HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pentingnya Riset Keyword YouTube Sebelum Membuat Konten

Bisa dikatakan perkembangan media tersebut sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Jangan lewatkan ini. Ini adalah cara paling efektif untuk riset keyword YouTube.

Cara Riset Keyword Youtube Menggunakan Aplikasi

Kesalahan umum baik pada website maupun konten YouTube adalah tidak melakukan riset kata kunci sebelum membuat konten. Masalahnya, jika tidak ada yang mencari kata kunci Anda, Anda tidak akan mendapatkan banyak viewer. Oleh karena itu, menjadi sangat sulit untuk menghasilkan traffic yang organic melalui media ini.

Kata kunci atau keyword adalah manfaat terpenting agar video Anda mudah ditemukan sebelum komunitas pemirsa terbentuk. Dan Anda sudah memiliki traffic yang mencari langsung nama saluran Anda. Untuk mencari keyword yang menarik khalayak banyak, Anda bisa menggunakan aplikasi riset kata kunci berikut ini:

Aplikasi Riset Keyword Youtube Gratis

  • SEMrush

Jika Anda baru dalam pencarian kata kunci, kami sarankan menggunakan alat seperti SEMrush untuk mulai menganalisis pesaing Anda. Alat ini memberikan informasi berdasarkan volume pencarian Google, namun setidaknya memberi Anda wawasan tentang topik yang dicari orang. Setelah Anda memiliki informasi ini, langkah selanjutnya adalah menggunakan SEMrush untuk mencari tingkat kesulitan kata kunci.

 

Singkirkan hasil pencarian teratas di Google dan terus gunakan kata kunci tersebut sebagai konten YouTube Anda.
Ini karena konten dengan banyak kata kunci mungkin belum tersedia di YouTube.

  • Keywords Everywhere

Keywords Everywhere adalah plugin Mozilla Firefox dan juga tersedia sebagai ekstensi Google Chrome. Keywords Everywhere memungkinkan Anda melihat search volume, CPC, dan kompetisi AdWords untuk kata kunci yang ingin Anda gunakan. Anda dapat menggunakannya tidak hanya di Google tetapi juga di YouTube.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Instal saja plugin ini di browser Anda. Cari saja kata kunci yang diinginkan di kolom pencarian Google atau YouTube. Data diatas akan otomatis muncul pada kolom pencarian. Anda dapat menggunakan data ini sebagai wawasan untuk membuat konten YouTube.

  • Keywordtool.io

Tidak ada alasan untuk meragukan bahwa aplikasi ini terbukti cukup ampuh untuk membantu Anda dalam riset kata kunci. Ini tidak hanya tersedia di Google, tetapi juga di Bing, Amazon, eBay, App Store, dan tentu saja YouTube. Aplikasi ini merupakan versi berbayar, namun Anda juga dapat menggunakannya secara gratis.

Namun, kelemahan menggunakan versi gratisnya adalah Anda tidak akan dapat melihat search volume, trend, CPC, dan competition. Saran kata kunci untuk kata kunci juga terbatas. Namun, Anda dapat menggunakan daftar masukan kata kunci yang ingin Anda gunakan dan membandingkannya dengan alat Keywords Everywhere yang disebutkan sebelumnya.

  • Google Trends

Google Trends juga bisa digunakan untuk mencari ide membuat konten YouTube. Cara terbaik untuk melakukan riset kata kunci di YouTube adalah dengan menggunakan Google Trends. Tidak hanya ampuh dan akurat dalam menemukan trend yang sedang dibicarakan dan dicari orang di dunia maya. Namun juga karena alat ini gratis.

  • VidIQ

VidIQ adalah salah satu aplikasi dengan fungsi riset kata kunci untuk YouTube. Anda juga dapat melengkapi data pencarian kata kunci yang Anda butuhkan berdasarkan negara tertentu.

Aplikasi ini merupakan aplikasi premium yang memberikan hasil analisis lebih detail. Namun, Anda dapat menggunakan versi gratis untuk mendapatkan gambaran umum.

Cara Riset Keyword YouTube Secara Manual

Selain aplikasi yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk mendapatkan ide kata kunci YouTube. Cara termudah adalah dengan menggunakan fitur koreksi otomatis kolom pencarian YouTube.

 

Misalnya, DomaiNeisians ingin mendapatkan ide kata kunci untuk “hosting”. Oleh karena itu, Anda mengetikkan kata “hosting” pada kolom pencarian, menambahkan spasi, dan mengetikkan karakter lain untuk mulai mencari kata baru.

 

Bagikan Channel YouTube Kamu Di Sini!

Jadi setelah mengikuti tutorial riset keywords YouTube di atas, sekarang saatnya memperkenalkan YouTube. Silakan beri komentar di bawah nama saluran Anda dan bagikan dengan orang lain ya. Semoga rekomendasi aplikasi ini dapat membantumu untuk membangun saluran YouTube. Semangat mencari cuan!

5/5 - (2 votes)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

6 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

10 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

1 day ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

1 day ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

2 days ago