Anda tentunya tidak ingin blog anda sepi pengunjung. Anda tahu bahwa pengunjung menentukan kesuksesan blog anda. Semakin banyak pengunjung semakin sukses blog anda dan meningkat penghasilan atau beertambahnya jumlah pelanggan.

Beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan pengunjung blog, yaitu:

  1. Mengevaluasi Kecepatan Blog

Mengevaluasi kecepatan blog sangat penting. Jika terjadi kelambatan dalm mengakses blog, anda cari penyebabnya. Jika penyebabnya adalah hosting, silahkan anda pindah blog anda ke penyedia hosting lain agar blog anda lebih cepat diakses. Kecepatan blog berpengaruh terhadap peringkat blog di hasil pencarian Google.

  1. Membuat Postingan Yang Berkualitas Dengan Judul Yang Menarik

Postingan yang berkualitas harus memiliki judul yang menarik. Semakin menarik judulnya, maka semakin penasaran orang untuk membacanya. Hal ini akan berpengaruh pada pengunjung blog anda, yang ingin membaca arikel yang telah anda rilis.

  1. Menggunakan Media Sosial

Membuat artikel berkualitas saja tidak cukup untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung blog anda. Anda juga perlu memberitahukan orang-orang mengenai artikel yang anda buat. Disinilah media sosial dapat membantu anda. Semakin banyak postingan yang anda bagikan, semakin banyak pula teman-teman anda menunjungi blog anda.

  1. Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Email Marketing

Mengirim email langsung ke inbox subscriber ketika ada artikel baru adalah cara ampuh untuk meningkatkan pengunjung ke website. Disarankan anda mulai mengirimkan newsletter setidaknya satu kali setiap bulan ke subscriber website anda. Jika dirasa kurang, anda bisa meningkatkannya menjadi dua minggu atau satu minggu sekali. Jangan lupakan juga aspek manfaat dalam konten newsletter yang anda kirimkan. Blog post dan informasi berguna lainnya dapat anda masukkan disana dan bukan hanya seputar informasi diskon saja.

  1. Berinteraksi Dan Peduli Dengan Pengunjung

Jika blog anda adalah blog otoritas, maka anda harus berinteraksi dengan pengunjung. Caranya dengan membalas komentar atau email dari pengunjung. Seandainya blog anda masih sedikit pengunjung, jika anda peduli dengan pengunjung bukan tidak mungkin pengunjung yang sedikit tersebut bisa menjadi pintu gerbang untuk ribuan atau ratusan ribu pengunjung yang lain.

  1. Berkomentar Di Blog Orang Lain Dengan Baik

Sasarannya untuk menarik perhatian pemilik dan pengunjung blog tersebut untuk mengunjungi blog anda. Aktivitas ini akan menambah jumlah backlink ke blog anda.

  1. Aktif Di Forum

Forum juga bisa menjadi tempat untuk menjaring pengunjung. Carilah forum-forum yang sesuai dengan topic blog anda dan aktiflah di dalamnya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ataupun membuat thread-thread yang bermanfaat.

  1. Submit Artikel Di Situs Social Bookmarking

Selain terkenal sebagai salah satu cara untuk mendapatkan backlink gratis, situs social bookmarking juga dapat dijadikan sebagai sumber mendapatkan pengunjung di blog. Banyak blogger yang bisa mendapatkan ribuan pengunjung perharinya dengan mengandalkan situs social bookmarking.