HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

SCAM Alert : Pengertian dan Hal Yang Perlu Diwaspadai

Pengertian SCAM Alert

SCAM adalah sebuah tindakan manipulasi atau tipuan yang dilakukan oleh sebuah badan usaha atau perorangan dengan cara melakukan manipulasi guna mendapatkan kepercayaan dari orang lain. SCAM  sendiri dapat dilakukan melalui berbagai media salah satunya email.

Email penipuan atau email scam saat ini menjadi permasalahan serius di dunia cyber. Saat melakukan penipuan maka email-email ini seringkali melakukan penyamaran seperti menawarkan informasi yang seolah-olah penting dan menarik. Jadi perlu waspada sebab jika email sampai kepada penerima maka penerima bisa mengalami kerugian seperti kebocoran data (password, nama lengkap, tanggal lahir, data bank/kartu kredit) dan bahkan beberapa kasus kehilangan sejumlah uang.

Berbagai Macam SCAM

Berikut ini merupakan macam-macam SCAM, yaitu :

1. Phising

Phishing merupakan tindakan dalam rangka mencuri data pengguna, mulai dari biodata. Beberapa hal yang nantinya dicuri antara lain nama lengkap, tanggal lahir, alamat lengkap, nama ibu kandung, hingga nomor KTP. Email phishing ini biasanya menyamar sebagai bank atau institusi yang terkenal, lalu mengarahkan untuk konfirmasi data dengan cara klik link yang telah di cantumkan pada email.

Jadi supaya hal ini tidak sampai terjadi wajib berhati-hati karena pihak bank tidak pernah meminta konfirmasi data melalui email. Pastikan sebelumnya di konfirmasi konfirmasi melalui Call Center bank yang mengirimkan email agar terhindar dari penipuan. Pastikan nomor yang di hubungi adalah nomor asli instansi, bukan nomor yang dituliskan pada email scam.

2. Money Handling

Jenis lainnya dalam SCAM Alert tersebut bisa di temukan dalam Money Handling atau melibatkan pihak ketiga. Pihak ketiga ini bertugas menerima dana yang sebelumnya dicuri melalui email scam lain. Kemudian uang dipindahkan dari luar negeri setelah dikurangi dengan komisi. Dengan jumlah uang yang sangat besar tersebut akan mampu memberikan kepada lebih banyak keuntungan signifikan yang ada di dalamnya.

Pelaku penipuan ini seringkali mengaku bahwa ia memenangkan hadiah lalu membutuhkan bantuan orang lain agar uang bisa ditransfer/masuk ke rekeningnya. Dengan iming-iming jumlah besar dan berasal dari bank luar negeri.

3. Ebay SCAM

Jenis semacam ini akan menawarkan barang dengan harga yang jauh lebih murah dari yang ada di pasaran, sehingga orang langsung tertarik untuk membeli. Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan hal ini. Jadi perhatikan baik-baik jika melihat email semacam ini.

Modus email ini biasanya menyamar menjadi web ecommerce yang sudah memiliki nama besar, lalu mengirimkan email yang memuat link diskon atau kupon. Di mohon untuk berhati-hati saat akan klik link. Selalu lakukan cek kembali apakah promo tersebut benar adanya. Perlu memperhatikan dari ciri-ciri yang tampak seperti alamat dan nomor telepon.

4. SCAM Berkedok Undian

SCAM Alert lainnya yang juga perlu diketahui adalah yang berkedok undian didalamnya. Dari sini akan bisa melihat bahwa semua sebetulnya akan bisa di dapatkan dengan mudah. Tapi undian tersebut sebetulnya adalah sebuah trik untuk mengelabui korbannya supaya bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak. Tapi hal ini sebetulnya bisa di deteksi sejak awal. Caranya adalah dengan melihat ciri-cirinya dimana biasanya pihak pelaku akan melampirkan link yang mana nantinya akan bisa di klik oleh korban.

Dari sini sebaiknya SCAM Alert yang harus di ingat adalah untuk tidak mengklik email tersebut. Pasalnya jika mengkliknya maka itu bisa menjadi sebuah pertanda bahwa akan terkena penipuan didalamnya. Nantinya email semacam ini akan memiliki potensi yang signifikan untuk menggoda. Jadi harus hati-hati didalamnya agar tidak sampai tertipu. Dalam hal ini bisa melihat bahwa di dalamnya akan tersedia lebih banyak hal yang patut untuk di waspadai didalamnya.

5. Penipuan PayPal

Email penipuan yang mengklaim korban telah melakukan pembayaran ke akunnya, namun pemrosesan akan selesai setelah korban mengirim barang yang dijual ke alamat individu. Penipuan ini umumnya terjadi dalam menjual barang ke individu di luar negeri.

6. Spoofing

Email yang dikirim dari seseorang yang berpura-pura menjadi orang lain dikenal sebagai spoofing. Spoofing dapat terjadi dengan berbagai cara. Yang umum bagi semuanya adalah bahwa nama pengirim yang sebenarnya dan asal pesan dirahasiakan atau disamarkan dari penerima. Banyak contoh penipuan email menggunakan setidaknya spoofing, dan karena kebanyakan penipuan jelas merupakan tindakan kriminal, penjahat biasanya mencoba menghindari kemudahan penelusuran.

Bagaimana cara melihat kepalsuan

1. Petunjuk untuk menemukan dokumen palsu

Dokumen mudah dipalsukan. Beberapa akan terlihat seperti aslinya  tapi ada juga yang memiliki tanda peringatan, seperti :

  1. pemberian salam generik dan bukan salam pribadi.
  2. nama organisasi yang tidak ada.
  3. presentasi berkualitas rendah.
  4. tata bahasa dan ejaan berkualitas rendah.
  5. bahasa yang terlalu resmi atau memaksa.

Dokumen seperti jadwal penerbangan dan laporan bank memiliki tata letak sederhana dan tidak rumit, meskipun dokumen itu sah karena bisnis semacam itu memungkinkan pelanggan mereka untuk mencetak laporan online. Ini berarti dokumen semacam itu sangat mudah dipalsukan.

2. Petunjuk untuk menemukan email palsu

Para penipu dapat dengan mudah memalsukan email yang tampaknya resmi, menggunakan logo dan desain email yang sama seperti perusahaan sebenarnya.

Seringkali penjagaan turun ketika menerima email dari perusahaan yang pernah ditangani sebelumnya, seperti Australian Post atau situs belanja online yang digunakan. Jika tidak mengharapkan email, selalu waspada terhadap pemalsuan sebelum klik tautan atau membuka lampiran apa pun.

3. Petunjuk untuk melihat profil kencan palsu

Ketika melihat profil kencan baru, simaklah sesuatu yang tidak biasa tentang pilihan :

  1. Foto
  2. Lokasi
  3. Kegemaran
  4. kemampuan bahasa yang disesuaikan dengan latar belakang.

Penipu sering menggunakan foto palsu yang ditemukan secara online.

Tips : Lakukan pencarian gambar pengagum untuk membantu menentukan apakah benar-benar seperti apa yang dikatakan. Anda bisa menggunakan layanan pencarian gambar seperti Google atau TinEye.

Mencegah penipuan email

Penggunaan web bug yang meluas di email, hanya dengan membuka email berpotensi memberi tahu pengirim bahwa alamat yang dikirim sebuah email tersebut adalah alamat yang valid. Hal ini juga dapat terjadi jika email ‘dilaporkan’ sebagai spam dalam beberapa kasus seperti email diteruskan untuk diperiksa, dan dibuka, pengirim akan diberi tahu dengan cara yang sama seperti jika penerima membukanya.

Penipuan email dapat dihindari dengan cara sebagai berikut :

  1. Tidak menanggapi email yang mencurigakan.
  2. Menjaga kerahasiaan alamat email seseorang.
  3. Menggunakan filter spam.
  4. Memperhatikan beberapa kesalahan ejaan di badan email yang “tampak resmi”.
  5. Mengabaikan semua jenis email yang tidak diminta dan menghapusnya.
  6. Tidak mengklik link.
  7. Mengabaikan tawaran dari sumber yang tidak dikenal. Isi email bukanlah perjanjian formal atau mengikat.

Banyak penipuan tidak dilaporkan ke pihak berwenang, karena perasaan malu, bersalah, atau malu.

Di mana dapat menemukan bantuan

Jika kehilangan uang akibat penipuan atau memberikan informasi pribadi kepada seorang penipu, kemungkinan besar uang tidak akan kembali. Namun ada beberapa langkah yang bisa diambil langsung untuk membatasi kerusakan dan melindungi diri dari kehilangan lebih jauh.

1. Hubungi bank atau Credit union 

Jika telah mengirim uang atau informasi perbankan pribadi kepada penipu, segera hubungi bank atau credit union. Mungkin dapat menghentikan transfer uang atau cek, atau menutup akun jika penipu itu memiliki rincian akun.

Jika tidak yakin apakah terkena tipu, hentikan pengiriman uang itu. Para penipu akan terus meminta lebih banyak uang sampai berhenti.

2. Peroleh kembali identitas yang dicuri

Jika mencurigai adalah sebagai korban pencurian identitas, penting untuk bertindak secepat mungkin mengurangi risiko kerugian finansial atau kerusakan lainnya.

  • Menghubungi iDcare

Layanan gratis yang di danai oleh pemerintah yang akan bekerja sama dengan membuat rencana penanganan khusus bagi situasi dan membantu melalui prosesnya.

  • Mengajukan permohonan Commonwealth Victims’ Certificate

Sebuah sertifikat untuk membantu mendukung klaim bahwa telah menjadi korban kejahatan identitas, dan dapat digunakan untuk membantu membangun kembali kredensial dengan institusi pemerintah atau keuangan.

3. Laporkan penipuan itu kepada pihak berwenang

Dengan membuat laporan ke agen yang tersedia membantu mengidentifikasi para penipu dan memperingatkan orang lain tentang penipuan tersebut.

Jenis insiden Agen
Perbankan bank atau institusi finansiel Anda
Cybercrime Australian Cybercrime Online Reporting Network
Penipuan finansial dan investasi Australian Securities and Invesments Commission
Penipuan dan pencurian Polisi lokal Anda – hubungi 131 444

Di Victoria hubungi kantor polisi lokal

Spam Australian Communications and Media Authority
Penipuan terkait pajak Australian Taxation Office
Penipuan lainnya ACCC via Scamwatch

4. Peringatkan orang lain tentang penipuan itu

Jika penipu menghubungi untuk pertama kali melalui situs web, media sosial, melalui email atau telepon, hubungi perusahaan yang bersangkutan dengan rincian penipu itu. Laporan akan membantu mengambil tindakan untuk mencegah penipuan itu. Harus memperingatkan teman dan keluarga.

5. Gantilah kata sandi online

Jika menurut komputer atau perangkat telah diretas harus melakukan pemeriksaan sistem lengkap dengan menggunakan pemeriksa virus yang andal.

Setelah selesai harus mengubah semua kata sandi online yang telah digunakan dari komputer itu. Jika salah satu akun online (misalnya rekening bank, email, belanja online atau akun media sosial) telah disusupi, sebaiknya segera ubah kata sandi.

6. Hubungi agen pelindung konsumen setempat

Sementara ACCC adalah badan nasional yang menangani masalah perlindungan konsumen secara umum, agen negara bagian dan teritori juga dapat membantu.

7. Hubungi konseling atau layanan dukungan

Jika terkena penipuan berbicaralah kepada konseling, pakar kesehatan lokal atau orang yang di percaya. Bisa juga menghubungi salah satu layanan konseling atau pendukung berikut ini :

  1. Jika memerlukan dukungan dalam krisis, hubungi Lifeline pada nomer 13 11 16 24/7 atau kunjungi  http://www.lifeline.org.au
  2. Untuk informasi tentang dipresi atau kegelisahan hubungi beyondblue pada nomer 1300 22 4636 atau kunjungi http://www.beyondblue.org.au
  3. Telepon profesional gratis dan konseling online untuk siapa saja yang terkena dampak bunuh diri.
  4. Layanan konsultasi dan konseling telepon dan online untuk kaum muda berusia antara 5 dan 25 tahun.
  5. Dukungan telepon dan dukungan online, informasi dan rujukan untuk pria dengan masalah keluarga dan hubungan.

 

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.     

5/5 - (3 votes)
Risa Y

Recent Posts

Memahami SEO: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis yang Perlu Diketahui

SEO (Search Engine Optimization) mengoptimalkan kualitas konten Anda dari berbagai sudut pandang agar website Anda…

15 hours ago

Sangat Mudah! Begini Caranya Membuat Stiker WhatsApp

Halo Sobat Hosteko! Apakah Anda pengguna WhatsApp? Saat ini siapa yang tidak menggunakan WhatsApp? Mulai…

21 hours ago

Web Tidak Bisa Dibuka? Yuk Ketahui Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Website adalah teknologi buatan manusia dan tidak dapat menghindari masalah. Salah satunya adalah website tidak…

2 days ago

Panduan tentang TLD: Memahami Top-Level Domain untuk Website Anda

Jika sudah memiliki website, Anda pasti tahu betapa pentingnya nama domain untuk branding online. Namun…

2 days ago

Solusi Sederhana untuk Mengatasi Render-Blocking JavaScript dan CSS di WordPress

Kecepatan memuat website adalah salah satu faktor terpenting dalam menarik dan mengumpulkan pengunjung. Jika semuanya…

3 days ago

Begini Caranya! Langkah Menciptakan Login Form Dengan HTML dan CSS

Banyak orang yang familiar dengan istilah login form. Login form biasanya menyertakan inputan yang harus…

3 days ago