengkap. Terdapat kurang lebih 6 menu toolbar di Microsoft Word.

Aplikasi Microsoft Word bisa didapatkan dengan membeli lisensi Microsoft Office yang dibanderol sekitar Rp 2,5 jutaan.

2. Microsoft 365

Microsoft 365 atau sebelumnya dikenal sebagai Office 365 adalah salah satu bagian inovasi Microsoft dalam menghadirkan layanan software produktivitas handal. Secara umum, ketika berlangganan Microsoft 365 akan mendapatkan akses untuk Excel, PowerPoint, Word, hingga fasilitas penyimpanan berbasis cloud di OneDrive.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh kalangan profesional karena teknologinya yang sudah terintegrasi dengan internet. Sehingga membantu peningkatan efektivitas dan kolaborasi antar divisi meskipun berada di tempat berbeda-beda.

3. Lotus Word Pro

Jenis software atau aplikasi yang bisa digunakan untuk mengolah kata yang kedua ini dikeluarkan oleh perusahaan yang bernama IBM. Aplikasi satu ini hadir dengan konsep yang sangat sederhana, dengan program pengolahan katanya sebanyak 6 menu.

Adapun, menu yang terkenal diantaranya file, edit, view dan beberapa jenis menu lainnya. Aplikasi satu ini memiliki kelebihan tersendiri, lotus word Pro bahkan bisa digunakan untuk melakukan pertukaran file dengan Microsoft Word. Lotus Word Pro juga bisa membuka aplikasi Microsoft Word serta membuka file-file Word dan beberapa jenis software atau aplikasi pengolah kata lainnya.

4. WPS Office

Pada dasarnya aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan di android sehingga kalian tentu sudah tidak asing dengan WPS Office. Aplikasi ini merupakan satu paket aplikasi office yang mencakup pengolahan kata, angka dan presentasi.

Sehingga sudah barang pasti jika aplikasi ini akan memiliki fungsi maksimal ketika akan membuat sebuah dokumen semacam surat, essay dan tugas-tugas lainnya. Aplikasi WPS Office ini juga memiliki kemampuan membuka dokumen dari beragam sumber lokal.

Serta mampu mengakses semua file yang ada di dalam storage pengguna. Ada sistem password untuk setiap file agar menjamin keamanannya.

5. Notepad

Aplikasi satu ini merupakan jenis aplikasi pengolah kata merupakan bagian dari Windows. Secara otomatis, Notepad akan langsung terinstall ketika menginstall Windows.

Aplikasi satu ini merupakan editor teks yang dapat dikatakan sangat sederhana. Notepad yang digunakan untuk melakukan pembuatan program serta menuliskan kode-kode program atau untuk mengubah jenis konfigurasi seperti HTML.

Di dunia professional, Notepad sendiri banyak dimanfaatkan untuk menulis catatan meeting, LOG modifikasi software atau aplikasi. Sementara bagi para blogger, notepad bisa digunakan untuk membantu edit file XML serta menetralisir format dokumen yang di-copy dari jenis file lain.

6. Google Docs

Dengan tampilan antarmuka yang hampir sama dengan Microsoft Word, Google Docs saat ini menjelma menjadi aplikasi word processor yang populer di kalangan profesional. Selain dari segi tampilan yang mudah digunakan, layanan yang tersedia secara gratis juga turut mendongkrak popularitas Google Docs di berbagai kalangan.

Menariknya, dokumen teks yang dikerjakan menggunakan Google Docs bisa dibagikan secara langsung ke semua orang tanpa perlu mengupload ulang. Hal ini disebabkan karena cara kerja Google Docs yang sepenuhnya terintegrasi secara online.

7. Docs To Go

Meski sudah tersedia aplikasi Google Docs dan Microsoft Word versi mobile, namun Docs To Go masih sangat layak untuk menjadi aplikasi pengolah kata. Terutama bagi yang memiliki mobilitas tinggi.

Docs To Go bisa dibilang sebagai aplikasi legend yang sejak dulu banyak digunakan oleh para pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran hingga karyawan untuk melakukan editing dokumen. Jadi, fitur-fiturnya tentu sudah tidak diragukan lagi kehandalannya.

8. Ez Word

Ez Word adalah jenis program pengolahan kata khusus bisa digunakan untuk mengolah kata grafis. Program Ini pertama kali tersedia di Linux. Ez word sebelumnya merupakan bagian dari Andrew User Interface system.

Porgram Ini merupakan proyek penelitian antar muka yang dilakukan secara bersama-sama oleh dua orang IBM serta cornegio Mellon University.

9. Open Office Writer

Jenis program pengolahan kata selanjutnya ini juga memiliki kemiripan dengan program pengolahan kata pada Microsoft Word. Yang membedakan antara keduanya itu pada perkembangannya. Open Office writer hadir dengan lisensi GPL atau General public lisensi.

Keberadaan lisensi GPL tersebut menjadikan Open Office writer bisa didapatkan secara gratis. Program pengolahan kata satu ini bersifat open source dari lisensi tersebut, sehingga langsung bisa mendownloadnya secara gratis di website nya www.openoffice.org.

Aplikasi Open Office Writer ini juga termasuk aplikasi satu untuk semua alias multiplatform. Sehingga aplikasi pengolahan kata yang satu ini dapat dipergunakan di PC atau laptop berbasis windows, Solaris, Linux, bahkan bisa pula di iOS.

10. Atlantis Word Processor

Aplikasi pengolah kata yang patut untuk dicoba yang selanjutnya adalah Atlantis Word Processor. Aplikasi ini merupakan salah satu program yang memiliki fungsi untuk mengolah kata yang menyerupai aplikasi Microsoft Word.

Program aplikasi yang satu ini dapat mendukung berbagai macam tipe file dengan beragam format dokumen sebagai contoh format .docx, .cod, .rtf, dan .txt.

Sedangkan untuk urusan fitur yang dimiliki aplikasi ini hampir sama dengan yang dimiliki aplikasi untuk pengolahan kata yang lainnya. Beberapa fitur yang dimaksud seperti tata letak, penyuntingan bahasa, dan lain sebagainya.

Ada banyak fitur pendukung pengolahan kata yang lain yang bisa kalian dapatkan di Atlantis Word Processor ini.

11. StarOffice Writer

Jika sedang mencari aplikasi pengolah kata yang dapat dipakai di beberapa platform maka ada baiknya mencoba StarOffice Writer. Aplikasi ini bisa dipakai di beberapa sistem operasi komputer seperti Windows, Solaris, dan juga Linux.

Aplikasi StarOffice Writer ini bisa dikatakan cukup mirip dengan aplikasi Microsoft Word. aplikasi yang satu ini mempunyai satu paket utuh sama dengan konsep yang dimiliki Microsoft Word. Hanya saja yang membedakannya terletak di eksetensi file yang dikerjakan. Jika Word memakai ekstensi .docx maka StarOffice memakai file ekstensi .odt.

Walaupun mempunyai perbedaan di bagian ekstensi file yang dikerjakan, akan tetapi bisa mengubah ekstensi file tersebut layaknya yang terdapat di Microsoft Word. Sehingga bisa disimpulkan bahwa aplikasi ini layak menjadi pilihan terbaik untuk pengolahan kata.

12. Polaris Office

Polaris Office merupakan salah satu aplikasi pengolah kata di android yang dibekali dengan fitur paling lengkap. Aplikasi ini menyediakan fitur melihat, menampilkan, menyunting, dan juga menyimpan seluruh tipe dokumen yang berasal dari mana saja dan juga kapan saja.

Aplikasi yang satu ini support untuk segala jenis format file mulai dari .doc, .docx, .ppt, .pptx,. hwp, .xls, .xlsx sampai dengan .pdf sekalipun. Sejauh ini tampilan dari aplikasi yang satu ini sangat user friendly sehingga menjadikan mudah dan nyaman dalam pengoperasiannya.

Bicara mengenai muatan, tidak perlu khawatir lantaran aplikasi yang satu ini telah menyiapkan cloud drive tersendiri yang dikenal dengan Polaris Drive. Walaupun tetap dapat memilih mau pakai drive yang lainnya.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago