HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mudah Untuk Mempercepat Startup Komputer

Startup merupakan proses yang harus dilalui oleh sebuah komputer,mulai dari pertama kali tombol power ditekan kemudian proses booting hingga akhirnya muncul ke tampilan sistem operasi komputer.Kadang proses startup menjadi sangat lama,apalagi ketika sedang membutuhkan komputer dalam waktu yang cepat.Biasanya waktu startup berkisar 1-5 menit bagi yang normal,namun ada komputer yang membutuhkan waktu lebih dari 5 menit untuk melakukan startup.Di artikel ini kita akan membahas tentang Cara Mudah Untuk Mempercepat Startup Komputer :

Penyebab proses startup menjadi lambat ?

Hal paling umum yang menyebabkan sebuah komputer lambat dalam melakukan startup yakni banyaknya program yang harus dijalankan saat startup.Selain hal tersebut,ada beberapa hal lain yang menyebabkan komputer menjadi lambat dalam melakukan startup,seperti :

  • Gangguan pada komponen internal komputer, seperti fan, processor, harddisk (Penyebab kerusakan harddisk), dan juga ram komputer.
  • Sistem operasi yang mengalami error dan corrupt.
  • Virus yang membuat kinerja komputer melambat.
  • Ada files atau system dan software yang terlalu berat sehingga membutuhkan waktu lama untuk di jalankan
  • Penggunaan aplikasi-aplikasi tidak penting yang tidak sengaja masuk ke dalam folder startup,seperti PC Suite,winamp,aplikasi tambahan, dan lainnya.

Bagaimana mempercepat startup komputer ?

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempercepat startup.Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat startup komputer :

Hapus program dan file tidak penting pada startup

Cara pertama untuk mempercepat startup komputer yakni menghapus dan mematikan program-program yang berjalan pada saat startup.Hal ini akan menghemat kapasitas memory yang akan digunakan sehinga membantu mempercepat startup pada komputer kalian.

Pada windows,kalian dapat mematikan fitur startup yang ada pada windows dengan cara :

  • Masuk menu RUN,bisa menggunakan tombol windows + R atau klik start lalu search,ketik Run lalu enter.
  • Setelah menu RUN muncul,ketik msconfig pada menu RUN, kemudian tekan enter.
  • Setelah itu akan dihadapkan pada window msconfig.Pilih tab startup.
  • Pada tab startup ada banyak pilihan software dan program yang akan berjalan pada saat windows melakukan startup.
  • Hilangkan tanda centang pada aplikasi dan software yang tidak penting,seperti winamp,dropbox dan program-program lainnya yang mencurigakan.
  • Setelah itu,restar komputer dan rasakan perbedaannya.

Menggunakan harddisk jenis SSD

SSD atau solid state drive merupakan teknologi baru yang merupakan pengembangan dari harddisk biasa pada umumnya.Solid state drive menggunakan chip untuk memaksimalkan fitur penyimpanan data komputer.Salah satu keuntungan menggunakan SSD adalah mempercepat proses booting dan start up karena SSD memiliki kecepatan membaca yang lebih tinggi dibandingkan dengan harddisk biasa pada umumnya.Hal ini membantu mempercepat startup pada komputer kalian menjadi lebih cepat antara 1-3 menit saja.Namun demikian,SSD memiliki harga yang cukup mahal.

Meningkatkan kapasitas RAM

Pengaruh RAM pada kinerja komputer sangat besar,Apabila komputer memiliki RAM dengan kapasitas hanya 1 GB, maka wajib melakukan upgrade, untuk kelancaran startup komputer.Namun apabila kalian memiliki komputer dengan kapasitas RAM lebih dari 2 GB dan tetap lambat dalam melakukan startup berarti komponen hardware di dalam komputer kalian mengalami masalah dan harus dicek.

Nonaktifkan fitur search index

Search index merupakan fitur yang dimiliki oleh kompter terutama sistem operasi windows yang ditujukkan untuk memudahkan usernya dalam melakukan pencarian file dan folder yang ada di dalam sebuah drive harddisk.Ternyata,fitur search index memberikan kontribusi dalam startup komputer yang lambat.Karena itu,melakukan penonaktifan fitur search index ini merupakan salah satu pilihan yang bisa digunakan untuk membantu mempercepat startup.

Berikut ini langkah untuk menonaktifkan fitur search index pada windows :

  • Buka windows explorer.
  • Pada bagian my computer Klik kanan.Pilih manage.
  • Pilih services and application dan pilih sevices.
  • Pilih option Windows Search,klik 2 kali untuk memunculkan jendela baru.
  • Pilih tab general, lalu pada bagian startup type pilih disabled.
  • Klik OK.

Menonaktifkan Aero Theme pada Windows Theme

Salah satu keunggulan yang diberikan oleh sistem operasi windows 7 yakni aero theme yang membuat setiap themes windows memiliki animation sendiri ketika terbuka.Meski menarik,namun hal ini tentu dapat memakan RAM sehingga menyebabkan proses startup menjadi lambat. Karena itu,kalian dapat mencoba untuk menonaktifkan fitur ini di dalam windows.

Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Masuk ke desktop,klik kanan pada desktop.
  • Pilih personalization.
  • Pada bagian bawah,klik Color.
  • Pada jendela color,hilangkan tanda centang pada bagian enable window transparency.

Menyesuaikan performa komputer dengan spesifikasi hardware

Terkadang kita seringkali mnyetel performa komputer kita tidak sesuai dengan kondisi hardware yang ditanam pada komputer. Karena itu, salah satu cara yang tepat untuk mempercepat startup komputer kita adalah dengan cara menyesuaikan performance sesuai dengan spesifikasi hardware yang dimiliki. Caranya mudah sekali, windows pada dasarnya sudah mensetting segala performance sesuai dengan kemampuan hardware komputer kita. anda hanya perlu memastikan semua performance dan sistem berada pada level recommendation.

Menonaktifkan User Account Control

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk membantu mempercepat startup komputer yakni dengan mematikan atau menonaktifkan fitur user account control pada windows.Untuk melakukan proses ini,terlebih dahulu kalian harus login sebagai administrator dan melakukan set permissions pada mode off.

Berikut ini langkah-langkah menonaktifkan user account control :

  • Klik start.
  • Lakukan search User account Control lalu klik enter.
  • Muncul jendela User account control.
  • Pada jendela tesebut,pilih User Account Control Settings.
  • Setelah muncul jendela User Account control Setting,kalian akan mendapati sebuah slider pada bagian kiri.Turunkan slider hingga posisi paling bawah yaitu Never Notify.
  • Klik OK.

Ini akan mematikan fitur user account control pada komputer,namun hal ini meningkatkan resiko berjalannya program-program yang tidak diinginkan tanpa sepengetahuan kalian,jadi cukup berisiko apabila tidak teliti.

Mematikan suara pada saat startup

Penggunaan suara pada saat melakukan startup sedikit banyak dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya startup dari sebuah komputer.Jadi, untuk mempercepat startup pada komputer,kalian bisa mencoba menonaktifkan fitur suara pada saat startup.

Berikut ini langkah-langkah untuk mematikan fitur suara pada saat melakukan startup :

  • Klik start lalu pilih control panel.
  • Pada bagian control panel pilih bagian sounds.
  • Setelah muncul windows Sounds,pilih tab bagian sound.
  • Setelah itu pada bagian bawah,hilangkan centang pada option enable system startup sound.
  • Klik OK.

Defragmentasi harddisk

Defragmentasi harddisk merupakan cara lainnya yang membantu mempercepat startup pada komputer.Cara menggunakannya pun cukup mudah.Fungsi dari defragmenter ini adalah untuk mengurutkan sistem file dan juga folder yang ada di dalam harddisk sehingga file menjadi lebih rapi yang membuat harddisk dapat membaca lebih cepat dan lebih baik.

Apabila harddisk dapat melakukan proses membaca lebih cepat,maka tentu hal ini akan menyebabkan proses startup komputer menjadi lebih cepat dan tidak lelet.Selain itu,hal ini juga akan meningkatkan efisiensi saat kalian akan melakukan pencarian pada drive-drive di dalam komputer.

Mengurangi fitur-fitur pada sistem operasi

Sebuah sistem operasi seperti windows,memiliki banyak sekali fitur-fitur tambahan yang menarik dan berguna.Namun sayangnya,fitur-fitur tersebut terkadang malah menyebabkan komputer menjadi lambat dalam melakukan startup.Karena itu,kalian bisa mematikan fitur-fitur tersebut.Seperti contoh diatas,kalian sudah mematikan fitur aero theme.Masih banyak lagi fitur-fitur pada windows yang bisa dinonaktifkan untuk mempercepat startup komputer.

Cek Kapasitas Harddisk

Cek Kapasitas harddisk kalian,jika sudah penuh sebaiknya menambahkannya karena ia juga dapat menjadi penyebab komputer sering hang hingga kesulitan dalam startup.Harddisk yang full memperlambat dalam indexing serta kinerja laptop.

Menggunakan satu antivirus

Antivirus yang berjalan pada komputer anda dapat mempengaruhi kinerja ram, karena biasanya ketika komputer dinyalakan biasanya antivirus juga akan ikut running yang dapat menyebabkan kinerja komputer pada saat di buka sangat lama. Cara satu satunya adalah dengan memilih 1 antivirus saja, dan mendisable antivirus tersebut ketika akan menyalakan windows/ startup.

Melakukan cleaning pada laptop dan komputer 

Faktor lainnya yang mungkin menyebabkan komputer menjadi lambat dalam melakukan startup adalah komputer yang menjadi kotor sehingga banyak perangkat keras yang tidak bekerja secara optimal.Untuk mempercepat,kalian bisa melakukan cleaning komputer dan laptop untuk performa dan juga startup yang lebih optimal secara rutin.

Demikianlah cara mempercepat startup pada komputer yang dapat kalian lakukan.Semoga tips ini bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

4 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

11 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

1 day ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

1 day ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago