HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Strategi Terbaik untuk Meningkatkan Peringkat dengan Backlink

Backlink adalah link dalam suatu halaman web atau konten website yang mengarah ke website lain, biasanya website digunakan untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas website beserta kontennya. Link ini mirip dengan hyperlink, tetapi selain menghubungkan sumber daya, tautan ini membantu memaksimalkan SEO website Anda. Jika ingin website Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan backlink. Dengan ini website atau blog Anda akan lebih berpeluang untuk diklik terlebih dahulu dan meningkatkan pendapatan Anda. Manfaat backlink bagi blogger dan pengusaha sangatlah besar.
Sebab backlink membantu dalam meningkatkan visibilitas Anda kepada audiens, mendapatkan otoritas di niche, mempromosikan produk dan layanan Anda secara online. Apa pun jenis website yang Anda jalankan saat ini, artikel ini akan membantu Anda memahami apa itu backlink. Kami juga akan menjelaskan jenis dan fungsi backlink, serta cara mendapatkan backlink berkualitas. Mari kita mulai!

Definisi Backlink

Backlink adalah link yang mengarah dari domain atau subdomain ke website lain. Backlink juga disebut sebagai “inbound link” atau “incoming link” karena biasanya ditempatkan di dalam konten yang menerima atau memberikan referensi ke website serupa lainnya. Secara harafiah ini berarti “link masuk”. Mirip dengan pilar, penggunaan backlink dapat membantu memperkuat posisi website atau konten yang ditautkan, memungkinkan Anda mencapai peringkat tinggi dan stabil dalam SERP untuk kata kunci tertentu. Misalnya, ada artikel tentang cara mengoptimalkan website. Maka untuk memperkuat posisi artikel ini di Google, Anda memerlukan konten lain atau website lain yang menempatkan link artikel tersebut di dalam konten tersebut.

Selanjutnya, backlink terbagi dalam dua kategori umum, yaitu:

  1. Internal Backlink. Internal backlink adalah tautan yang menghubungkan dua website di domain yang sama, memungkinkan pengunjung menemukan lebih banyak informasi tentang suatu topik atau membaca konten terkait lainnya. Link internal dimaksudkan untuk memperpanjang waktu yang dihabiskan audiens di domain Anda dan meningkatkan jumlah kunjungan ke konten tertentu. Link internal juga dapat menurunkan bounce rate yang merupakan indikator bahwa pengunjung tidak suka membaca konten Anda dan segera menutupnya.
  2. External Backlink. Backlink eksternal adalah link yang mengarah atau diterima dari domain lain. Link ini diperlukan jika Anda ingin menambahkan resource dari situs lain karena website Anda tidak memiliki konten yang dapat ditautkan ke topik tertentu. Tautan eksternal tidak hanya memberikan informasi kepada pengunjung Anda, tetapi juga membantu website lain yang Anda tautkan untuk membangun otoritas dan relevansi di mesin pencari. Selain itu, jenis backlink ini secara perlahan “mengalirkan” lebih banyak traffic ke domain eksternal yang ditunjuknya.

Pengaruh Backlink terhadap SEO Website

Jika Anda bisa menduduki peringkat nomor 1 di Google, ada banyak peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Tentu saja, hampir setiap pemilik website memimpikan hal ini. Peringkat tinggi di Google menunjukan tentang kualitas website dan konten Anda, membuatnya lebih relevan untuk dilihat orang lain di website mereka sendiri dan di media sosial dengan mengarahkan tautan balik langsung ke domain Anda. Saat pengguna mencari topik tertentu di Google, website Anda mungkin menjadi salah satu referensi teratas dan bahkan muncul sebagai artikel yang direkomendasikan karena relevansinya dengan topik yang dicari. Jika banyak orang yang membagikan atau melihat konten Anda, berarti mereka merasa terbantu. Di sinilah backlink dapat berdampak besar pada SEO, menjadi salah satu faktor penentu peringkat sebuah website. Banyaknya backlink yang masuk ke website Anda dari domain lain merupakan indikator yang dianggap mesin pencari sebagai bukti kepercayaan website Anda. Semakin banyak backlink yang ditambahkan dari domain lain ke website Anda, semakin cepat peringkat Anda naik.

Jenis-Jenis Backlink

Backlink juga terbagi menjadi beberapa kategori menurut karakteristik khusus. Perlu untuk memahami lebih lanjut setiap jenis ini supaya anda bisa menentukan fokus dan mendapatkan backlink secara maksimal. Kita semua tentu menginginkan website muncul di halaman pertama Google. Maka, berikut ini beberapa contoh backlink yang umum digunakan saat ini:

  • Juice Link

Juice link merupakan jenis backling paling dasar dan umum. Juice link membantu website anda meningkatkan traffic, caranya link ini akan mengarahkan pengunjung website lain ke website atau blog anda. Semakin tinggi traffic maka rangking di website SERP akan semakin bagus. Mesin pencari dapat mendeteksi bahwa website anda memiliki konten yang menarik dan memikat banyak pengunjung. Ini yang kemudian disebut sebagai doamin authority (DA) atau otoritas domain. Ketika website anda berada di posisi pertama di Google, kemungkinan besar website anda akan menjadi utama di nichenya. Halaman website lain akan menjadikan ini sebagai contoh bahkan oleh kompetitor.

  • Link No-Follow

Link No-Follow merupakan kategori backlink yang memberikan otoritas dan relevansi secara terbatas. Dengan begitu meski website anda direferensikan oleh website lain, tag “nonfollow” yang dicantumkan dalam skrip akan menghalangi fungsi link tersebut. Pengguna website dengan otoritas tinggi biasanya menggunakan tag “nonfollow”. Tag “nonfllow” diterapkan untuk backlink website yang kurang berkualitas, supaya website tersebut tidak ikut mendapat otoritas dan muncul di SERP. Cara ini dapat digunakan untuk mencegah link yang berasal dari sumber yang tidak jelas dan tidak bermanfaat. Umumnya link jenis ini digunakan oleh website pemerintah dan sekolah (institusi pendidikan). Link no-follow juga sering digunakan untuk komentar blog, dengan tujuan supaya tidak ada pesan yang mengganggu atau spam dari pengunjung yang memiliki niat buruk.

  • Link Do-Follow

Link do-follow adalah link yang harus Anda fokuskan dalam strategi untuk mendapatkan backlink berkualitas. Backlink ini adalah kebalikan dari no-follow dan sebenarnya menghubungkan satu domain ke domain lainnya. Artinya, link yang ditempatkan di website yang menyertakan tag “follow” di skrip halaman akan mentransfer otoritas dan relevansi website ke laman tertaut. Backlink jenis ini digunakan oleh mesin pencari untuk mengetahui kredibilitas suatu website. Semakin banyak link do-follow yang diterima website, seiring berjalannya waktu akan semakin tinggi posisinya. Link do-follow sering digunakan oleh perusahaan yang beroperasi di industri serupa atau terkait. Jenis backlink ini bisa menjadi strategi hebat untuk saling memperkenalkan bisnis satu sama lain kepada pelanggan dan bertukar backlink untuk memperkuat otoritas dan relevansi di Google.

  • Link Root Domain

Link Root Domain mengacu pada jumlah backlink dari domain yang diterima website. Artinya, tidak peduli berapa banyak backlink do-follow yang diterima suatu halaman, jika semuanya berasal dari domain yang sama, link tersebut akan dihitung sebagai satu backlink. Oleh karena itu, meskipun Anda memiliki reputasi yang baik, tidak ada gunanya jika anda meminta banyak backlink ke satu website untuk mempertahankan otoritas dan relevansi yang sama. Itu karena tidak peduli berapa banyak backlink yang Anda miliki, hanya satu yang akan dihitung. Namun, Anda memerlukan banyak backlink unik dari berbagai website yang sudah memiliki reputasi dan rating domain yang baik di mesin pencari.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas (Link Building)

Setelah Anda memahami pentingnya backlink, jenis-jenisnya, dan pengaruhnya terhadap SEO website Anda, sekarang saatnya mempelajari cara mendapatkan backlink yang berkualitas. Proses ini disebut link building. Tidak yakin apa itu link building? Jangan khawatir. Kami akan menjelaskannya dan menunjukkan cara mendapatkan backlink ke website Anda. Simak lebih lanjut.

Apa Itu Link Building?

Link building adalah teknik mendapatkan backlink dari website lain yang mengarah ke website Anda. Tujuannya adalah untuk meningkatkan relevansi dan otoritas website Anda di mesin pencari. Backlink yang Anda dapatkan dari situs lain pada dasarnya bertindak seperti bukti kepercayaan. Oleh karena itu, ketika mengumpulkan backlink, Anda harus fokus untuk mendapatkan kepercayaan dari banyak website. Ingatlah bahwa jika tidak ada backlink ke website Anda, hampir tidak mungkin untuk website anda berada di perintat atas. Selain itu, website sulit mendapatkan perhatian dan traffic organik, bahkan terasa tidak relevan. Pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan backlink dari website lain? Apa yang perlu dilakukan website lain untuk menautkan ke website Anda? Bagian selanjutnya menjelaskan jawabannya dan memberikan beberapa tips bermanfaat.

1. Menciptakan Konten yang Menarik

Tentu saja cara mendapatkan backlink berkualitas yang pertama adalah dengan membuat konten yang menarik. Lihatlah website-website yang menduduki peringkat nomor 1 di Google. Isinya biasanya lengkap, ringkas, menarik, dan jelas. Ini bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk membuat konten di blog Anda sendiri. Dengan cara ini, pengunjung Anda akan melihat konten tentang topik tertentu.

Semakin banyak orang yang tertarik dengan website ini dan maka akan banyak yang merekomendasikan kepada pembaca lain. Traffic dan kunjungan website organik juga akan meningkat. Ini memungkinkan website Anda sering ditautkan ke website lain. Pada dasarnya ini adalah tujuan utama dari strategi membangun link building. Isinya tidak hanya harus bagus dan lengkap, tetapi juga mencakup keseluruhan gagasan topik, unik, dan mampu menarik perhatian pembaca. Anda dapat menambahkan elemen interaktif dengan menanyakan apa yang mereka pelajari dari konten dan apakah mereka memiliki pertanyaan, kritik, atau saran.

Kunjungi blog populer di niche Anda untuk melihat jenis konten yang mereka publikasikan. Cari topik yang belum di bahas dan isi kekosongan tersebut dengan konten Anda. Atau Anda dapat mencari konten lain secara online, menambahkan gaya penulisan Anda sendiri, dan menggunakannya sebagai referensi. Berhati-hatilah untuk tidak menyalin konten persis dari website lain. Gunakan hanya sebagai referensi ide dan konteks. Namun, jangan menjiplak seluruh kalimat atau bahkan seluruh paragraf. Ini adalah perilaku kotor dan dapat mengakibatkan penalti dari Google.

2. Tulis Guest Post untuk Website Lain

Guest post dikenal sebagai postingan tamu di blog lain, merupakan cara paling efisien untuk mendapatkan backlink ke website Anda secara alami. Menerbitkan konten di website lain yang sesuai dengan keahlian Anda tidak hanya meningkatkan otoritas pada topik pilihan Anda, namun juga memungkinkan Anda menjangkau audiens yang mungkin sebelumnya tidak mengenal website Anda. Postingan tamu biasanya ditulis oleh dua perusahaan yang bekerja sama dan memiliki bisnis serupa. Keduanya memanfaatkan keahlian masing-masing untuk berbagi konten berkualitas yang memberi informasi dan mendidik pembaca.
Sama seperti website Anda yang dirujuk dan Anda mendapatkan tautan balik, afiliasi juga ingin membuat konten di website. Mungkin bermanfaat jika mengizinkan pihak ketiga menjadi penulis blog Anda. Namun perlu diingat bahwa mendapatkan backlink untuk guest posting lebih mudah jika website atau blog Anda sudah memiliki reputasi yang baik. Dengan cara ini, tamu Anda akan merasa lebih percaya diri untuk bertukar tautan berkualitas, meskipun mereka belum pernah bertemu Anda sebelumnya.

3. Memasang Iklan di Blog Lain

Memasang iklan di website lain bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan backlink. Iklan memiliki persyaratan unik yang harus Anda pahami sebelum membuat dan mempublikasikan iklan di blog lain. Pertama, periklanan bersifat komersial dan biasanya menekankan produk dan fitur-fiturnya yang paling menarik. Tentu saja berbeda jauh dengan guest postingan yang lebih bersifat informatif dan mendidik. Selain itu, iklan selalu hadir dalam bentuk konten berbayar.
Oleh karena itu, website dan konten Anda hanya akan muncul di mesin pencari jika Anda memiliki anggaran untuk menerapkan strategi link building ini.

4. Tinggalkan Komentar di Berbagai Blog dan Forum

Komentar adalah cara termudah dan tercepat untuk mendapatkan backlink. Cari saja blog dan forum yang menawarkan bagian komentar dan mulailah berkomentar untuk meningkatkan popularitas Anda. Namun, komentar hanya dapat ditampilkan jika disetujui oleh pemilik konten atau situs. Hal ini biasanya dilakukan untuk mencegah komentar spam. Oleh karena itu, mohon berikan komentar dengan bijak dan tulis komentar yang relevan dengan konten. Jangan menjadi pengunjung menyebalkan yang hanya mengirimkan spam dan tidak memberikan kontribusi apa pun. Komentar yang berisi link biasanya secara otomatis diberi tag sebagai “no-follow”. Seperti disebutkan sebelumnya, backlink semacam itu tidak membantu memperkuat otoritas landing page. Namun, Anda tetap dapat menampilkan blog atau bisnis Anda. Dengan cara ini, Anda dapat memperluas hubungan, menarik pengunjung lain, dan pada akhirnya mendapatkan otoritas yang lebih tinggi.

5. Aktiflah di Media Sosial

Tidak dapat disangkal bahwa media sosial adalah tool yang sangat ampuh untuk membangun persona dan otoritas online. Jadi buatlah blog atau halaman merek atau komunitas. Tidak hanya itu, Anda juga perlu berinteraksi secara aktif dengan pengunjung dan pelanggan Anda. Jawab pertanyaan, berinteraksi dalam komentar, dan ajukan pertanyaan setiap hari. Media sosial membantu menyebarkan link website secara organik, meskipun sebagian besar tautan ditandai sebagai “nofollow” saat dipublikasikan. Anda bisa melakukannya setelah menerbitkan postingan baru atau saat ada berita baru tentang toko online Anda.

Tool Terbaik untuk Mendapatkan Backlink

Pada bagian ini, kita akan membahas berbagai tool yang dapat membantu Anda mengotomatiskan proses pembuatan link yang rumit dan mendapatkan backlink berkualitas tinggi. Tool ini memberi Anda akses informasi dan data komprehensif untuk membantu Anda menemukan apa yang bisa membuat Anda sukses secara online.

1. Google Alert

 

 

Google Alerts dapat membantu mendapatkan backlink untuk blog atau website bisnis Anda. Tool ini pada dasarnya mendeteksi konten, kata-kata, dan istilah yang diketik pengguna di internet dan akan mengirimkan peringatan (alert) jika ada topik yang relevan dengan bisnis Anda. Anda mungkin memiliki website yang menyebutkan blog atau nama merek Anda di konten atau media sosialnya, namun penyebutan tersebut tidak merujuk ke halaman Anda. Ini bisa menjadi kesempatan bagus untuk menghubungi pemilik website supaya memasang link ke website Anda dan akhirnya mendapatkan backlink. Namun, tidak perlu terburu-buru mendesak website tersebut. Pertama, periksa apakah perusahaan Anda disebutkan atau disorot dalam konteks yang relevan. Kami juga merekomendasikan untuk meneliti relevansi dan otoritas domain yang Anda temukan. Mengetahui kualitas traffic dan konten akan membantu Anda menilai peluang dan mendapatkan backlink dengan lebih baik.

2. Pitchbox

Pitchbox sebenarnya bukan tool untuk mendapatkan backlink. Tool ini juga tidak dapat melakukan studi lengkap pada profil backlink atau akun website untuk mengetahui otoritas, relevansi, atau lalu lintas organiknya. Namun, Pitchbox memungkinkan Anda menjadwalkan dan mengirim email secara otomatis, memungkinkan Anda menghubungi dan bernegosiasi dengan beberapa website sekaligus. Anda dapat membangun hubungan dengan banyak website dan mempelajari website mana yang tertarik menggunakan konten Anda. Mulailah berkolaborasi dengan bertukar guest post dan menerima iklan yang mempromosikan produk atau perusahaan Anda.

Tool ini memungkinkan Anda menambahkan daftar kontak khusus dan mencari kontak menggunakan kotak pencarian. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci perusahaan tempat yang ingin diajak kerja sama. Fitur menarik lainnya dari Pitchbox adalah tool ini memungkinkan Anda memantau secara real time tautan mana yang setuju untuk bermitra dengan Anda, sehingga Anda dapat yakin bahwa usaha yang dilakukan tidak sia-sia. Jadi jika Anda menemukan backlink yang tidak mengarah ke blog Anda, hubungi kembali website tersebut dengan baik hati dan sopan, minta mereka untuk memperbaiki link tersebut.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu backlink. Mulai dengan pentingnya backlink, menjelaskan jenisnya, pengaruhnya terhadap SEO website Anda, dan cara mendapatkannya. Backlink adalah jenis tautan yang disertakan dalam konten atau halaman website yang mengarahkan pengunjung ke resoiurce atau website terkait lainnya dalam domain yang sama atau berbeda dan berfungsi sebagai faktor penting dalam peringkat mesin pencari. Jika Anda ingin blog, website, atau toko online Anda mendapat peringkat tinggi di mesin pencari seperti Google, Anda memerlukan backlink berkualitas tinggi. Meski prosesnya cukup rumit dan hasilnya tidak langsung terlihat, namun usaha Anda pasti akan membuahkan hasil. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda memahami apa itu backlink dan menggunakannya untuk meningkatkan peringkat website Anda.

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

13 hours ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

19 hours ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

2 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

2 days ago

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

5 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

5 days ago