HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian, Keunggulan, Manfaat dan Cara Daftar QRIS

Apa Itu QRIS?

QRIS (Quick Response Indonesia Standard) adalah standarisasi pembayaran digital di Indonesia dengan menggunakan QR Code yang dilakukan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019. QRIS terdiri dari serangkaian kode yang berisi data atau informasi tentang pedagang/pengguna, nominal pembayaran, dan mata uang yang dapat dibaca dengan alat tertentu dalam transaksi pembayaran. Bentuknya berupa barcode yang terintegrasi dengan berbagai macam sistem pembayaran.

Setiap Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang menggunakan sistem QR Code diharuskan untuk menggunakan QRIS. Hal ini diatur dalam PADG No.21/18/2019 tentang Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran. Hal ini diharapkan agar penjual dan pembeli mudah dan meminimalisir kecurangan dalam melakukan transaksi.

QRIS memiliki karakter UNGGUL, yaitu :

  • Universal : QRIS menerima pembayaran apapun dengan satu QR code sehingga tidak butuh berbagai macam aplikasi pembayaran.
  • Gampang : Pembayaran dengan QRIS mudah, yaitu hanya butuh sekali pemindaian dengan aplikasi smartphone.
  • Untung : Merchant dan pengguna hanya membutuhkan satu jenis QR code sehingga tidak perlu beradaptasi dengan tarif pembayaran yang berbeda-beda.
  • Langsung : Pembayaran digital dengan QR code dapat diproses langsung saat itu juga.

Keunggulan QRIS

Ada beberapa keunggulan yang bisa didapatkan saat menggunakan QRIS, hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk memulai menggunakannya.

1. Transaksi Mudah

Pernahkah melihat di meja kasir terdapat QR Code yang berjejer-jejer? Hal itu tidak akan lagi terlihat jika sudah menggunakan QRIS sebagai standarisasi kode pembayarannya. Mengapa demikian? Dengan menggunakan QRIS bisa dengan mudah melakukan pindai pada satu QR Code.

2. Transaksi Cepat

Dengan menggunakan QRIS tidak lagi membutuhkan waktu untuk menunggu kasir mengembalikan uang. Pembayaran dengan QRIS juga lebih higienis mengingat tidak memegang uang yang sudah dari tangan berbagai orang.

3. Mencegah Uang Palsu Beredar

Banyaknya kasus uang palsu yang merugikan banyak pihak, hal itu di latar belakangi oleh adanya oknum yang meniru uang palsu untuk kepentingan pribadi. Menghindari hal tersebut, pembayaran menggunakan uang digital jadi salah satu solusinya. Pengguna tidak perlu menggunakan uang dalam bentuk fisik, hanya perlu menempelkan telepon pintarnya pada QRIS yang tersedia.

4. Alternatif Pembayaran yang Beragam

Menyediakan berbagai alternatif dan opsi pembayaran sehingga bisa menggunakan berbagai macam aplikasi pembayaran apapun yang sudah mendapat izin di Indonesia.

5. Kemudahan Mendaftar Sebagai Merchant

Jika sebelumnya mengharuskan untuk mengunjungi satu-persatu bank atau e-wallet yang berbeda, dengan QRIS tidak perlu melakukan hal tersebut. Cukup dengan mendaftar QRIS, dan toko akan otomatis bisa menerima pembayaran dari mana saja.

6. Praktis Dipantau dan Dianalisis

Riwayat transaksi yang ada akan mudah untuk dibaca secara real-time, pengaturan keuangan juga akan menjadi mudah. Ini membuatnya lebih terpantau dan tercatat dengan sistematis sehingga pengguna dapat melihat riwayat penggunaan.

Manfaat QRIS

QRIS dihadirkan dengan tujuan yang baik, yaitu mempermudah transaksi dengan aplikasi pembayaran digital. Untuk itu, QRIS juga menawarkan manfaat untuk pihak-pihak yang menggunakannya, yaitu pedagang dan pembeli.

Berikut merupakan beberapa manfaat QRIS, yaitu :

1. Manfaat QRIS Untuk Pedagang

Untuk pedagang, QRIS memiliki beberapa manfaat sebagai berikut ini :

  • Satu mitra untuk semua

Jika pemilik merchant tidak perlu pusing lagi untuk mendaftar di berbagai PJSP agar dapat memaksimalkan pembayaran non tunai dari konsumen. Hanya perlu bermitra setidaknya hanya dengan satu PJSP. Sudah bisa menerima pembayaran non tunai dari konsumen meskipun mereka memiliki akun dompet digital dari PJSP yang berbeda.

