HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Berita

Rekomendasi Tools Membuat Infografis Terbaik

Pada artikel ini akan membahas tentang beberapa website gratis yang bisa digunakan untuk membuatnya, yaitu :

1. Canva

Canva adalah sebuah online tool yang mudah digunakan dan cukup lengkap untuk membuat berbagai macam grafis. Mulai dari brosur sampai presentasi, bisa memanfaatkan Canva untuk membuatnya. Selain itu, Canva juga memiliki koleksi images, icons, fonts dan fitur yang bisa dipilih.

Dapat membuat infografis dengan berbagai elemen desain dan font yang gratis dan ada juga elemen premium yang dapat dibeli dengan maksimal harga $1. Dapat mengakses Canva di browser atau download aplikasi Canva untuk bekerja secara mobile.

2. Piktochart

Piktochart adalah pilihan yang bagus untuk membuat jenis-jenis infografis yang berbeda. Bisa memilih dari beberapa format yang berbeda termasuk ukuran infografis yang tradisional (berbentuk vertikal), ukuran powerpoint (berbentuk horizontal), poster dan laporan.

Piktochart dapat membuat infografis dengan menggunakan kombinasi dari visual yang berbeda: tema, icon, vector, gambar dan grafik. Dengan drag-and-drop dan klik bisa membuat infografis berupa static atau html untuk di embed dalam website. PiktoChart tersedia dengan gratis serta ada juga yang berbayar, mulai dari Rp175.000/bulan.

Opsi Berbayar :

  • Lite: Rp175.000/bulan.
  • Pro: Rp340.000/bulan.
  • Pro team: Mulai dari Rp610.000/bulan untuk 2 orang users.
  • Nonprofit: Rp560.000/tahun untuk individual.
  • Education: Rp560.000/tahun untuk individual.

3. Easel.ly

Easel.ly adalah salah satu website yang paling mudah untuk membuat infografis. Saat ada di home page tool ini, yang perlu dilakukan adalah memilih satu dari banyak template yang mereka tawarkan atau “Start Fresh”. Mereka juga memberikan pilihan untuk memilih template sesuai kategori.

Setelah menemukan template yang disukai atau memilih untuk memulai dari awal, akan dibawa ke window baru dimana bisa mendesain infografis sebagaimana yang diinginkan. Easel.ly memiliki beragam tools seperti backgrounds, shapes, text, charts, dan lain sebagainya.

Easel.ly bisa diakses secara gratis atau dengan Akun Pro, mulai dari Rp60.000/bulan.

4. Infogram

Infogram menawarkan template infographics yang simple untuk digunakan. Setelah memilih template yang disukai, bisa mengedit elemen yang ada di halaman tersebut. Infogram adalah salah satu pilihan yang bagus jika ingin membuat statistik.

Cukup mengimport data mentah ke Infogram dan tool ini akan membantu mengubah data tersebut menjadi grafik atau infografis yang sangat luar biasa dan profesional dalam hitungan menit. Infogram tersedia secara gratis untuk akses publik atau dengan paket Pro, seharga dari Rp350.000/bulan.

5. Venngage

Venngage merupakan tool infografis online yang membantu membuat dan mempublish custom infografis, dan di saat yang sama, meng-engage viewer dan melacak hasilnya. Venngage bisa membuat infografis yang bagus untuk blog dan website dan bisa mendapatkan audience yang terus bertambah dengan menyediakan konten yang indah dan menarik ini.

Di bagian infografis juga akan menemukan opsi tambahan untuk dipilih yang cenderung membahas topik dan kategori infographics tertentu, seperti :

  • Statistical
  • Informational
  • Process
  • Comparison
  • Timeline
  • Geographic
  • Charts
  • Tutorial

Setelah menemukan template yang dibutuhkan, sudah bisa memulai mengkostumisasi grafis tersebut. Venngage juga memperbolehkan untuk memasukkan apa yang disebut dengan “Widgets”, dimana di dalamnya termasuk hal-hal seperti peta dan charts yang didasarkan pada info dan data spesifik yang ada di dalam infographics.

Venngage bisa dinikmati secara gratis atau dengan paket Premium, mulai dari Rp270.000/bulan.

6. Google Chart

Mungkin sudah mengenal tool yang satu ini, tapi tidak ada salahnya untuk mengulik lebih dalam tools asik untuk membuat infografik yang satu ini. Google Chart tools dari Google Developer sangat powerful, mudah digunakan dan gratis.

Dapat memilih dari berbagai grafik dan mengkonfigurasi serangkaian pilihan sesuai dengan tampilan dan nuansa situs. Dengan menghubungkan data secara real time, Google Developer adalah infographic generator yang sempurna untuk website.

7. Visme

Visme memungkinkan memberi pilihan untuk membantu membuat presentasi, animasi, mock-ups, banners dan tentu saja membuat infografis secara online.

Setelah melakukan login akan disambut dengan visual dari semua project (ruang akan kosong jika belum membuat project apa pun). Setelah itu bisa memilih tipe project yang ingin dilakukan. Tentu saja karena ini tentang infografis, dipilih infografis. Beberapa template hanya bisa digunakan jika menggunakan akun premium.

Kemudian akan bisa mendesain infografis dengan berbagai tools yang tersedia. Visme bahkan memperbolehkan membuat sebuah objek menjadi animasi. Visme bisa digunakan dengan gratis atau secara berbayar lewat paket Standard seharga Rp270.000/bulan.

Opsi Berbayar :

  • Standard: Rp270.000/bulan.
  • Complete: Rp550.000/bulan.
  • Team: Rp1.640.000/bulan untuk 3 users.
  • Enterprise: Sesuai permintaan.
  • Student: Rp420.000/semester.
  • Teacher: Rp840.000/semester.

8. Snappa

Snappa adalah salah satu tool desain terbaik yang tidak memiliki latar belakang desain tetapi ingin membuat gambar visual yang menakjubkan untuk dipublikasikan secara online. Tool ini mudah digunakan dan untuk dipelajari sehingga mereka dapat menawarkan hasil yang bagus. Snappa menawarkan template, koleksi gambar gratis, font, icon, hingga tools bawaan yang bisa digunakan saat membuat infografis dengan mudah.Keunggulan tool ini adalah bisa menggunakan banyak fitur penunjang yang ada meskipun tidak membuat akun Snappa yang berbayar. Karena kemudahan yang ditawarkan bahkan bisa membuat infografis dengan Snappa hanya dalam waktu 15 menit saja.

9. Biteable

Biteable adalah sebuah online tool gratis yang dapat membantu membuat sebuah infographic dalam format video. Penggunaan alat ini bisa sangat bermanfaat karena orang pasti lebih menikmati menonton karakter animasi sambil belajar. Manfaat dari video ini adalah pengetahuan dibagikan melalui cara yang menyenangkan. Mempermudah orang untuk memahami topik utama. Konten bisa disederhanakan dan membantu mengingat informasi yang dibagikan melalui video ini.

Cara menggunakannya dengan membuat akun gratis di platform, lalu dapat mulai dengan membuat video. Cukup memilih gaya animasi dari galeri template Biteable, mengedit teks dan warna, lalu menambahkan foto dan musik. Dapat memilih musik atau gambar dari perpustakaan mereka atau cukup mengupload file sendiri. Gambar yang bisa diupload harus berupa format PNG, JPEG, atau GIF kurang dari 3MB.

Biteable bisa didapatkan secara gratis atau dengan paket berbayar, Biteable Premium, seharga Rp410.000/bulan (termasuk video maker).

10. Mind the Graph

Mind the Graph adalah website pembuat infografis yang didesain untuk komunitas peneliti dan ilmuwan, tetapi penggunaannya terbuka untuk umum.

Website ini menawarkan lebih dari 3.000 ilustrasi ilmiah dan layout infografis yang dapat diubah sesuai kebutuhan. Sayangnya, pengguna gratis tidak berhak untuk menggunakan template infografis dari Mind the Graph. Artinya, harus mendesain infografis dari nol.

11. DesignCap

DesignCap adalah editor desain grafis yang dapat diakses secara online dan dapat membantu membuat infografis dengan cepat dan mudah. Hanya perlu memilih template sesuai kategori tema yang diinginkan. Setelah memilih template bisa langsung mengedit template tersebut dengan elemen, informasi dan kreativitas sendiri. DesignCap dapat diakses secara gratis dan misalkan ingin fitur premiumnya bisa upgrade akun gratis dan berlangganan dengan membayar sekitar UDR $ 4.99 per bulannya.

12. Vizualize.me

Dengan beragam template apik yang tersedia bisa mengubahnya sesuai dengan data yang ingin disajikan. Tinggal login, lalu sudah siap berkarya.

Visualize.me akan membantu untuk menciptakan “infografis resume” memukau hanya dalam satu klik. Lupakan tools ribet yang memusingkan. Dengan aplikasi ini dapat menampilkan visual cantik dengan cara yang paling simpel. Mantapnya lagi, semua fitur yang tersedia bisa diakses secara gratis tanpa dipunggut biaya sama sekali.

13. Timeline JS

Timeline JS akan menyediakan timeline yang mudah digunakan. Bisa menarik media dari beragam sumber dengan support built-in untuk Twitter, Flickr, Google Maps, YouTube, Vimeo, Dailymotion, Wikipedia, SoundCloud dan banyak lagi.

14. DesignWizard

Design Wizard adalah software desain grafis online yang dapat membantu membuat konten visual. Mereka menyediakan ribuan kerangka dan lebih dari 1 juta gambar yang dapat langsung digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Dengan konsep drag and drop tinggal memilih template mana yang ingin digunakan dan sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

4 hours ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

7 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

1 day ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

1 day ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

2 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

2 days ago