HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Software Yang Harus Dimiliki Dalam Bisnis Franchise

Ada beragam manfaat baik dari menjalankan bisnis dengan menggunakan franchise management software terbaik.Salah satunya yakni lebih menghemat biaya,waktu dan tenaga dalam mengelola usaha.

Terlebih franchise merupakan tipe bisnis yang bekerja seperti sistem jaringan.Usaha franchise tersebar lebih cepat di masyarakat dan kalian bisa saja mempunyai lebih dari 10 outlet bisnis yang beroperasi sekaligus di berbagai wilayah.

Agar tidak kewalahan saat mengelola usaha franchise,maka disarankan untuk menggunakan aneka franchise marketing software terbaik berikut ini :

4 Software Yang Harus Dimiliki Dalam Bisnis Franchise

.Franchise management software membantu dalam mengelola kinerja pemasaran di setiap outlet franchise yang dimiliki,mulai dari pemasaran konten sampai pengelolaan akutansi dan laporan penjualan.Tanpa franchise management software ini,kalian akan lebih sulit bekerja.

Misalnya kalian memiliki 10 outlet di tempat berbeda dan semua tidak menggunakan franchise management software untuk mengelola pekerjaan.Maka kalian harus cek kinerja dan penjualan masing-masing outlet secara manual dan belum lagi jika terjadi masalah fatal yang tidak disadari seperti kesalahan pelaporan uang pemasukan dan pengeluaran harian.Tentunya akan merepotkan kinerja bisnis.

Mengelola bisnis franchise dengan franchise management software akan lebih simpel dan menghemat waktu.Sebab,semua aktivitas pengelolaan,pemasaran dan monitoring bisnis dapat dilaksanakan langsung dalam sekali klik.

Ada 4 jenis franchise management software yang harus dimiliki untuk melancarkan bisnis :

  • Software digital marketing.
  • Point of sales.
  • Tim kolaborasi.
  • Akutansi online.

Berikut ini penjelasan kegunaan dari masing-masing software serta dengan rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan :

Digital Marketing App untuk Franchise

Aplikasi digital marketing memban,menyebarkan iklan,mengirim email marketing sampai melaksanakan bermacam kampanye pemasaran di media sosial dapat dilakukan lebih mudah menggunakan aplikasi digital marketing.

Beberapa software digital marketing yang sesuai untuk franchise :

Canva

Canva merupakan aplikasi editing gratis terbaik.Software Canva membuat desain pamflet promosi,baik foto atau video dapat dilakukan dengan mudah meski tidak memiliki skill desain yang mumpuni.

Canva menyediakan beragam jenis template siap edit untuk dijadikan konten promosi.Ada ratusan template dari beragam kategori seperti diskon liburan,bisnis rumahan dan lain-lainnya yang bisa digunakan.Kalian mengedit teks,menambahkan foto atau mengganti warna desain saja sesuai keinginan.Setelah selesai mengedit,desain promosi bisa disimpan atau langsung dishare ke media sosial untuk disebarluaskan.Itulah mengapa Canva sangat mudah digunakan dan cocok untuk para pemula.

Hootsuite

Hootsuite merupakan software manajemen semua media sosial bisnis dalam satu aplikasi saja.Menjalankan bisnis franchise secara digital akan memakan banyak tenaga karena,ada banyak sekali jenis media sosial yang digunakan yakni Facebook,Twitter,Instagram,WhatsApp dan sebagainya.Bisnis harus aktif di berbagai media sosial untuk memaksimalkan promosi usaha.

Agar tidak kewalahan mengurus beragam akun media sosial secara bersamaan,maka menggunakan Hootsuite.Jadi,kalian bisa membuat jadwal postingan konten secara rutin ke beragam media sosial bisnis.

Selain itu,Hootsuite juga menyediakan sistem analisis data,monitoring laporan performa media sosial serta menyediakan keyword planner untuk merancang deskripsi postingan media sosial.

Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan platform profile bisnis resmi gratis dari Google.Dengan mendaftarkan usaha franchise kalian ke Google Bisnisku,maka bisnis otomatis sudah mendapatkan tempat khusus di first page Google search.

Google Bisnisku merupakan pilihan terbaik untuk memasarkan perusahaan secara online karena sudah langsung terintegrasi dengan Google Maps.Alhasil,masyarakat yang tertarik mendatangi usaha kalian bisa langsung mendapatkan rute jalan tercepat.Google Bisnisku juga memuat semua informasi detail seputar usaha,mulai dari nama,alamat,jam operasional hingga testimoni para pelanggan.

Point of Sales (POS) App untuk Franchise

Sederhananya, aplikasi POS adalah aplikasi kasir digital.Saat ini hampir semua outlet bisnis franchise memakai aplikasi POS sebagai sistem kasir karena lebih praktis dan mudah dalam mengelola data pemasukan serta pengeluaran.Dibandingkan dengan kasir manual,penggunaan POS lebih efektif dalam meminimalisir error pencatatan,penghitungan ataupun pelaporan data.

Beberapa Rekomendasi software POS franchise  :

MokaPOS

Moka merupakan aplikasi POS berbasis cloud,full-support untuk iOS dan Android serta dapat melaporkan aneka data transaksi secara real-time.Jadi,kalian dapat memantau semua aktivitas transaksi dari jauh.

Kelebihan lainnya,MokaPOS sudah terintegrasi dengan banyak mekanisme pembayaran digital seperti DANA,OVO,ShopeePay,GoPay dan lainnya selain cash.Namun,MokaPOS mengharuskan kalian untuk berlangganan.Kalian hanya bisa merasakan versi gratis selama 14 hari.

Kasir Pintar Free

Kasir Pintar Free merupakan aplikasi yang dapat digunakan bebas kapanpun dimanapun,bahkan dengan smartphone saja.Kasir Pintar sudah terintegrasi dengan sistem cloud,dilengkapi sistem scan barcode dan mendukung pembayaran digital maupun cash.

ProfitCentre

Rekomendasi selanjutnya yakni aplikasi POS ProfitCentre.Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang bisa digunakan di smartphone dan tablet,ProfitCentre hanya digunakan bagi penggunaan komputer PC.

ProfitCentre merupakan aplikasi yang gratis,dilengkapi dengan beragam update,laporan digital dan bisa digunakan untuk transaksi banyak jenis mata uang.Sayangnya,aplikasi ProfitCentre hanya tersedia pada platform Windows.

Tim Kolaborasi App untuk Franchise

Tim kolaborasi app merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk kerja kolaboratif.Menggunakan software kolaborasi kerja tim juga merupakan hal penting untuk bisnis franchise mengingat sifat franchise yang mempunyai banyak cabang.

Alhasil,kerja tim akan terasa pada bisnis franchise.Untuk memudahkan pembagian kerja,berkoordinasi maupun mengirim data antar pegawai di bisnis franchise kalian.

Beberapa rekomendasi software yang dapat digunakan :

Workplace

Workplace merupakan software manajemen kerja tim milik Facebook.Dengan Workplace,kalian dapat berkumpul bersama rekan-rekan kerja di grup khusus melihat struktur organisasi dan progress dari project hingga saling berbagi file dan update berita dengan mudah.

Trello

Trello merupakan aplikasi untuk membagi pekerjaan dan melacak progress tugas kolektif dengan mudah dalam sistem online board.Menggunakan Trello juga gratis dan tidak sulit.

Microsoft Planner

Terakhir ada Microsoft Planner yang hadir dalam bentuk papan tulis online untuk memudahkan kerja tim secara online.Microsoft Planner dapat digunakan pada smartphone sehingga siapapun dapat memantau progress kerja,berdiskusi atau membagi pekerjaan masing-masing dengan mudah serta terdapat fitur notifikasi sehingga tidak akan ketinggalan informasi.

Akutansi Online App Untuk Franchise

Rekomendasi aplikasi selanjutnya yang tidak kalah penting yakni aplikasi akutansi online untuk franchise.Aplikasi akutansi juga tidak boleh dilewatkan dalam bisnis franchise,karena aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan sistem POS untuk mengelola laporan keuangan dengan lebih baik.

Beberapa rekomendasi aplikasi akutansi online yang dapat kalian coba :

Accurate. id

Aada Accurate. id,ini merupakan software akutansi cloud yang banyak digunakan oleh UMKM lokal.Ada banyak jenis laporan keuangan yang bisa dibuat,seperti : laba rugi,buku kas,penjualan-pembelian,histori bank dan sampai 200 jenis laporan keuangan lain.

Jurnal by Mekari

Selanjutnya,Jurnal by Mekari merupakan aplikasi akutansi online yang membantu semua jenis proses pembukuan bisnis franchise kalian secara real-time.Aplikasi Jurnal by Mekari menyediakan free trial 14 hari dengan aneka fitur unggulan seperti dashbor interaktif,pembukuan lengkap,approval,monitoring,POS dan lainnya.

Sleekr

Sleekr merupakan aplikasi akutansi online dengan beragam fungsi,seperti pencatatan transaksi,invoice penjualan,piutang,inventori dan stok gudang dan lainnya.Tidak lupa,pelaporan catatan keuangan yang disajikan juga lengkap,real-time dan dapat dilihat baik dari dashboard atau diekspor ke beragam template laporan.

Demikian pembahasan artikel tentang Franchise management software yang harus digunakan.Semoga pembahasan di atas bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua seputar memilih franchise marketing software terbaik 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

8 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

1 day ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago