HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Google Penguin Serta Fungsinya

Google Penguin menjadi salah satu algoritma yang dikeluarkan Google untuk menghukum website atau blog yang melanggar Google Webmaster Guidelines.Pedoman webmaster ini menjadi landasan untuk membuat website yang sesuai dengan aturan Google sehingga website kalian lebih mudah ditemukan,di indeks dan mendapatkan peringkat.

Google sangat menyarankan bagi para webmaster berpedoman pada panduan ini,tetapi nyatanya banyak para webmaster yang melakukan segala cara agar dapat instan mendapatkan peringkat di SERP Google.Akibatnya website mendapatkan hukuman dari Google,salah satunya dihapus dari indeks Google.Supaya tidak menjadi korban selanjutnya,berikut ini artikel pembahasan lengkap tentang pengertian Google Penguin,fungsinya,cara menghindari dan dampaknya bagi SEO.

Pengertian Google Penguin

Google Penguin merupakan nama kode untuk update algoritme Google yang pertama kali dikeluarkan pada tanggal 24 April 2012.Pada update ini Google Penguin mampu menurunkan peringkat di mesin pencari untuk situs yang melanggar Panduan Webmaster Google.Peluncuran awal Google Penguin menimbulkan dampak 3,1% dari permintaan pada mesin pencari bahasa Inggris.

Berkembang dari waktu ke waktu dan memengaruhi kinerja komunitas SEO yang berkaitan dengan praktik-praktik bermasalah yang dilakukannya.Pada awal 2017 Google Penguin menjadi bagian dari algoritma inti Google sampai sekaraang.

Awal mulanya Google Penguin merupakan tool dari Google yang terpisah dari perangkat algoritma lainnya,akan tetapi sejak 2016 Google memutuskan bahwa Penguin menjadi bagian integral dari sistem Algoritma Google.Selain itu,pada mulanya dengan adanya backlink kualitas rendah pada salah satu konten website akan berdampak pada keseluruhan domain,tetapi mulai pada Penguin 4.0 aturan tersebut melunak dan Penguin tidak menghukum keseluruhan domain.

Fungsi Google Penguin

Tugas utama algoritma Google terbaru ini memiliki 2 tugas besar,yaitu :

  • Backlink schema

Backlink schema : pembuatan backlink yang dilakukan dengan tidak natural.Backlink tersebut dibuat dengan sengaja untuk menaikan ranking website di SERP Google.Jadi perlu berhati-hati menggunakan backlink untuk optimasi website,karena bisa jadi bukannya membuat website naik justru malah hilang dari SERP.Backlink yang kurang direkomendasikan seperti website PBN.Ada juga guest post ke website lain yang kurang relevan juga tidak direkomendasikan.Jika website kalian setelah menanam backlink di blog lain tetapi malah turun posisinya,bisa jadi terkena efek dari Google Penguin.

  • Keyword stuffing

Stuffing keyword : memasukan keyword yang berlebihan dalam suatu halaman.Keyword menjadi salah satu cara agar mudah ditemukan di Google,tetapi jika digunakan secara tidak natural maka akan berbahaya.

Artikel yang SEO Friendly adalah artikel yang dibuat senatural mungkin dan sesuai dengan yang dicari pembaca.Artikel yang dibuat fungsinya untuk pembaca,bukan untuk robot Google.Untuk itu selalu cek density keyword usahakan senatural mungkin dan jangan lupa optimasi keyword turunan dari kata kunci utama.

Dampak Dari Google Penguin Bagi SEO

Algoritma Google Penguin membuat hasil pencarian di SERP Google menjadi lebih natural.Karena website-website yang menggunakan teknik SEO black hat bisa disingkirkan dari halaman depan Google.

Google Penguin lebih mengutamakan konten yang dibuat dengan natural,asli dan berkualitas.Dampak dari Google Penguin yakni ranking website menjadi turun di mesin pencari.Bahkan efeknya paling parah website tidak terindeks lagi oleh Google.Jika sudah seperti ini domain sudah di blacklist oleh Google dan tidak bisa di indeks lagi.

Pemulihan Dari Hukuman Google Penguin

Website terkena hukuman otomatis dari algoritma Google Penguin ? Jangan khawatir,kalian dapat melakukan pemulihan website agar peringkat SERP tidak merosot lagi.Tetapi hal ini dilakukan jika jelas-jelas website kalian merosot peringkatnya di karenakan imbas dari Google Penguin.Berikut ini cara mengatasinya :

  • Revisi Konten

Melakukan revisi konten jika ada salah satu konten yang mengarah kepada keyword stuffing sehingga menjadikan pengaruh buruk pada peringkat SERP website kalian.Selain itu,terus belajar membuat konten berkualitas dan orisinil adalah kunci keberhasilan dalam SEO white hat.

  • Pembersihan Backlink

Tautan yang tidak wajar bisa kita hapus.Menggunakan backlink checker akan sangat efektif dalam menemukan berbagai backlink yang memiliki kualitas buruk.Bisa jadi backlink tersebut tidak sengaja kita buat atau dibuat oleh orang lain dengan tujuan tertentu seperti tujuan SEO negatif atau lainnya.

  • Disavow Backlink

Melakukan disavow backlink pada backlink yang dicurigai menjadi penyebab Google Penguin bereaksi terhadap website kalian.Kumpulkan link yang di curigai menjadikan website kalian buruk.Dengan menggunakan fitur disavow backlink yang ada pada layanan Google maka akan mudah menangani backlink bermasalah yang mungkin kalian kesulitan untuk mengontrolnya.

Tips Menghindari Penalti Google Penguin

Paling mudah untuk mengetahui website terkena penalti yakni dari ranking dan juga jumlah pengunjung yang menurun drastis.Pada dasarnya kalian tidak mengetahui jika website kalian terkena penalti dari Google Penguin,karena memang Google tidak memberi tahu.Kalian bisa menghindari penalti Google Penguin dengan daftar beberapa cara berikut ini :

  • Selalu pantau posisi di SERP Google

SERP Google dapat menjadi acuan utama untuk melihat ranking website di halaman depan.Untuk itu selalu pantau posisi di SERP halaman-halaman yang menyumbangkan trafik terbesar.

  • Selalu pantau Google Analytics

Google Analytics juga menjadi acuan untuk melihat perkembangan website.Jika turun jangan langsung berasumsi bahwa terkena dampak dari Google Penguin,mungkin bisa jadi ranking halaman kalian turun atau ada kompetitor lain yang beranking.

  • Memantau backlink agar bersih

Kalian bisa memantau backlink website dan memastikan agar tetap bersih terhindar dari backlink yang tidak berkualitas.Untuk memudahkannya kalian bisa menggunakan tools SEO semacam Ahrefs,SEMrush,MOZ dan sebagainnya.Pastikan mendapatkan link organik dan relevan bukan link yang dibuat sendiri.

  • Melakukan audit backlink secara berkala

Backlink menjadi salah satu penyebab utama Google Penguin,jadi ada baiknya untuk melakukan audit secara berkala yakni mingguan atau bulanan.Dengan cara seperti ini backlink buruk yang masuk ke website kalian bisa diminimalisir dengan cepat.

  • Keyword density

Semakin banyak density keyword yang ada pada artikel memang bagus,tetapi jika dilakukan dengan berlebihan maka tidak baik.Jika sudah seperti ini sudah masuk dalam stuffing keyword,ujung-ujungnya terkena penalti dari Google.Buat artikel dengan keyword yang sewajarnya tidak perlu dipaksakan dan terpenting artikel mudah dan enak dibaca.

  • Internal link

Internal link yang diperbolehkan yakni yang dibuat secara natural,hindari menggunakan internal link menggunakan exact match anchor text yang terlalu banyak.

Demikian artikel pembahasan ini,jadi selalu berhati-hati dalam membuat konten dan optimasi website,jangan terlalu berlebihan dan buatlah senatural mungkin.Semoga bermanfaat 🙂

5/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago