HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Sistem Operasi Populer Untuk Game Tahun 2021

Sesuai dengan perkembangannya,dunia game dan konsol game baru yang mengesankan meningkat pesat.Pastinya banyak yang bertanya-tanya apa sistem operasi terbaik untuk bermain game ? Sebelumnya kita bahas sedikit mengenai Pengertian Sistem Operasi.

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi (OS) adalah berbagai perangkat lunak sistem yang menjalankan program,menjalankan perangkat keras dan bertindak sebagai kerangka kerja untuk komputer mana pun yang digunakan.Misal,semua Mac menggunakan macOS,OS yang dipatenkan Apple.Demikian juga,Microsoft menggunakan berbagai versi Windows dengan yang terbaru adalah Windows 10.OS memiliki aspek standar seperti penggunaan memori,jenis CPU dan lainnya.Di permukaan,kalian dapat melihat perbedaan mencolok antara sesuatu seperti Ubuntu dan macOS.

Jika hanya mementingkan kosmetik sistem operasi kalian,maka hanya perlu memperhatikan antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna. Tetapi jika ingin menjalankan sesuatu seperti Call of Duty : Black Ops Cold War atau Assassin’s Creed Valhalla,maka kalian akan membutuhkan sesuatu yang kuat daripada OS rinky-dink.Meskipun tidak persis seperti konsol,beberapa OS lebih dioptimalkan untuk bermain game daripada yang lain.

Sistem Operasi Terbaik Dan Populer Untuk Game 2021

 

Windows 10

Windows 10 merupakan versi terbaru Microsoft Windows.Dengan begitu,ini adalah iterasi yang lebih baik dari OS yang menyatukan beberapa aspek unik.Misal,pemain PC dapat sepenuhnya mengintegrasikan game dengan Xbox LIVE,memiliki dukungan pengontrol penuh dan banyak lagi. Windows 10 sangat cocok untuk mereka yang baru mengenal PC dan game PC.

Windows 10 telah meningkatkan hampir setiap aspek sistem operasi Windows dan mudah menjadi salah satu iterasi terbaik dari perangkat lunak Microsoft sejak masa kejayaan Windows XP. Dengan cara yang terjadi,kalian dengan mudah dapat melihat Windows 10 menjadi OS default Microsoft selama lebih dari satu dekade.Setelah beberapa tahun tahun berjalan,Windows 10 ada di lebih dari satu miliar perangkat Microsoft yang berbeda.

Harga

Windows 10 Home harga $ 139 sangat cocok untuk pengguna PC yang ingin mengejar ketinggalan zaman.Tidak ada yang salah dengan OS sebelumnya.Namun,dukungan penting dari Microsoft pada akhirnya dapat terputus dari kalian setelah beberapa tahun karena perusahaan mengalihkan fokus ke OS terbaru mereka.Jika kalian meningkatkan ke Windows 10,kalian harus memastikan bahwa CPU,GPU dan RAM semuanya diperbarui,karena ini mengoptimalkan PC kalian untuk potensi permainan yang luar biasa.

Karena Windows 10 tersebar jauh di dunia PC,harga bervariasi berdasarkan prosesor dan model PC.Kalian bisa mendapatkan desktop gaming murah atau laptop gaming Alienware senilai ribuan dolar.

Spesifikasi

Tidak perlu banyak untuk benar-benar menjalankan Windows 10 dan sudah diinstal sebelumnya di setiap perangkat Microsoft.

  • Prosesor:1 gigahertz (GHz) atau prosesor yang lebih cepat atau SoC.
  • RAM:1 gigabyte (GB) untuk 32-bit atau 2 GB untuk 64-bit.
  • Ruang Hard Disk:16 GB untuk OS 32-bit 20 GB untuk OS 64-bit.
  • Kartu Grafis:DirectX 9 atau lebih baru dengan driver WDDM 1.0.
  • Tampilan:1024 x 600 atau lebih.

Fitur Tampilan

Windows 10 menawarkan banyak penyesuaian dan penyesuaian fitur tampilan.Apabila ingin mengubah resolusi,ukuran teks atau skema warna tata letak,ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan.Terutama,kalian ingin menekan Mulai,pergi ke Pengaturan,Sistem (gambar roda gigi),lalu Tampilan.Dari sini,kalian dapat memilih skala dan tata letak,resolusi layar,orientasi tampilan dan mengatur monitor ganda jika kalian memilikinya.

Performa

Kinerja Windows 10 memang andal,terlepas dari kartu grafis atau CPU.Sekali lagi,ini tergantung pada model komputer yang kalian gunakan. Anda dapat memiliki laptop gaming MSI yang mengesankan, Intel Core i7 dan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX atau mungkin kalian memiliki komputer Dell dengan GPU,CPU dan hard drive terbatas tetapi kegunaannya luar biasa.Windows 10 sangat bagus untuk bermain game dan menjadi juara dalam hal OS game terbaik.

Windows 8

Windows 8 merupakan sistem operasi Micsprosoft sebelum yang sekarang.Karena itu,ini tidak sekuat Windows 10 dalam beberapa hal.Misal di Windows 8,kalian tidak memiliki versi lengkap DirectX yang tersedia untuk kalian.DirectX 12 hanya cocok untuk sistem operasi terbaru.Namun, perusahaan dan pengembang game masih mengembangkan game yang kompatibel dengan Windows 8, jadi jika kalian khawatir game itu akan usang, jangan khawatir.

Microsoft dan pengembang game secara teoritis dapat menghentikan dukungan untuk Windows 8 di masa mendatang.Meski tidak ada rencana untuk hal ini di masa depan,obsoletion merupakan kemungkinan asli.

Harga

Menginginkan Windows 8.1 harus membayar mulai dari $ 119,99 untuk dapat mengaksesnya.Jika kalian membeli PC saat ini,itu akan memiliki Windows 10 yang sudah diinstal sebelumnya,jadi kami tidak merekomendasikan langsung membeli OS lama yang berbeda,karena Windows 10 dioptimalkan untuk bermain game.

Spesifikasi

Spesifikasi minimum untuk menjalankan Windows 8.1 :

  • CPU:Beragam.
  • Kecepatan CPU:1 GHz atau prosesor yang lebih cepat.
  • RAM: RAM1 GB (32-bit) atau 2 GB RAM (64-bit).
  • Kartu Video:Perangkat grafis DirectX 9 dengan WDDM 1.0 atau driver yang lebih tinggi.
  • Pixel Shader:0.
  • Ruang Disk Gratis:16 GB tersedia ruang hard disk (32-bit) atau 20 GB (64-bit).

Fitur Tampilan

Perbaikan utama sistem operasi sebelum Windows 8 yakni penekanan pada dukungan penggunaan beberapa monitor.Tentu kalian memiliki semua opsi standar yang bagus untuk mengubah ukuran teks,skala semuanya,resolusi dan banyak lagi.

Performa

Kini,,kinerja PC yang beroperasi dengan Windows 8 bekerja dengan baik.Satu-satunya downside nyata untuk menggunakan Windows 8 yakni bahwa program grafis tertentu seperti DirectX tidak dapat berkembang melewati versi tertentu.Misal kalian tidak dapat menggunakan DirectX12 di Windows 8.Selain itu,kalian bisa bermain skate dengan memainkan game yang cukup mengesankan.

macOS

Penggemar berat Apple masih memiliki semangat dalam perlombaan.Meski Mac selalu memprioritaskan desain yang fantastis,pengoptimalan, dan antarmuka pengguna yang ramping untuk hal-hal seperti desain grafis,Mac menjadi lebih ramah gamer.

Harga

Satu-satunya cara untuk mendapatkan macOS yakni dengan membeli komputer Mac.Baik itu MacBook Air atau iMac Pro,kalian hanya dapat menggunakan macOS di produk Mac.Dengan mengingat hal ini,harga yang kalian bayarkan untuk macOS bergantung sepenuhnya pada produk Mac yang dibeli.

Misal,mungkin kalian dikenakan biaya lebih banyak untuk menggunakan macOS di MacBook Pro daripada MacBook Air.Hal ini membuat pembelian untuk sistem operasi sedikit lebih mudah daripada dengan Windows,karena pilihan kalian lebih terbatas dengan cara yang baik.

Spesifikasi

Berikut ini spesifikasi teknis untuk iMac,model desktop standar untuk komputer Apple :

  • Layar: Layar denganlampu latar LED 21,5 inci (diagonal).
  • Prosesor:3GHz. Intel Core i5 dual-core 2,3 GHz, Turbo Boost hingga 3,6 GHz.
  • Harga:$ 1.099. $ 1.299.
  • Memori:memori DDR4 2133MHz 8 GB.
  • Penyimpanan:1 256GB.
  • Gambar:Intel Iris Plus Graphics 640.
  • Video:Dukungan dan Kamera. Kamera FaceTime HD.
  • Audio:Speaker stereo.

Fitur Tampilan

Di sinilah kinerja macOS benar-benar mengungguli hampir setiap pesaing.Apple bangga dengan antarmuka pengguna yang luar biasa dan itu terlihat.Resolusi yang dapat diakses dengan macOS fantastis,halus dan jelas.Kalian memiliki otomatisasi kecerahan,penyesuaian skala dan tata letak,mode Night Shift,pengaturan transparansi dan kontras dan banyak lagi.

Performa

Mac bekerja dengan sangat baik,bahkan dengan game,macOS memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak kelas dunia semaksimal mungkin.Jika kalian mencari sistem operasi yang bagus untuk digunakan secara luas,macOS menjadi pilihan yang tepat.Namun,ini tidak ideal untuk game hardcore.

Ubuntu

Menjadi salah satu sistem operasi paling terkenal untuk Linux,Ubuntu perlahan membuat terobosan di dunia game.Dari tiga sistem operasi pusat,Windows,Mac dan Linux.Ubuntu mungkin yang paling lemah.

Namun perlu diketahui,dukungan game terus berkembang dan mungkin Linux dan Ubuntu akan menyediakan tempat yang aman bagi para gamer hardcore di masa mendatang.Ada aspek lain dari Linux, seperti Lakka yang bisa langsung meniru game konsol.

Harga

Mengikuti contoh Linux,Ubuntu selalu gratis untuk diunduh dan dioperasikan. Ini bagus untuk mereka yang menginginkan sesuatu yang berbeda dari Windows.Kerangka terbuka memungkinkan pengalaman komputasi baru yang unik dan menarik.

Spesifikasi

  • Prosesor: Prosesordual-core 2 GHz.
  • Memori:4 GiB RAM (memori sistem).
  • Penyimpanan:25 GB ruang hard drive (atau stik USB, kartu memori aatau drive eksternal,namun lihat LiveCD untuk pendekatan alternatif)
  • Grafik:VGA dengan kemampuan resolusi layar 1024 × 768.
  • Dapat berupa drive CD/DVD atau port USB untuk media penginstal.
  • Akses internet yang  membantu.

Fitur Tampilan

Ada beberapa fitur tampilan unik dan standar dengan Ubuntu.Kalian dapat mengubah suhu layar,latar belakang layar kunci,kecerahan layar dan dukungan monitor ganda.

Performa

Ubuntu tidak dioptimalkan untuk bermain game.Mesk9 dapat mengakses judul satu per satu,kalian tidak disarankan untuk membeli dan mengunduh judul tugas berat seperti Assassin’s Creed atau Watch Dogs : Legion terbaru.

Jika kalian seorang gamer hardcore,tentu tertarik pada salah satu sistem operasi Microsoft.Sementara beberapa yang lebih baru akan memotongnya dalam hal permainan,kalian harus benar-benar mempertimbangkan Windows 10 sebagai pilihan kalian.Ini adalah OS yang kalian pilih jika ingin memainkan game yang secara grafis mengesankanseperti Death Stranding,Red Dead Redemption 2 dan banyak lagi.Namun,jika kalian lebih tertarik dengan permainan kasual dengan antarmuka pengguna yang luar biasa,mungkin OS seperti macOS akan mencentang semua kotak pribadi kalian.

Dengan kesimpulan diatas,Microsoft Windows memang sudah menjadi andalan bagi para gamer kasual dan profesional selama beberapa dekade.Ap pun itu,kalian harus melakukan penelitian sendiri tentang preferensi game apa yang paling kalian sukai.Apa pun yang dipilih,kalian  selalu dapat bereksperimen dengan hal-hal seperti Ubuntu,Lakka,Fedora dan lainnya.agar kalian tidak terjebak dengan OS yang kalian beli.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

14 hours ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

16 hours ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

2 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

3 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago