HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Situs Belajar PHP Untuk Pemula

Pentingnya Belajar PHP

Berikut merupakan beberapa alasan pentingnya belajar PHP, yaitu :

1. Bahasa pemrograman populer

Website sebesar Facebook, Slack, hingga Wikipedia dibangun dengan bahasa pemrograman PHP. Popularitas bahasa pemrograman PHP memang sudah melegenda berkat performa yang cukup baik. Jadi, jangan ragu untuk mulai belajar PHP dari sekarang.

2. Komunitas besar

Dalam dunia teknologi peran komunitas sangat penting. Adanya komunitas yang solid akan membantu ketika menemukan masalah atau kendala yang sulit dipecahkan. Bahasa pemrograman PHP sendiri sudah terbukti memiliki komunitas yang solid dan tersebar di berbagai bahasa, sehingga lebih mudah untuk dibaca.

3. Peluang karir

Tercatat saat ini masih ada banyak perusahaan top global yang menggunakan website berbasis PHP. Sampai beberapa tahun kedepan akan dibutuhkan banyak programer PHP untuk mengurus dan mengembangkan website agar tetap relevan di tengah perkembangan zaman.

4. Fleksibel dan mudah digunakan

Ketika bicara soal proses pembuatan website, bahasa PHP relatif lebih mudah digunakan dibandingkan Java. Bahasa PHP juga tidak perlu di compile terlebih dahulu, sehingga program bisa langsung melakukan coding dan upload hasilnya ke server atau hosting agar bisa diakses melalui browser.

Aplikasi Penting untuk Belajar PHP

Berikut adalah aplikasi yang dibutuhkan untuk belajar PHP, yaitu :

  1. Text Editor seperti Notepad++ atau Sublime Text.
  2. XAMPP.
  3. Browser seperti Mozilla atau Google Chrome.

Pastikan tiga aplikasi tersebut sudah di install pada komputer, setelah itu dapat mencari salah satu sumber untuk mulai mempelajari PHP.

Tipe Data dalam PHP

Ketika belajar PHP harus mengetahui tipe data dalam PHP. Uraian berikut ini untuk mengetahui tipe data PHP :

  • Integer merupakan tipe data php yang berupa angka bulat seperti 1, 22, 100, 1000. Nilai integer bisa bernilai negatif, ditandai dengan “-” atau positif (tidak ditandai “-”).
  • Float atau memiliki nama lain floating point atau real number, merupakan tipe data yang memiliki bagian desimal di akhir angka. Dalam penulisan data float, penggunaan koma (,) diganti dengan tanda titik (.).

Contoh :

    • 3,24 (salah)
    • 3.24 (benar)
  • String yakni tipe data yang berisi teks dan karakter, bentuknya bisa kata atau kalimat.
  • Heredoc merupakan fitur yang berfungsi menuliskan string dalam beberapa baris sekaligus.

Situs untuk Belajar PHP

Berikut adalah situs yang dibutuhkan untuk belajar PHP, yaitu :

1. W3Schools

W3schools adalah salah satu situs belajar PHP terpopuler dan tertua yang ada di jagat dunia maya. Tercatat website W3schools sudah berdiri sejak bulan Maret 2000, jauh sebelum website populer di Indonesia.

Bagi yang sedang belajar pemrograman website, W3schools sangat cocok dan direkomendasikan. Pasalnya, pengunjung bisa bebas mempelajari materi dari dasar sampai expert. Adapun untuk materi belajar PHP, ada pengertian syntax, string, variabel, dan lain sebagainya.

Menariknya, setelah sesi materi dan praktek selesai, selain itu juga bisa menguji pemahaman dengan cara menjawab kuis dan pertanyaan yang tersedia.

2. Tizag

Tizag disediakan khusus bagi yang ingin belajar PHP dasar. Di dalamnya tersedia berbagai tutorial PHP, seperti cara menampilkan data dengan menggunakan variabel, cara menggunakan statement loop dan if/else, cara menggunakan POST dan GET.

Tujuan dari tutorial pada website tersebut adalah memberikan pemahaman kepada user untuk dapat melakukan kustomisasi script PHP yang sudah didownload melalui link yang sudah tersedia di tizag.

3. Codecademy

Codeacademy memiliki fitur tutorial PHP yang cukup menarik. Pada setiap tahapan dari tutorial, terdapat fitur penjelasan, code editor dan tampilan dari code yang dibuat. Dengan fitur-fitur tersebut bisa menjalankan script pada tutorial PHP Sehingga tanpa perlu menginstall web server di localhost. Hanya cukup memiliki koneksi internet dan web browser.

4. Learn-php.org

Learn-PHP.org adalah website yang menyediakan tutorial PHP interaktif. Hanya perlu memiliki koneksi internet dan belajar PHP sekaligus menjalankan script langsung di halaman yang sama. Karena code dapat dijalankan langsung tidak perlu memerlukan PHP terinstall di komputer. Hal ini akan lebih efisien ketika mempelajari PHP.

Di situs ini juga bisa menjadi kontributor dengan memberikan tutorial untuk pengembangan situs yang lebih baik. Learn PHP memberikan paket belajar secara gratis tanpa perlu membayar biaya berlangganan sepeserpun.

5. SoloLearn

SoloLearn menyediakan fitur yang cukup menarik untuk mempelajari bahasa pemrograman, salah satunya adalah PHP. Situs ini sangat cocok bagi yang ingin mempelajari PHP baik melalui perangkat desktop maupun mobile, karena sudah tersedia aplikasi mobile (Android & iOS).

Untuk bisa menggunakannya perlu membuat akun terlebih dahulu, bisa menggunakan alamat email, akun Google atau Facebook.

Seperti tagline nya “Learn Playing. Play Learning”, akan belajar sambil bermain melalui kuis interaktif yang tersedia.

6. Ilmuwebsite

Ilmuwebsite merupakan website belajar PHP untuk pemula yang menyediakan tutorial PHP dalam bentuk artikel dan juga ebook. Meskipun tidak memiliki fitur seperti website tutorial untuk belajar PHP sebelumnya, situs ini sangat cocok bagi yang ingin belajar PHP online dari situs dengan tampilan bahasa Indonesia.

Untuk jenis tutorial PHP yang disediakan pada website dan ebook, tersedia mulai dari tingkatan dasar sampai tingkat mahir.

7. Codecourse

Jika menyukai belajar menggunakan media video, Codecourse adalah tempat yang tepat untuk memulai belajar PHP. Terdapat course gratis dan berbayar yang dapat dipilih. Selain itu juga dapat belajar PHP online dari channel Youtube Codecourse.

Terdapat ratusan video belajar PHP dengan berbagai macam penerapan. Jika tertarik dengan bahasa pemrograman lainnya, Codecourse juga menyediakan video tutorial JavaScript, CSS, MySQL dan JQuery.

8. Udemy

Berbagai macam tutorial dapat ditemukan di Udemy. Selain itu juga dapat membeli video tutorial belajar coding PHP di website ini.

Udemy menyediakan video belajar pemrograman PHP secara berbayar dan gratis. Untuk mendapatkan tutorial yang gratis, cukup mencari tutorial dengan kata kunci “PHP” kemudian pilih filter dan checklist pada pilihan Gratis.

Saat ini terdapat 56 video belajar coding PHP gratis di Udemy yang dapat diakses untuk memperdalam kemampuan menguasai bahasa pemrograman PHP.

9. CodePolitan

Sebagai salah satu situs lokal, CodePolitan mampu menawarkan pembelajaran bahasa pemrograman PHP dasar melalui metode interactive coding. Bisa mempelajari bahasa PHP mulai dari konsep dasar, sintaks hingga algoritma dasar dengan urutan belajar yang terstruktur secara sistematis.

Untuk mengetahui hasil codingan, bisa langsung mencoba kode program melalui halaman tutorial interaktif sehingga tidak perlu install program di komputer lokal.

10. Duniailkom

Situs ini sebenarnya tidak secara khusus menyediakan modul pembelajaran seputar bahasa PHP. Namun bisa menggunakan tutorial seputar PHP, HTML, CSS, JavaScript, hingga MySQL di website ini secara gratis.

Website ini sangat cocok untuk pengguna pemula yang ingin belajar PHP menggunakan artikel Bahasa Indonesia. Jadi, tidak perlu capek menerjemahkan maksud pembelajaran agar lebih mudah dipahami.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

11 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

1 day ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago