HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Itu AWS ? Pengertian Serta Kelebihan Kekurangannya

Pengertian AWS

Amazon Web Services (AWS) merupakan sebuah layanan berbasis cloud computing yang dibuat oleh amazon dengan 175 layanan unggulan.AWS memiliki katalog besar dengan menyediakan penyimpanan cloud,menghitung daya,penyebaran aplikasi,manajemen akun pengguna,penyimpanan data,alat untuk mengelola dan mengendalikan perangkat serta apa saja yang dapat kalian pikirkan tentang kebutuhan bisnis.

AWS merupakan layanan yang tumbuh dalam popularitas dan kemampuan selama dekade terakhir.Salah satu alasannya yakni layanan yang handal dan aman.Netflix, Slack, dan Airbnb merupakan contoh pengguna AWS,mereka menggunakan Global Deployment untuk menjangkau pengguna di seluruh dunia.AWS merupakan pemimpin dan juga tidak sendirian dalam menyediakan produk dan layanan yang patut dicontoh.Baik Microsoft Azure dan Google Cloud menjadi 2 pesaing utama dalam layanan cloud computing.IBM juga merupakan penyedia cloud utama.

Ciri khas AWS yakni menggunakan infrastruktur cloud sendiri untuk memberi daya pada Amazon. com,situs web e-commerce paling populer.Konsol Manajemen AWS merupakan satu titik masuk ke sebagian besar layanan.Banyak di antaranya kompatibel satu sama lain dan berfungsi bersama.AWS membuka pintu ke banyak layanan dan produk untuk membantu bisnis mencapai tujuan mereka.

Sejarah Perkembangan AWS

AWS memang platform cloud computing yang komprehensif dan terus berkembang yang disediakan oleh Amazon dengan  mencakup campuran infrastruktur sebagai layanan (infrastructure as a service–IaaS),platform sebagai layanan (platform as a service – PaaS) dan paket perangkat lunak yang dikemas sebagai penawaran layanan (software as a service-SaaS).Layanan AWS dapat menawarkan alat organisasi seperti daya komputasi,penyimpanan basis data dan layanan pengiriman konten.

Tahun 2006 AWS diluncurkan dari infrastruktur internal yang dibangun Amazon untuk menangani operasi ritel online-nya.AWS yang pertama memperkenalkan model cloud computing yang mengatur skala untuk menyediakan kepada pengguna komputasi,penyimpanan atau hasil sesuai kebutuhan.

AWS menawarkan berbagai alat dan solusi untuk perusahaan dan pengembang perangkat lunak yang digunakan di pusat data hingga 190 negara.Kelompok seperti lembaga pemerintah,lembaga pendidikan,organisasi nirlaba dan organisasi swasta dapat menggunakan layanan AWS.

AWS dibedakan menjadi berbagai layanan dan masing-masing dikonfigurasi dengan cara berbeda berdasarkan kebutuhan.Pengguna harus melihat opsi konfigurasi dan peta server individual untuk layanan AWS.Termasuk untuk komputasi,database,manajemen infrastruktur,pengembangan aplikasi dan keamanan.Layanan ini,berdasarkan kategori,meliputi penghitungan,penyimpanan database,manajemen data,migrasi,cloud hybrid jaringan juga alat pengembangan, pengelolaan, pemantauan,keamanan,pemerintahan,manajemen data besar,analisis,kecerdasan buatan (AI),pengembangan ponsel,pesan dan pemberitahuan.

Fasilitas Dari AWS

AWS menyediakan layanan dari puluhan pusat data di zona ketersediaan di wilayah di seluruh dunia.Zona ini mewakili lokasi yang berisi beberapa pusat data fisik,sementara kawasan adalah kumpulan zona dalam kedekatan geografis yang terhubung oleh tautan jaringan latensi rendah.

Suatu bisnis memilih satu atau beberapa zona ketersediaan untuk berbagai alasan.Contoh : pelanggan AWS memutar mesin virtual dan mereplikasi data dalam zona berbeda guna mencapai infrastruktur yang handal dan tahan terhadap kegagalan server individu atau seluruh pusat data.