  • Terhindar dari penipuan

Sebagai pemilik merchant, mungkin kamu pernah menjadi korban pemalsuan uang. Nah, dengan adanya cara bayar non tunai yang praktis ini, kamu dapat terhindar dari kemungkinan ini. Selain itu, QRIS adalah produk Bank Indonesia yang tentunya aman untuk digunakan.

  • Tidak perlu menyediakan uang kembalian

Konsumen yang membayar berturut-turut dengan uang pecahan nominal besar akan membuat pemilik merchant kesulitan untuk menyediakan kembalian. Namun dengan QRIS, kamu tidak perlu repot-repot lagi mencari uang nominal kecil untuk kembalian.

  • Memudahkan analisis penjualan

Salah satu keuntungan menggunakan QRIS adalah tercatatnya transaksi secara otomatis. Sehingga sebagai pemilik merchant akan mudah menelusuri dan menganalisis uang yang masuk. Misalnya akan dengan mudah mengetahui prime time pada merchant.

  • Mempermudah kredit

Keuntungan QRIS lainnya adalah mempermudah sebagai pemilik merchant untuk mendapatkan kredit kedepannya. Sebab, dengan menggunakan QRIS berarti sedang membangun credit profile untuk merchant.

2. Manfaat QRIS Untuk Pembeli

Untuk pembeli, QRIS memiliki beberapa manfaat sebagai berikut ini :

  • Tidak perlu repot membawa uang tunai

Dengan menggunakan QRIS tidak perlu repot lagi membawa uang tunai untuk membayar transaksi.

  • Apapun dompet digital yang dimiliki, tetap bisa bertransaksi

Asalkan menggunakan dompet digital dari PJSP yang terdaftar di Bank Indonesia bisa bertransaksi di merchant manapun. Tidak perlu memikirkan kode QR dari PJSP mana yang terdaftar.

  • Aman untuk bertransaksi

Oleh karena QRIS adalah produk Bank Indonesia, QRIS aman untuk digunakan sebagai alat transaksi.

Batasan dan Biaya Transaksi QRIS

Batasan nominal untuk transaksi menggunakan QRIS maksimal sebesar dua juta rupiah sesuai dalam aturan pelaksanaannya. Namun setiap PJSP dapat melakukan batas kumulatif harian maupun bulanan atas transaksi QRIS yang dilakukan oleh para pengguna.

Sedangkan biaya transaksi di QRIS sebesar 0,7 % biaya transaksi atau merchant discount rate (MDR) untuk QRIS yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Biaya tersebut akan ditanggung oleh merchant atau mitra. Hal tersebut dinilai cukup kecil jika dibandingkan biaya switching di Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang datanya mencapai 1%.

Cara Daftar QRIS

Berdasarkan penjelasan oleh Bank Indonesia, terdapat 6 tahapan cara daftar sistem QR Code BI yang harus dijalankan oleh pembeli. Berikut penjelasannya :

1. Membuat Akun Baru

Cara daftar QRIS yang pertama adalah membuat akun baru. Sobat OCBC NISP bisa datang ke kantor cabang PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran) atau mendaftar secara online.

Jika masih bingung bisa mengunjungi kantor cabang bank OCBC NISP terdekat untuk mendaftarkan usaha. OCBC NISP telah memiliki izin sebagai PJSP sejak 13 Januari 2020.

2. Melengkapi Data dan Dokumen Usaha

Cara daftar berikutnya adalah melengkapi dokumen pendaftaran. Selain itu OCBC NISP perlu menyiapkan dan melengkapi data serta dokumen usaha yang akan diminta saat melakukan pendaftaran. Baik itu secara offline maupun online.

3. Verifikasi Data

Pihak PJSP akan melakukan verifikasi data dan bisa menunggunya. Saat proses verifikasi sudah selesai, sobat OCBC NISP akan mendapatkan Merchant ID dan pencetakan kode QR sudah bisa dilakukan.

4. Pengiriman Sticker

OCBC NISP juga akan dikirim sticker yang bisa digunakan untuk implementasi QR Code Bank Indonesia pada usaha.

5. Instalasi Aplikasi

Selain itu juga bisa menginstall aplikasi QRIS Bank Indonesia dari Google Play Store atau App Store jika memang diperlukan.

6. Pelajari dan Manfaatkan Informasi QRIS dari Bank Indonesia

Agar tetap bisa menikmati QR Code standar Indonesia, pemilik OCBC NISP bisa mempelajari dan memanfaatkan informasi terkini yang biasanya diberikan oleh Bank Indonesia. Jadi, jika ada perubahan atau perkembangan tertentu, tidak akan ketinggalan.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

55 mins ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

7 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

1 day ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

1 day ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago