HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Saja Penyebab Laptop Hang ? Serta Cara Mengatasinya

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai apa saja penyebab laptop hang dan juga cara mengatasinya.Laptop saat ini menjadi salah satu perangkat yang penting untuk digunakan,berbagai manfaat dalam penggunaanya,mulai sebagai sarana edukasi hingga kepentingan pekerjaan.Sehingga terkadang ada masanya tak jarang komputer atau laptop yang digunakan penuh dengan berbagai hal.Terkadang saat sedang menggunakan laptop tiba-tiba nge-hang dan tidak bisa berfungsi seperti biasanya.Mungkin bagi orang awam akan merasa bingung dan panik.

Berikut ini akan kita berikan penyebab dan cara mengatasi laptop hang yang harus kalian ketahui untuk menghindari hal yang tidak diinginkan :

Penyebab Laptop Sering Hang

Sebelumnya kita bahas sedikit apa itu Hang?

Secara umum Pengertian hang yakni no respond/tidak ada respon,jadi hang pada komputer adalah komputer tidak akan dapat merespon segala perintah yang diberikan dari keyboard maupun mouse ketika komputer dalam kondisi hang,Hal ini tentu dapat memicu kerusakan komputer.

Salah satu kekurangan yang dimiliki sebuah laptop adalah peranti kerasnya yang dikompres sehingga ukurannya menjadi lebih kecil dari PC standar.Hal ini menyebabkan kinerja laptop yang selalu berada di bawah PC.Selain itu,laptop sering diklaim mengalami error hingga hang dibandingkan PC,meski begitu terkadang adanya hang juga disebabkan oleh human error yang ikut ambil bagian.

Berikut adalah beberapa penyebab laptop hang yang harus kalian ketahui :

  • Kapasitas RAM Tidak Cukup

Kapasitas RAM yang kurang besar dapat mempengaruhi terjadinya laptop hang.Itu dikarenakan RAM Laptop merupakan peranti keras yang bertanggung jawab untuk menampung aplikasi aktif.Setiap aplikasi membutuhkan ruang RAM yang berbeda-beda,biasanya diukur melalui seberapa aplikasi itu dioptimasi dan banyaknya fitur yang bisa digunakan.Aplikasi yang berjalan secara bersamaan dan melebihi kapasitas RAM lap top akan tertutup secara otomatis.Namun,ada kalanya laptop tidak bisa melakukan penutupan otomatis dan akhirnya terjadi hang.

  • Banyak Membuka Aplikasi

Biasanya ini menjadi penyebab paling umum terjadinya hang pada laptop dalam satu waktu.Ini membuat kapasitas laptop itu sendiri tidak sanggup menjalankan semuanya dan terjadi hang.Bagi sebagian pengguna awam,kapasitas sebuah laptop atau PC hanya diukur melalui RAM saja. Namun, sebenarnya prosesor dan jenis memori internal juga memengaruhi terjadinya hang.Setiap aplikasi yang dibuka membutuhkan proses membaca dan menuliskan data,hal ini dikerjakan oleh procesor,memori internal dan RAM secara bersamaan,bahkan VGA untuk kondisi tertentu.Prosesor yang sudah usang akan mengalami penurunan kinerja dan ini menyebabkan proses menjalankan aplikasi semakin lambat,begitu juga dengan RAM dan memori internal.Maka membuka aplikasi yang terlalu banyak dan melebihi kapasitas CPU kalian dapat menyebabkan error hingga hang.

  •  Driver Corrupt(Error)

Driver yang corrupt atau mengalami error,biasanya driver digunakan sebagai penghubung antara peranti keras dengan sistem operasi.Driver yang corrupt akan memutuskan komunikasi antar kedua hal terpenting pada sebuah laptop sehingga terjadi hang.Peranti keras yang tidak tersambung dengan sistem operasi tentu akan menghentikan kerjanya dan laptop akan mengalami hang hingga mati secara tiba-tiba.

  • Overheat

Overheat atau kepanasan menjadi hasil dari kinerja semua peranti keras yang bekerja tanpa adanya istirahat,serta sistem pendinginan yang tidak optimal.Setiap laptop memiliki jenis pendinginan berbeda-beda.Bahkan ada yang menggunakan sistem water cooling untuk mendinginkan CPU.Laptop yang mengalami overheat kebanyakan akan menghentikan kerja CPU dan menyebabkan hang.Namun,ada yang mengabaikan overheat dan laptop terus bekerja yang menyebabkan salah satu peranti kerasnya terbakar.

  • Error Perangkat Eksternal

Contohnya seperti keyboard dan mouse ternyata juga salah satu penyebab terjadinya laptop hang.Perangkat error yang dihubungkan ke laptop akan menghasilkan proses driver perangkat menjadi terhambat.Hal ini terkadang akan menghasilkan kejadian Device Not Responding hingga sistem operasi yang ikut error dan hang.

  • Menyetting BIOS

BIOS merupakan bagian dari CP/M dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan peranti keras,sederhananya,BIOS adalah salah satu penghubung antara sistem operasi dengan peranti keras yang pertama kali berjalan. Tentu sebelum driver menjalankan bagiannya,sama halnya dengan Driver corrupt,pengaturan BIOS yang keliru akan menyebabkan error pada proses kerja peranti keras dan menyebabkan laptop hang.

  •  Virus

Virus tentu menjadi salah satu hal paling sering menyebabkan kekacauan bagi setiap sistem komputer kalian.Adanya virus  tentu akan menghambat kinerja laptop hingga menyebabkan hang.Bahkan,ada virus yang bisa menyebabkan CPU overheat dan merusak laptop secara permanen.Maka sebuah software antivirus adalah hal yang wajib kalian miliki dalam sebuah laptop.

  • Software Error

Software yang sedang digunakan mengalami error.Hal ini bisa terjadi karena banyak hal,mulai dari penggunaan software  kurang baik hingga bug dalam software yang belum dioptimasi.Cara mengatasi laptop hang karena hal ini, tentu dengan menghindari aplikasi yang sering mengalami error atau melakukan re-install.

  •  File System Corrupt

Kejadian sistem file yang corrupt ini biasanya terjadi pada komputer dengan sistem operasi Windows 10 dan 7,setelah melakukan update besar.Setiap adanya update,sistem operasi akan mendapatkan file terbaru yang menggantikan file lama. Namun,beberapa kali pengguna Windows 10 dan 7 mengalami hang setelah update sistem.Cara mengatasi laptop hang karena sistem file corrupt adalah melakukan downgrade sistem ke versi sebelumnya atau menunggu update selanjutnya untuk memperbaiki sistem operasi.

Cara Mengatasi Laptop Hang

Sekarang kalian harus mengetahui cara mengatasi laptop hang tidak bergerak di Windows 10, 8, dan 7 berikut ini.Cara yang disarankan pun cukup beragam,berikut diantaranya :

Atur Ruang Local Disk C Drive

Memastikan kondisi Local Disk C atau memori internal untuk sistem drive tidak penuh.Kebanyakan pengguna Windows 10 dan 7 mengabaikan hal ini,lalu mengeluh laptop menjadi lambat hingga hang.Cara mengatasi laptop blank tidak bergerak dengan mengatur ruang Local Disk C tentu akan membuat laptop kalian kembali ke performa awal dan bisa menghindari terjadinya freeze.Namun,jangan sembarangan membuang file yang merupakan driver sistem operasi,pastikan ada ruang cukup di Local Disk C hingga penunjuk ruang Disk berubah menjadi hijau.Kalian bisa melakukan partisi Hard Disk dari Local Disk C jika ingin menyimpan data, sehingga Local Disk untuk driver tidak terganggu.

Menunggu Laptop Memproses Data

Sabar menunggu sistem laptop untuk memproses data yang sedang dibaca atau ditulis.Laptop yang sedang sepenuhnya bekerja dalam satu atau lebih aplikasi akan terlihat seperti hang.Tunggu laptop untuk memproses data yang sedang berjalan dan pastikan kalian tidak memberikan perintah apapun ke laptop.

Melakukan Reboot Laptop

Paling sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna saat mengalami masalah pada laptop.Namun,hal ini memang terbukti berhasil dalam beberapa kondisi.Melakukan reboot atau restart laptop akan mengulang proses dalam sistem operasi dari awal dan mampu mengatasi error yang terjadi di saat booting laptop pertama.

Menutup Aplikasi Not Responding

Bisa menjadi salah satu cara mengatasi laptop hang,karena ini sering terjadi saat kalian menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja CPU besar.Menutup aplikasi berstatus Not Responding bisa dilakukan di Task Manager.Task Manager dapat kalian akses melalui shortcut keyboard,di sana semua aplikasi dan aktivitas laptop dapat kalian atur.

Berikut cara lengkap ntuk menggunakan Task manager :

  • Tekan CTRL + ALT + DEL pada keyboard secara bersamaan,lalu pilih Task Manager.
  • Pilih aplikasi yang ingin dihentikan,tekan tombol End Task di pojok kanan bawah.
  • Tunggu sebentar hingga  CPU akan menutup paksa aplikasi tersebut.
  • Lakukan restart setelah kamu menutup aplikasi yang hang.

Menguji Kondisi RAM

Apabila mengalami hang saat menjalankan aplikasi berat seperti Adobe Premiere ataupun AutoCAD,kemungkinan karena kapasitas RAM laptop yang kurang besar.Aplikasi berat yang berkutik dalam hal rendering seperti ini akan membutuhkan peranti keras yang mumpuni,begitu juga dengan aktivitas gaming pada laptop.Karena itu,perlu upgrade RAM laptop untuk mendapatkan performa lebih mumpuni dan lancar.Namun,ada juga kasus di mana kapasitas RAM sudah besar tapi masih belum bisa menampung program yang berat.Mungkin kalian harus melakukan Windows Memory Diagnostics untuk mengetahui kesehatan RAM.

Berikut cara mengoperasikan Windows Memory Diagnostics :

  • Tekan Windows + R pada keyboard secara bersamaan,ketik mdsched.exe lalu tekan tombol Enter atau klik OK.

  • Pilih opsi Restart now and check for problems (recommended).
  • Hasil Diagnosa akan ditampilkan dan laptop akan restart.

Scan Virus

Ada cara mengatasi laptop hang dengan menggunakan antivirus.Tak hanya menginstall antivirus,kalian juga harus melakukan full scan secara rutin untuk mengetahui adanya virus yang masih bandel di laptop.Melakukan scan virus setiap kali kalian mengkoneksikan perangkat eksternal,merupakan cara mengatasi laptop error karena virus yang penting dilakukan sehingga tidak terjadi hal tak diinginkan.

Berikut adalah beberapa software antivirus rekomendasi :

  • Kaspersky Anti-Virus.
  • ESET NOD32 Antivirus.
  • Norton AntiVirus.
  • Bitdefender Antivirus.
  • Trend Micro Antivirus.

Kalian dapat memilih salah satu diantaranya.

Update Driver

Ini merupakan salah satu cara mengatasi laptop hang karena driver error.Hal ini akan menggantikan driver lama kalian ke driver yang lebih baru.

Berikut langkah-langkah melakukan update driver di laptop Windows kalian :

  • Klik kanan pada opsi This PC (Windows 10/8) atau My Computer (Windows 7),pilih Manage.

  • Klik Kanan pada Disk Drives,pilih Update Driver Software.Khusus untuk pengguna Windows 7,update driver ada pada menu Properties.

Memantau Suhu CPU

Penting untuk memantau suhu CPU,karena CPU yang mengalami overheat akan berdampak buruk bagi laptop dan bisa mengalami kerusakan secara permanen.Cara mengatasi laptop hang saat main game melalui pantauan suhu sering dilakukan oleh banyak pemain profesional, apalagi jika ingin melakukan overclocking.

Memantau suhu CPU di laptop melalui software berikut :

  • Real Temp
  • Core Temp.
  • HWMonitor.
  • AIDA64 Extreme.
  • Speccy.

Itulah beberapa tips dari kami tentang laptop hang dari penyebab hingga cara mengatasinya.Sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

5/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

22 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago