HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Shortlink dan Safelink: Pengertian, Manfaat & Cara Kerjanya

Blog umumnya dipahami sebagai situs web, biasanya dijalankan oleh penulis yang berbagi pengalaman pribadinya. Biasanya blog dilengkapi dengan gambar dan link website. Para blogger dan pengguna blog paham betul dengan istilah shortlink dan safelink. Namun akan berbeda bagi orang awam yang pastinya belum paham tentang blogging. Sebenarnya shortlink dan safelink itu sama, hanya cara kerjanya saja yang berbeda. Tautan pendek adalah versi URL yang disederhanakan. URL yang panjang kemudian dapat diciutkan dan diperpendek. Sedangkan Safelink dapat memudahkan pengguna sehingga tidak perlu lagi membuat URL baru untuk mengakses suatu link.

Pengertian Shortlink dan Safelink 

1. Shortlink 

Shortlink merupakan layanan yang biasa digunakan para blogger untuk memperpendek URL sehingga membantu pengguna dengan mudah mengingat link atau URL yang panjang di blog. Namun, pengguna tautan pendek seringkali tidak hanya menyediakan fungsi pemendek URL tetapi juga memungkinkan pengguna menghasilkan uang. Ada beberapa teknik memperpendek alamat URL yang jelas merupakan teknik di World Wide Web dimana Uniform Resource Locator atau URL dapat dibuat dengan menggunakan metode yang lebih singkat. Dan tentunya selalu mengarah ke halaman yang diinginkan.

Banyak situs web menawarkan layanan tautan pendek, sering disebut URL pendek. Misalnya ada shortest, adfly, bitly dan masih banyak lagi. Untuk melihat cara kerjanya, tahap pertama pengguna harus memiliki URL asli dari blog yang ingin dipersingkat URL-nya. Anda kemudian dapat memilih jenis situs tautan pendek, seperti Bitly dan lainnya. Setelah menggunakan bitly, tautan panjang asli bisa menjadi pendek dan nyaman.

2. Safelink 

Safelink merupakan website yang dibuat untuk mengarahkan pengguna dari halaman awal menuju website tujuan. Safelink sendiri dapat mempermudah karena Anda tidak perlu membuat URL baru untuk setiap link yang Anda kunjungi. Sementara itu, tautan yang diperpendek masih perlu membuat URL secara manual. Anda juga tidak perlu memasukkan kata sandi URL untuk layanan tersebut karena Anda hanya perlu menginstal skrip yang secara otomatis ditempatkan di widget.

Setiap URL baru akan segera dimuat ke SafeLink. Pengguna tidak perlu membuka link yang diperpendek, misalnya link yang diperpendek, namun sebaiknya hanya menggunakan link aslinya. Pada awalnya Safelink Blogger hanya digunakan untuk mendukung dan memperpendek URL atau link. Namun dengan berkembangnya teknologi Safelink, Blogger telah menjadi tempat dimana orang dapat menghasilkan uang. Salah satu layanan yang ditawarkan Safelink Blogger adalah sistem pembayaran berdasarkan cost per mile atau biasa dikenal dengan CPM.

Manfaat Shortlink dan Safelink 

1. Manfaat menggunakan shortlink 

  • Alamat URL bisa dibuat lebih pendek
  • Tautan afiliasi dapat disembunyikan agar tidak terlihat seperti spam
  • Dapat melacak jumlah klik yang mengarah ke tautan langsung
  • Dapat melindungi tautan asli agar tidak diblokir di sistem jejaring sosial sebagai spam
  • Dapat membantu mendapatkan uang lebih banyak

2. Manfaat menggunakan safelink 

  • Walaupun tidak berbayar, safelink ini dapat memungkinkan para pengguna untuk dapat menempatkan iklan adsense pada halaman situs. Hal ini akan berarti bahwa bila sebuah situs website telah menggunakan adsense maka situs safelink nya dapat memasang sebuah id iklan sama. Dan secara tidak langsung nya Anda dapat mendapatkan penghasilan dari adsense ini sebesar dua kali lipat.
  • Bila halaman dari shortlink ini terlihat menjadi sangat mengganggu seperti iklan popup, floating, popunder, shadowbox dan masih banyak lagi. Maka dari halaman safelink ini dapat terlihat menjadi sebuah halaman konten yang sangat biasa dimana dilengkapi dengan sebuah button lanjutkan.
  • Penghasilan iklan yang sudah terpasang pada halaman safelink menjadi lebih transparan dimana Anda dapat memantau dengan secara langsung melalui dashboard akun.
  • Safelink dapat memiliki URL yang sangat dapat disingkat dan ada beberapa macam plugin yang dapat mengotomatisasi dalam pembuatan halaman di safelink
  • Penggunaan halaman di safelink akan dapat membantu dalam menghemat waktu, pikiran dan juga tenaga. Bayangkan saja bila Anda mengelola website atau blog ilegal yang di dalamnya menyediakan sekitar sepuluh buah link download di setiap postingannya. Bila menggunakan shortlink maka akan sangat melelahkan dalam menyingkat alamat URL secara satu persatu.

Cara Kerja Shortlink dan Safelink 

Diketahui bahwa shorted link ini merupakan salah satu alat pemendek URL yang tergolong sangat mudah digunakan oleh pengguna. Hal ini dimungkinkan karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun dan uangnya akan Anda terima nantinya. Namun, ada kekurangan dari tautan yang dipersingkat ini.

Jika Anda ingin mempersingkat URL, Anda harus memasukkannya secara manual atau memasukkannya satu per satu ke halaman yang dapat memperpendek URL. Dan Safelink sendiri akan cukup sulit dan memerlukan biaya yang cukup besar. Mulai dari nama domain, layanan hosting dan juga script yang harus digunakan dalam struktur hosting. Kelebihan Safelink adalah Anda tidak perlu lagi membuat URL baru di website atau blog Anda.

1. Cara kerja shortlink 

  • Dapat membuat URL yang baru di website pemendek alamat URL
  • Menaruh alamat URL yang telah dipendekkan di dalam artikel
  • User dialihkan ke website yang di dalam nya berisi iklan dimana iklan tersebut berasal dari sebuah situs yang untuk memendekkan URL
  • User mengklik
  • User biasanya akan menunggu sekitar 5 detik lalu dapat mengklik skip ads
  • Akan muncul 2 pop up yaitu popcash dan juga poptm
  • Setelah selesai close pop up maka Anda akan dialihkan ke sebuah situs yang Anda tuju
  • User akan mendapatkan yang dicari

2. Cara kerja safelink

  • Anda dapat mengambil URL asli atau URL situs tujuan
  • Anda dapat menaruh URL asli atau URL situs tujuan
  • User dapat mengklik URL asli atau URL tujuan
  • User otomatis langsung redirect di safelink
  • User diberikan sebuah link lanjutan untuk ke situs tujuan
  • User telah mendapatkan yang di cari

Setelah mengetahui kelebihan dan manfaat short link dan safe link, penggunaan kedua teknik ini sebenarnya memiliki beberapa kekurangan. Misalnya, blogger percaya bahwa menggunakan tautan pendek dapat memperlambat URL yang diklik pengguna. Seperti pendapat beberapa blogger, penggunaan tautan pendek justru memperlambat akses ke URL yang Anda klik.

Memang pengunjung akan terlebih dahulu mengunjungi website short link tersebut, kemudian secara otomatis akan diarahkan ke link aslinya. Proses ini dikatakan memperlambat akses ke situs web. Belum lagi, jika website shortlink bermasalah, pengunjung pasti tidak bisa menavigasi ke URL yang dipersingkat untuk menuju ke link aslinya. Kelemahan dari Safelink adalah penggunaannya jelas tidak gratis, karena Anda harus membayar sedikit biaya untuk hosting, nama domain, dan lain-lain. Menggunakan Safelink juga mungkin dilarang oleh Google Adsense. Memang memasang iklan di Safelink dianggap melanggar peraturan yang telah ditetapkan Google.

Short link dan safe link sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, Anda bisa memilih salah satu pilihan yaitu short link atau safe link. Jika Anda ingin mencoba menggunakan shorted link, jangan ragu dan sebaliknya. Misalnya ingin yang gratis, gunakan link yang pendek, namun cukup sulit karena entri harus dilakukan secara manual. Sedangkan jika ingin pembayaran lebih dan efisiensi, Anda bisa menggunakan Safelink. Perhatikan bahwa risiko akun Adsense Anda diblokir adalah yang paling besar.
5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

8 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

12 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

1 day ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

1 day ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

2 days ago