Pengertian Link Building

Link Building adalah sebuah  metode untuk mendapatkan backlink dari website satu menuju ke website yang laiinnya. Link Building  merupakan sebuah teknik optimasi yang dilakukan untuk mendatangkan backlink berkualitas ke halaman website anda. Link Building juga dikenal dengan istilah of-page SEO karena prosesnya dilakukan di luar website anda.

Apakah Link Building itu Penting?

Backlink dari website lain ke halaman website anda dapat diibaratkan sebagai voting. Semakin banyak anda mendapatkan voting akan semakin baik. Link dari website lain menjadi tanda bahwa artikel atau konten web anda disukai banyak orang, sehingga ini merupakan faktor penting SEO yang menentukan ranking website anda dalam mesin pencarian. Jika anda ingin menaikan ranking website anda,  maka salah satu hal yang harus dilakukan adalah bagaimana agar website anda bisa mendapatkan banyak link dari website lain.

Setiap website mempunyai reputasi di mesin pencarian. Link yang berasal dari website yang mempunyai reputasi buruk justru akan menurunkan peringkat website anda, oleh karena itulah anda harus berhati-hati saat membangun link. Mesin pencarian mengutamakan link yang lebih natural.

Ada tiga hal utama yang harus diperhatikan untuk melakukan Link Building, yaitu:

  1. Terlihat Alami atau Natural

Link Building harus dilakukan secara alami dan natural. Jika dalam sehari anda langsung mendapatkan ribuan backlink atau backlinknya berasal dari website yang sejenis dengan anchor text yang itu-itu saja, maka bisa dikatakan tidak natural. Lakukan secara bertahap dan lakukan Link Building di website-website yang berkualitas agar Link Building pada website anda disukai mesin pencarian.

  1. Berasal Dari Website Berkualitas

Perlu diperhatikan backlink anda berasal dari website seperti apa, jangan samapi backlink berasal dari website spam atau website yang mempunyai reputasi buruk.  Semakin berkualitas sebuah website, maka semakin tinggi pula nilai yang didapat di masin pencarian. Ada beberapa kriteria untuk mengetahui sebuah website berkualitas atau tidak, diantaranya:

  • Memiliki pengunjung yang cukup tinggi
  • Aktifitas dan interaksi di websitenya cukup update
  • Tidak ada unsur spam
  • Mengandung konten-kontenyang berkualitas
  1. Berasal Dari Website Dengan Topik Serupa

Semakin banyak backlink yang berasal dari website dengan topik serupa atau sama, maka semakin relevan website anda di mesin pencarian. Sangat penting membuat website anda relevan dengan keyword yang diinginkan, salah satu caranya dengan mendapatkan backlink dari website yang memiliki topik serupa.

Bagaimana Cara Melakukan Link Building?

Untuk melakukan Link Building anda dapat memakai jasa backlinkatau melakukannya sendiri. Jika anda ingin melakukannya sendiri, ada beberapa tips dan trik yang bisa anda lakukan, yaitu:

  • Isilah website anda dengan artikel yang bermanfaat
  • Share atau bagikan artikel tersebut melalui forum-forum yang membahas topik tersebut, namun jangan spam
  • Aktiflah dan berkontribusilah di komunitas online yang membahas topic tersebut
  • Jalin relasi dengan netizen lain yang sekiranya memiliki ketertarikan yang sama dengan topik tersebut
  • Aktif share dan menulis artikel di blog atau websitr yang membahas topik tersebut.