AWS dapat dibagi 2 produk utama,takni Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) dan Amazon Simple Storage Service (S3).EC2 yakni layanan yang menyediakan server virtual untuk kapasitas komputasi.

Layanan EC2 menawarkaN jenis dengan berbagai kapasitas dan ukuran yang disesuaikan dengan jenis dan aplikasi beban kerja tertentu,seperti pekerjaan yang intensif memori dan komputasi yang dipercepat.

AWS juga menyediakan alat Penskalaan.Oomatis untuk secara dinamis mengukur kapasitas untuk menjaga kesehatan dan kinerja yang baik. Sedangkan S3 menyediakan penyimpanan objek yang dapat diskalakan untuk cadangan data, arsip, dan analitik. Profesional TI menyimpan data dan file sebagai objek S3 agar tetap tertata.

Suatu bisnis dapat menghemat uang dengan S3 melalui tingkat penyimpanan Infrequent Access atau menggunakan Amazon Glacier untuk penyimpanan jangka panjang.Amazon Elastic Block Store menyediakan volume penyimpanan level blok untuk penyimpanan data yang persisten untuk digunakan dengan instance EC2,sementara Amazon Elastic File System menawarkan penyimpanan file berbasis cloud yang dikelola.Suatu bisnis apat memigrasikan data ke cloud melalui perangkat transportasi penyimpanan, seperti AWS Snowball dan Snowmobile, atau menggunakan AWS Storage Gateway untuk memungkinkan aplikasi di tempat mengakses data cloud.

Hal Apa Saja Yang Dapat Dilakukan AWS ?

AWS merupakan layanan cloud computing yang memungkinkan kalian untuk melakukan hal-hal berikut ini :

  • Menjalankan server web dan aplikasi di cloud untuk meng-host situs web dinamis.
  • Menyimpan semua file dengan aman di cloud sehingga dapat mengaksesnya dari mana pun.
  • Menggunakan database yang dikelola,seperti MySQL,PostgreSQL,Oracle atau SQL Server untuk menyimpan informasi.
  • Mengirim file statis dan dinamis dengan cepat di seluruh dunia menggunakan Content Delivery Network (CDN).
  • Mengirim email massal ke pelanggan.
  • Migrasi data cloud hybrid mencakup berbagai alat dan layanan yang dirancang untuk membantu memigrasi aplikasi,database,server dan data ke cloud publiknya.
  • Memberikan kontrol administrator atas jaringan virtual untuk menggunakan bagian terisolasi dari AWS cloud.
  • Mengembangkan perangkat lunak untuk menyebarkan dan mengelola aplikasi dan layanan.
  • Memungkinkan untuk membuat,mengelola dan memantau API khusus yang memungkinkan aplikasi mengakses data atau fungsionalitas dari layanan back-end.API Gateway mengelola ribuan panggilan API bersamaan sekaligus.
  • Menyediakan layanan transcoding media yang dikemas dan layanan yang memvisualisasikan alur kerja untuk aplikasi berbasis layanan-mikro.
  • Mengelola konfigurasi sumber daya cloud dan membantu menghindari penyebaran sumber daya cloud yang dikonfigurasi dengan tidak tepat dan tidak perlu.

Kelebihan dan Kekurangan AWS

  • Beberapa kelebihan AWS : perusahaan dapat menggunakan model programming,sistem pengoperasian dan database yang sudah ada.Hal ini akan sangat menguntungkan dan mempermudah perusahaan atau pelanggan.Kelebihan lainnya adalah biaya yang dikeluarkan terbilang efektif.AWS menggunakan sistem yang mewajibkan penggunanya hanya perlu membayar untuk apa yang digunakan bukan di muka atau terikat jangka panjang.Intinya,berbagai macam layanan berkualitas dari AWS ini dapat digunakan dan dinikmati dengan mudah.
  • Salah satu kekurangan dari Amazon Web Services (AWS) : jika membutuhkan layanan cepat dan mendalam,pengguna harus membayar.Tak hanya itu,AWS juga memiliki permasalahan teknis seperti kontrol terbatas dan perlindungan backup yang terkadang sulit diandalkan.

Nah itulah artikel pembahasan mengenai AWS,semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

3/5 - (3 votes)
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago