HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Wordpress

Rekomendasi Plugin Related Post WordPress Terbaik

Apa Itu Related Post ?

Related post adalah menu kotak artikel terkait pada artikel, merupakan artikel-artikel yang masih memiliki hubungan dengan artikel yang sedang dibaca oleh pengunjung. Biasanya seorang blogger akan mencantumkan artikel lainnya di bawah postingan, atau juga di tengah-tengah artikel.

Bagi pengguna Blogger, fitur ini sudah tidak asing lagi. Related Post sengaja dipasang untuk memudahkan navigasi pengunjung yang ingin membaca artikel yang berhubungan dengan artikel yang sedang dibaca.

Dengan semakin banyak jumlah artikel yang dibaca, akan meningkatkan page view blog tersebut. Banyaknya page view pada posting blog merupakan poin yang baik bagi blog tersebut di mata mesin pencari.

Manfaat Menggunakan Related Post

Ada beberapa manfaat menggunakan plugin related post pada website yang perlu diketahui, berikut penjelasannya :

  • Mengurangi skor bounce rate halaman website.
  • Time on Page bisa lebih lama.
  • Bagus untuk keperluan optimasi SEO.
  • Membantu merangking konten pada halaman SERP Google.
  • Page views menjadi lebih banyak sehingga bagus untuk iklan Adsense dan penjualan produk.

Kriteria Plugin WordPress yang Baik

Sebelum memutuskan untuk install plugin WordPress related post, ada beberapa kriteria plugin WordPress yang baik :

  • Selalu mendapatkan update dari pengembang, bisa dilihat update terakhir plugin kapan.
  • Memiliki active user yang banyak.
  • Mendapatkan banyak review positif dari pengguna.
  • Tidak memakan resource server hosting yang besar.
  • Ringan digunakan.

Rekomendasi Plugin Related Post WordPress

1. Yet Another Related Post Plugin (YRPP)

Plugin buatan pengembang YRAPP ini dikembangkan secara profesional dan memiliki banyak fitur terutama untuk related post. YRAPP berani menjamin bahwa bisa meningkatkan 10% pageviews halaman setelah install plugin ini.

Plugin YARPP ini termasuk lama, karena sudah ada sejak 2008 dan sudah direkomendasikan oleh banyak blogger dan webmaster. Tercatat sampai saat ini sudah ada lebih dari 100 ribu instalasi aktif dan rating di WordPress 4.5 bintang.

2. Jetpack

Pasti sudah tidak asing dengan Jetpack, plugin yang kaya fitur ini ternyata juga memiliki fitur related post. Jika sudah install, maka tinggal aktifkan saja modul related post. Tenang saja fitur ini tidak memberatkan loading website, bisa bebas memasang pada bagian awal, akhir atau tengah artikel.

Untuk menggunakan fitur ini, masuk ke menu Jetpack melalui dashboard WordPress dan aktifkan dengan menekan timbol Activate pada modul Related post. Jika memiliki lebih dari 10 pos, Jetpack akan mampu menganalisa dan menampilkan setidaknya 3 pos yang relevan dengan melihat tag, kategori dan konten artikel yang sedang dibaca. Selain itu juga bisa menyaring kategori dan tag apa yang bisa dimasukkan dalam pos terkait.

3. Related Post 

Plugin buatan dari developer Pick Plugins ini layak dicoba. Terdapat fitur untuk versi berbayarnya juga. Untuk versi gratis fitur yang dimiliki seperti related post pada setiap judul awal dan akhir, post type, archive page, pilihan layout yang beragam, customize element dan juga manual post.

4. Visualmodo Related Post 

Visualmodo ini terbilang baru dibandingkan dengan plugin related post blog sebelumnya. Tetapi dari segi fitur dan tampilan tidak kalah menarik untuk dicoba. Ada banyak kustomisasi yang bisa dipilih seperti mengatur jumlah post, mengatur jumlah karakter, heading dan juga pilihan warna. Review dari plugin ini mendapatkan bintang 5 sempurna.

5. Similar Post

Similar post merupakan plugin yang awalnya dikembangkan oleh Robert Marsh namun sekarang dimiliki oleh Shareholic. Shareholic sendiri terkenal dengan layanan yang bisa dipakai untuk mengintegrasikan layanan media sosial ke dalam WordPress.

Similar post memiliki fitur yang sangat lengkap. Sebagai contoh bisa mengatur agar plugin ini hanya menampilkan pos terkait sesuai nama pengarang, taxonomy, judul, kata yang sering digunakan, dll. Tidak hanya itu, bahkan bisa mengatur bobot judul, konten dan tag dalam menentukan tingkat kemiripan konten.

Sayangnya pengaturannya mungkin akan sedikit lebih rumit jika mencari plugin sampai siap pakai. Namun jika menginginkan kontrol penuh plugin ini akan sangat cocok.

6. Related Post Thumbnail Plugin For WordPress

Related post thumbnail plugin for wordpress adalah plugin related post terbaik buatan WPBrigade yang bisa dipakai untuk menampilkan pos terkait di akhir artikel. Dengan plugin ini bisa mengatur ukuran thumbnail, tampilan pos terkait, rentang publikasi, hingga cara menentukan postingan mana saja yang akan dimasukkan ke dalam daftar artikel terkait (sesuai tag, kategori, atau taxonomi kustom lainnya).

Plugin ini menyediakan widget dan blog Gutenberg. Ini artinya bisa menempatkan postingan terkait dibagian manapun di artikel serta pada sidebar blog dengan mudah.

7. Related Post By Taxonomi

Plugin related post gratis dari Taxonomy ini memiliki fitur untuk menambahkan postingan pada sidebar, widget dan juga akhir postingan. Bisa setting dengan membatasinya berdasarkan kategori dan juga tanggal post. Plugin ini memiliki standar pengkodean WordPress dan juga memiliki dokumentasi yang lengkap.

8. Shareaholic

Plugin buatan pengembang Shareaholic ini bisa menjadi alternatif plugin share konten yang bagus. Bisa menambahkan social media share, related post, analisis konten, penempatan iklan sampai analytics.

WPEngine dan Kinsta telah membuktikan bahwa Shareaholic menjadi plugin related post yang ringan dan bagus untuk SEO. Saat ini sudah ada lebih dari 50 ribu instalasi aktif dan juga rating bintang 4.5.

9. Inline Related Post

Inline related post bisa dicoba juga, plugin ini sudah memiliki jumlah instalasi aktif mencapai 60 ribu lebih dengan rating 4,5 bintang. Untuk kelebihan plugin buatan dari IntellyWP bisa meningkatkan engagement, page views dan mengurangi skor bounce rate.

Bahkan plugin inline related post ini mengklaim bisa menaikkan page views website mencapai 99% dari sebelumnya. Fitur unggulan dari Inline ini bisa memasang related post pada jeda kalimat atau paragraf dalam artikel sehingga lebih relate dan menarik untuk dibuka pengunjung website.

Kekurangan dari plugin ini adalah hanya bisa ditampilkan di dalam artikel, jadi jika ingin ada pos terkait di bawah konten maka harus memasang plugin yang lainnya. Hal ini sangat tidak direkomendasikan karena akan membuat situs atau blog menjadi lambat.

10. Contextual Related Post

Plugin buatan pengembang Webber Zone ini sangat powerful untuk menampilkan beberapa konten terkait dengan konten utama. Caranya didasarkan pada judul dan isi dari konten utama, sehingga hasilnya bisa lebih relevan kepada para pembaca.

Beberapa fitur yang dimiliki plugin ini seperti thumbnail, custom postingan tampilan, custom CSS dan widget. Plugin ini sudah di install lebih dari 80 ribu pengguna aktif dengan rating sempurna bintang 5. Jika tertarik langsung saja download plugin CRP ini secara gratis.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

14 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

16 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

5 days ago