HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Aplikasi Rekaman Lagu untuk Android dan PC

Bicara soal software recording pasti tahu bahwa software ini biasa digunakan di studio-studio rekaman. Perangkat yang dipakai pun berupa PC atau laptop. Tapi, berkat kemajuan teknologi, kini juga bisa dengan mudah melakukan rekaman sendiri dengan bantuan aplikasi sound recording di android maupun PC.

Aplikasi Perekam Suara dan Musik di Android

Jika ingin melakukan rekaman suara dan musik di rumah hanya perlu download aplikasi rekaman suara dan musik di HP, baik Android maupun iPhone. Cek rekomendasinya di bawah ini :

1. FL Studio Mobile

Aplikasi FL Studio Mobile merupakan aplikasi yang sudah banyak penggunanya, karena FL Studio Mobile ini mampu menghasilkan audio yang keren dan kece untuk melakukan cover lagu.

Dan juga aplikasi ini memiliki beragam jenis fitur unggulan. Beberapa fitur di aplikasi ini adalah berupa rekaman suara, synthesizers, sampler, drums kids, sliced-loops beats, dan format hasil akhir dari aplikasi ini adalah dengan format WAV dan MP3. Namun, kini software tersebut juga dapat digunakan di smartphone Android. Meski dirilis dalam versi mobile, aplikasi perekam suara ini hampir tidak ada bedanya dengan versi PC.

2. Music Maker Jam

Music Maker Jam adalah aplikasi pilihan editor PlayStore dan tentunya aplikasi ini sangat cocok bagi yang doyan melakukan cover lagu. Bagaimana tidak, Music Maker JAM ini memiliki setumpuk fitur yang siap menunjang penggunanya untuk melakukan cover lagu.

Music Maker sendiri dapat membantu membuat suara kita menjadi lebih jernih dan juga jelas dari biasanya. Jenis suara nya juga bisa diatur oleh pengunanya. Tidak hanya itu saja, bahkan aplikasi yang sudah digunakan oleh hampir 500.000 pengguna ini menyediakan lebih dari 300 packs untuk nge-mix hasil cover lagu.

3. Audio Evolution Mobile Studio

Sekarang tidak perlu repot-repot untuk merekam suara di studio bergengsi dan mengeluarkan budget dan waktu yang banyak, hanya perlu gunakan aplikasi Audio Evolution Mobile Studio di aplikasi smartphone. Audio Evolution mobile sendiri dapat menunjang hobi cover lagu dengan fitur rekaman suara yang jernih.

Di samping hal itu, aplikasi ini juga membantu kita untuk mengedit hasil dari cover lagu tadi dan bisa langsung disimpan dalam beberapa format AV, MP3, AIFF, FLAC, Ogg/Vorbis. Namun bagi yang ingin mencoba aplikasi ini diharuskan untuk membelinya terlebih dahulu di play store.

4. SunVox

unVox yang juga dapat memudahkan kalian membuat rekaman lagu atau musik sekelas studio rekaman. Namun, aplikasi sound recording yang satu ini memiliki kekuatan dalam rekaman secara langsung. SunVox aplikasi cover lagu satu ini mengharuskan kita untuk menggunakan microphone saat akan melakukan sebuah rekaman. Dengan bantuan mic, tentunya akan menghasilkan rekaman suara yang lebih berkualitas.

Tidak hanya hal itu saja, bahkan aplikasi yang dibesut developer Alexander Zolotov ini sudah mendukung hasil rekaman 16/24/32bit sudah dengan format WAV, AIFF dan juga XI. Dan uniknya lagi, hasil rekaman suara kita bisa diedit dan dipoles dengan beragam fitur yang ada di aplikasi SunVox ini.

5. Hi-Q MP3 Voice Recorder

Bagi yang mencari simple dan tidak perlu banyak pengaturan, aplikasi perekam suara HI-Q MP3 Recorder ini bisa menjadi solusinya. Meski sederhana, tidak semata-mata aplikasi sound recording ini tak punya kelebihan. Hasil rekaman yang diberikan justru sangat bagus dan jernih.

Di aplikasi yang satu ini juga dapat mengatur opsi, seperti kuat atau lemahnya suara, durasi, serta kualitasnya, dari kualitas yang biasa hingga format mp3 kualitas CD. Aplikasi ini terdapat dua versi, ada yang gratis juga berbayar. Namun, jika belum bisa membeli versi PRO, versi gratis dari aplikasi ini tetap bisa menghasilkan rekaman suara yang berkualitas. Hanya saja rekaman kamu dibatasi untuk durasi 10 menit saja.

Dengan aplikasi ini bisa menghasilkan rekaman suara dengan rate mencapai 44 kHz. Selain itu juga bisa menyimpannya ke dalam berbagai format audio.

Fitur :

  • Mampu merekam suara saat kuliah, seminar, khutbah, konser, atau latihan band sekalipun dengan jernih.
  • Disimpan dalam berbagai format dengan ukuran yang kecil.
  • Dapat menyamarkan tombol perekaman.
  • Support WiFi Transfer.
  • Widget Home Screen.

Aplikasi Perekam Suara dan Musik di PC

Selain lewat android, ada juga aplikasi rekaman studio PC yang bisa membantu membuat musik layaknya seorang profesional. Langsung saja simak rekomendasinya berikut ini :

1. Audacity

Audacity merupakan aplikasi perekam suara untuk komputer yang bisa didapatkan secara gratis. Di kalangan para penyunting audio, aplikasi ini cukup terkenal dan banyak digunakan untuk membuat konten-konten sederhana dengan kualitas yang cukup mumpuni.

Beberapa kelebihan dari Audacity yang sering dimanfaatkan oleh penggunanya adalah kemampuannya untuk merekam suara dengan baik. Asal menggunakan microphone dengan kualitas yang baik suara tidak akan pecah dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Adapun yang menjadi keunggulan aplikasi ini adalah tampilannya yang sederhana, terutama dari segi Graphic User Interface (GUI). Pilihan tools plugin-nya yang banyak adalah kelebihan lainnya dari aplikasi ini. Tidak cuma untuk rekaman, Audacity juga cocok untuk mengedit suara. Audacity sangat cocok dioperasikan di sistem operasi Windows, MAC OS, dan juga Linux.

2. WavePad Audio Editor

Dikembangkan langsung oleh NCH Software, aplikasi ini bisa merekam dan mengedit suara, musik, atau rekaman audio lainnya. Selain itu juga bisa memotong, menyalin, dan menempelkan rekaman suara dengan menggunakan aplikasi ini.

Bisa memberikan efek khusus untuk rekaman suaranya. Entah itu efek gema, efek samar, atau efek suara lainnya. Fiturnya sendiri terbilang cukup banyak. Audio Restoration, Spectral Analysis dan Batch Processing adalah tiga di antaranya.

Di luar negeri, aplikasi ini lazim dipakai untuk kebutuhan pendidikan. Hal ini terbukti dari penelitian yang menemukan kalau versi free trial aplikasi ini diunduh oleh banyak situs universitas ternama. Biasanya, aplikasi ini dipakai oleh mahasiswa untuk memanipulasi rekaman audio yang rumit. Seperti beberapa aplikasi lainnya, WavePad juga cocok untuk berbagai sistem. Entah itu Windows maupun Mac OS.

3. Adobe Audition

Luncurkan pertama kali pada tahun 2003, aplikasi Sultan dari Adobe ini terus melakukan perubahan. Berbagai fitur baru terus ditambahkan untuk membuat pengguna bisa membuat rekaman dengan sempurna termasuk menghasilkan lagu dengan kualitas premium.

Aplikasi bisa digunakan untuk melakukan perekaman suara dan berbagai jenis instrumen yang dibutuhkan. Selanjutnya rekaman ini akan digabungkan menjadi satu track baru yang sempurna. Aplikasi ini bisa membuat lagu dengan kualitas premium. Bahkan tidak perlu menggunakan studio musik karena hanya butuh mikrofon untuk melakukan perekaman konten. Selanjutnya semua track audio yang sudah dibuat bisa digabung dan diedit sesuai dengan kebutuhan.

Adobe Audition bisa dicoba gratis terlebih dahulu kalau memang belum yakin. Kalau memang suka bisa berlangganan mulai dari Rp300 ribu per bulan.

4. Sound Forge

Aplikasi ini memang dibuat untuk profesional atau semi profesional yang ingin membuat file rekaman dengan kualitas yang sangat sempurna. Selain itu data audio yang sudah direkam sebelumnya juga bisa langsung disunting dengan berbagai fitur menarik sehingga hasilnya lebih sempurna.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat lagu secara profesional. Bahkan tidak sedikit musisi dari berbagai dunia menggunakan alat ini untuk membuat karya seni sebelum dirilis kepada para penggemarnya. Karena ditujukan untuk kebutuhan profesional, jika ingin menggunakannya bisa beli secara langsung melalui situs resmi. Aplikasi ini dibanderol dengan harga sekitar USD399.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

5 days ago