HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tentang Blogwalking Dan Manfaatnya

Dalam dunia blogging,istilah blogwalking sudah tidak asing lagi,karena sering dilakukan oleh para blogger.Disini kita akan membahas lebih dalam mengenai Blogwalking ini,mungkin diantara kalian ada yang belum mengetahuinya 😊

Langsung saja kita bahas tentang Blogwalking,mulai dari pengertian sampai ke manfaatnya.

 

PENGERTIAN BLOGWALKING

Blogwalking merupakan salah satu aktifitas blogging yang dilakukan oleh blogger dengan mengunjungi blog milik blogger lainnya.Aktifitas ini merupakan suatu kegiatan yang biasanya tercipta dari interaksi blogger blogger.Hal yang biasanya dilakukan oleh blogger dalam blogwalking adalah meninggalkan jejak kunjungannya dengan berkomentar, mengajak blogroll, mengajak saling follow dan sebagainya.

 

MANFAAT DARI BLOGWALKING

Tentunya kegiatan blogwalking ini memiliki manfaat,apa saja manfaat dari blogwalking

  • Menaikkan jumlah pengunjung blog

Dengan blogwalking maka jumlah pengunjung pun juga akan bertambah secara sedikit demi sedikit,karena kita yang aktif mengunjungi blog orang lain dan hal ini pun berimbal balik,mereka pun juga mengunjungi blog kita.

  • Menambah blacklink

Dengan blogwalking maka link yang masuk ke sebuah post, halaman atau website akan bertambah juga.

  • Mendapatkan rekan baru.

Dengan melakukan blogwalking maka kita juga akan mendapat rekan atau teman baru.Hal ini karena saat kita meninggalkan jejak kunjungan kita di blog yang kita kunjungi,maka kita juga akan berpeluang besar untuk mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog yang baru saja kita kunjungi tersebut,jika ini terjadi maka akan timbul rasa untuk follow,bertukar link (blogroll)dsb.Dan menambah rekan ini sangat memberi dampak positif bagi para blogger .

  • Menambah banyak pengalaman

Saat kita melakukan blogwalking maka kita pun juga akan belajar trik baru,kita bisa mempelajari bagaimana blog orang lain bisa menarik,kita bisa melhat dari sisi design,penulisan,dan isi konten,dan hal ini bisa dijadikan sumber inspirasi kita dalam mengembangkan blog kita.

  • Dapat melakukan promosi

Dengan blogwalking kita juga dapat mempromosikan blog atau produk,dengan memilah blog yang sekiranya bisa mempromosikan produk kita.

 

KERUGIAN BLOGWALKING

Meski banyak manfaat tapi sebenarnya blogwalking ini juga memiliki kerugian,berikut ini kita jabarkan :

  • Menurunkan Traffic organik

Sebenarnya blogwalking ini memang akan meningkatkan traffic,namun hanya traffic secara referal saja bukan secara organik hal ini karena jika kita tidak lama melakukan blogwalking maka traffic kita akan ikut menurun,jadi lebih baik jangan terlalu mengandalkan blogwalking karena itu tidak begitu menjamin,jadi lebih baik maksimalkan isi konten kalian dengan kreasi dan ide-ide cemerlang kalian sendiri.

  • Dianggap sebagai Tukang Spam

Jika kalian melakukan blogwalking pastikan kalian juga menjaga sikap dan perilaku kalian,dan jangan asal berkomentar saja,pastikan komentar kalian itu berbobot atau sesuai dengan isi konten .

 

Tips Melakukan Blogwalking yang Baik

Biasa saya melakukan blogwalking adalah dengan melakukannya sehari 10 blog.Berikut ada tips untuk blogwalking yang baik dan benar :

Beri Komentar yang Relevan

Memberikan komentar yang baik sesuai dengan topik,Hal ini penting untuk mencegah kalian memberikan komentar spam.Sebagai contoh, jangan berkomentar sekedar: keren sekali!Ini komentar yang biasa saja kurang berisi,Jika ada poin penting di dalam artikel yang bermanfaat, tunjukkan dalam komentar kalian atau beri pujian terlebih dulu kepada si penulis sebagai bentuk apresiasi kalian sebelum memberikan komentar.

 Pelajari Konten Mereka

Mempelajari struktur konten ketika blogwalking ini juga penting.Terutama, pada blog yang sudah populer,dengan melihat topik apa saja yang dibahas dan bagaimana informasi diberikan di setiap artikel. Jika ada beberapa kata kunci yang digunakan, catatlah untuk kalian pelajari lebih lanjut.Perhatikan juga frekuensi update konten mereka. Apakah posting dilakukan mingguan atau bulanan? Hal tersebut akan memberikan kalian informasi bagaimana sebaiknya menata konten kalian agar berkembang.

Carilah Blog dengan Jenis yang Sama

Memulai dari blog yang sesuai dengan jenis blog kalian.Bila kalian seorang healthy blogger, utamakan blogwalking ke blog dengan jenis kesehatan juga.Sebab,kalian bisa dengan mudah berbagi link jika relevan dengan topik yang dibahas.Pilihlah blog yang banyak dikunjungi atau bisa dibilang yang sudah populer.

Pakailah foto profil yang menunjukkan identitas online kalian

Foto profil yang akan muncul ketika kalian memberikan komentar di berbagai blog saat blogwalking. Jadi, pilihlah foto terbaik yang baik untuk menunjukkan kesan profesional kalian.

Dengan blogwalking kalian bisa menjadikannya strategi untuk mendapat inspirasi baru, memperluas jangkauan pertemanan di blog, dan melakukan promosi blog.Maka pergunakan blogwalking sebaik-baiknya maka kalian akan mendapatkan keuntungan didalamnya.

Group Blogwalking

Dengan perkembangan blogwalking yang semakin banyak,maka para blogger sudah semakin banyak yang membuat group-group yang bekerja sama untuk mengoptimasi link dari sebuah tulisan masing-masing blogger tersebut.Para blogger tersebut lalu memberi nama group blogwalking.

Untuk teknik blogwalking yang baik dan benar mereka para blogger menjelaskan bahwa harus memenuhi kriteria di bawah ini yaitu :

  • Bertanya dan kritik dengan bahasa yang tidak singkat, agar tidak terkesan menyinggung pemilik blog.
  • Saling konfirmasi antara sudah memberikan komentar, dan approved comment. Fungsinya mengingatkan teman untuk melakukan tugasnya.
  • Serius dalam memberikan komentar.Wajib dibaca link tulisan teman, agar benar-benar baik dan relevan komentar yang kita berikan (terbantu view/menitnya) sehingga bagus bounchrate kita. Kalau selama ini terbiasa dengan group lain yang komen singkat, upayakan di group ini kita berlakukan hal beda,yakni harus aktif.
  • Jangan ngambang dan tak berbobot. Artinya tidak menjalankan Point 3 sehingga komentarnya: salam kenal,good, sukses,hanya pakai emoticon, keren tulisannya kak, blogwalking balik ya. Tanpa ditambahi dengan komentar yang relevan.

Berikut ini contoh dari ketentuan di group blogwalking yang saya tahu :

  • Wajib aktif melihat group.
  • Wajib isi komentar dari link yang dikirim di group.
  • Sebelum meletakkan link,peserta group wajib Blogwalking terlebih dahulu di blog link yang lain. Karena itu masuk dalam ketentuan Point 2.
  • Tidak ada batas waktu, namun,wajib menyelesaikan Point 1,2,3.
  • Kalau terkendala untuk blogwalking,harus memberi kabar di group.
  • Bagi yang tidak sertakan link, wajib Blogwalking.
  • Minimal kata di komentar, sesuaikan dengan Point Dua.

Spam Nilai Tinggi Karena Blogwalking

Ini disebabkan karena blogwalking yang terlalu sering dan juga karena melakukan blogwalking di blog kawan yang tinggi spam scorenya.Maka hal ini bisa membatasi aktivitas blogwalking tentunya.Kenapa hal ini bisa terjadi ? karena untuk membatasi semakin tinggi spam Score dari blog mereka. Karena,setiap melakukan blogwalking ke blog teman lainnya,tentunya menitipkan link blog di kolom komentar.

Jadi,mengenai bagaimana menyikapi blogwalking, maka tetap melakukannya. Namun, tetap memperhatikan beberapa kaidah seperti di bawah ini :

Cek Spam Score

  • Ketikkan di Google : cek spam score. Maka keluar link, salah satunya :websiteseochecker<< klik.
  • Masukkan, alamat blog yang mau diketahui berapa jumlah matriks dari spam scorenya.

  • Setelah itu,keluar hasilnya (terlihat pada gambar di bawah) :

  • Pada kolom SS : 1% jumlah dari spam score. Masuk kategori yang aman.
  • Blog yang tidak baik nilai spam score nya adalah, SS : 50% ke atas
  • Biasanya sebelum melakukan blogwalking,terlebih dahulu cek SS dari blog target yang mau disisipkan komentar. Kalau aman, maka lanjutkan dan berkomentarlah dengan baik dan benar.

Jika sudah terlanjur Spam Nilai nya tinggi?Lantas bagaimana cara menurunkannya?

  • Buka satu per satu link yang mengandung spam score.
  • Kami buka dari Moz, untuk melihat persen dari Spam Score nya.
  • Contoh gambar  :

  • Kumpulkan di dalam satu noted dengan format file(sesuka kalian).
  • Di bawah ini tertera contoh persen dari Spam Score blog yang sangat tinggi. Dan harus dihapus.

  • Lalu, masuk ke lalu pilih dan ketikkan website yang akan dihapus backlink yang tinggi spam score nya.

  • Klik Menolak Link.

  • Upload dan pilih file yang sudah disimpan dengan format .txt tadi.
  • Lalu, klik kirim.Dan selesai.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat ya 👌😊

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

6 hours ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

10 hours ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

1 day ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

1 day ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

2 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago