HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Slack : Pengertian, Kelebihan Dan Kekurangnnya

Beberapa pekerja kantoran mungkin sudah familiar dengan aplikasi Slack. Slack adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh karena berperan dalam komunikasi internal tim. Adanya aplikasi Slack memudahkan sebagai pekerja untuk berkomunikasi mengenai berbagai hal terutama masalah pekerjaan.

Tidak heran, banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi ini sebagai sarana komunikasi tim. Dengan Slack dapat membuat departemen kerja di grup sendiri, yang sangat mudah.

Pengertian Slack

Seperti yang disebutkan di atas, jika ada pertanyaan atau hal lain yang ingin didiskusikan, aplikasi Slack berperan penting dalam berkomunikasi di dalam tim. Slack adalah aplikasi yang digunakan sebagai alat komunikasi di tempat kerja. Dapat mengirim pesan, file, dll di satu tempat.

Artinya Slack merupakan aplikasi instant messaging yang sangat berguna bagi para pekerja kantoran khususnya pekerja kantoran. Di Slack dapat menggunakan dua metode obrolan, yaitu :

  • Saluran (obrolan grup).
  • Pesan langsung (pesan langsung).

Tampilan dari aplikasi Slack sendiri cukup enak dipandang sehingga para pengguna mudah untuk menggunakannya.

Ada empat hal utama yang perlu diperhatikan di dalam Slack, yaitu :

  • Nama organisasi kendur.
  • Daftar saluran tempat menjadi anggota.
  • Daftar orang di DM.
  • Jendela obrolan.

Saat ingin menggunakan Slack untuk proxy, nama proxy akan disertakan dalam URL Slack itu sendiri.

Slack memang bersifat publik. Setiap anggota dapat bergabung dengan saluran besar. Namun, dapat membuat lebih banyak saluran untuk departemen. Misalnya, jika adalah anggota departemen kreatif, maka dapat membuat saluran departemen kreatif dan mengundang anggota.

Apakah Slack Gratis?

Slack memberi pengguna berbagai tingkat fungsionalitas. Ada yang gratis, ada yang berbayar. Menurut laporan dari Business Insider, untuk versi gratis Slack dapat menyimpan hingga 10.000 pesan terbaru dan menambahkan beberapa orang ke saluran Slack.

Namun, ada juga Slack dengan paket berbayar sehingga dapat menikmati fitur-fitur canggih lainnya dari Slack. Dari laporan Slack, mereka menyediakan tiga paket berbayar, yaitu paket standar, paket plus, dan paket enterprise grid.

Untuk paket standar harus membayar Rp. 99.000 setiap pengguna aktif per bulan. Dalam paket ini, fitur aplikasi Slack yang didapatkan adalah pengarsipan pesan tanpa batas, panggilan grup dengan berbagi layar, saluran bersama, dll.

Sedangkan untuk paket plus harga yang harus dibayarkan adalah Rp 186.000 per pengguna aktif per bulan. Dalam paket ini akan mendapatkan 20 GB ruang penyimpanan untuk setiap anggota, akses ke seluruh riwayat pesan, dan banyak lagi.

Kemudian, khusus untuk paket enterprise grid, jika membeli paket harus tersebut terlebih dahulu menghubungi tim penjualan Slack. Dengan melihat berbagai paket tersebut dapat menentukan paket Slack yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Mengapa Slack penting?

Tujuan lain dari Slack adalah untuk menyederhanakan komunikasi di tempat kerja. Terlalu banyak aplikasi perusahaan yang berpikir kaya fitur adalah cara maju daripada berfokus pada kegunaan. Slack memberikan kegunaan terlebih dahulu dan kemudian fitur apa pun yang diinginkan. Potensi penghematan produktivitas dengan menggunakan Slack sangat besar.

Ambil skenario tipikal, jika ingin mengirim lampiran ke atasan untuk ditinjau. Biasanya akan menulis email, melampirkan dokumen dan mengirimkannya. Server email akan membuat salinan untuk diarsipkan dan mengirim salinan lain ke atasan. Meskipun mungkin butuh beberapa detik, itu cukup banyak di atas kepala. Plus harus mengetik email, beri tahu atasan apa lampiran itu dan seterusnya.

Kendur di sisi lain membuat pekerjaan yang sama hanya hitungan detik. Temukan bos di saluran Slack, lampirkan file, Slack secara otomatis menghasilkan deskripsi jika bisa dan tekan kirim. Hanya itu saja dapat melakukan hal yang sama dengan URL yang rapi. Tempel di URL dan Slack otomatis menambahkan deskripsi.

Kelebihan Aplikasi Slack

Akan ada banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan apabila menggunakan Slack sebagai alat komunikasi dalam perusahaan. Salah satu keuntungan dari aplikasi Slack adalah dapat dijangkau oleh banyak orang.

Dilansir dari The Balance SMB, berikut keuntungan yang didapatkan, yaitu :

1. Komunikasi instan

Tidak bisa dipungkiri, dengan menggunakan Slack dapat menjalankan komunikasi yang instan dengan rekan kerja di kantor. Pasalnya, Slack dapat terhubung di semua perangkat, baik laptop/komputer ataupun handphone. Dengan begitu, setiap orang tentu mudah dalam menjangkaunya. Bisa men-download Slack melalui desktop atau di Google Play Store dan App Store apabila ingin menggunakan Slack lewat handphone.

2. Dapat berbagi file

Dapat membagikan berbagai file di Slack, seperti file spreadsheet, presentasi, maupun file lainnya melalui Slack. Dengan demikian tidak perlu repot-repot lagi membagikan file ke alamat email masing-masing anggota. Lewat Slack, nantinya anggota yang berada di dalam channel juga dapat mengomentari file tersebut.

3. Ada notifikasi pemberitahuan

Tidak perlu khawatir jika tidak mengetahui update terkait informasi perusahaan atau departemen. Slack menyediakan notifikasi pemberitahuan bagi para penggunanya sehingga mereka mengetahui jika ada pesan yang masuk.

Kekurangan Slack

Meski memiliki keunggulan aplikasi Slack juga memiliki kekurangan, di antaranya adalah :

1. Bersifat adiktif

Slack memang dilengkapi dengan fitur-fitur media sosial seperti emoticon dan notifikasi pemberitahuan. Hal ini dapat menimbulkan ketagihan bagi para pengguna sehingga terkadang mereka lebih sering membuka Slack ketimbang menyelesaikan pekerjaan.

2. Pesan terkubur dengan cepat

Saat sedang mempunyai sebuah proyek dalam satu perusahaan, maka akan terjadi percakapan yang intens di dalam Slack. Dengan keadaan seperti ini, maka pesan-pesan penting akan cepat terkubur dan sulit untuk ditemukan. Bisa menggunakan fitur search untuk mencarinya, namun tidak mudah untuk menemukan pesan-pesan yang penting.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

17 hours ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

21 hours ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

2 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

2 days ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

3 days ago