HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Sukses Berkarir Menjadi Affiliate Marketing di tahun 2024

Siapa yang ingin tetap berpenghasilan walaupun di rumah ? tentu banyak orang yang menginginkan hal tersebut, bekerja dari rumah dengan penghasilan yang menggiurkan. Affiliate marketing bisa menjadi salah satu pilihan bisnis dengan waktu yang fleksibel dan modal minim. Anda bisa memulai dengan menerapkan strategi yang tepat, sehingga bisnis affiliate marketing yang dijalankan bisa sukses dalam waktu singkat. Berikut strategi perencanaan dan pelaksanaan menjadi affiliate marketing. Yuk tonton sampai habis !

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah model bisnis di mana seseorang menjadi partner dari suatu perusahaan yang kemudian menjualkan produk dan jasa. Para affiliate akan akan mendapatkan komisi dari kegiatan tersebut. Bisnis ini sebenarnya menguntungkan kedua belah pihak, hal ini karena affiliator akan mendapat komisi tanpa harus membeli produk, sementara perusahaan dapat memperluas jangkauan bisnis melalui promosi tersebut. Sekilas bisnis ini hampir sama dengan dropship, namun sebenernya kedua bisnis ini berbeda. Perbedaannya mencakup model keuntungan, penawaran produk, dan kebebasan menentukan harga.

Dalam dropship, biasanya mitra memiliki brand sendiri dan tugasnya memesan barang dari pemasok yang kemudian mengatur pengiriman ke pembeli. Berbeda dengan affiliate, pembeli akan diarahkan ke brand tertentu melalui link khusus dan akan mendapatkan komisi setelah adanya transaksi melalui link tersebut. Supaya tidak bingung, pelajari lebih lanjut tentang cara kerja affiliate.

Cara Kerja Affiliate Marketing?

Sekilas afiliator atau mitra afiliasi mirip dengan menjadi seorang sales untuk sebuah perusahaan.
Berikut cara kerja affiliate marketing:

1. Tentukan perusahaan yang akan dituju, kemudian daftar menjadi mitra afiliasi.

2. Buat konten untuk mempromosikan produk, buatlah konten yang menarik dan mudah dipahami.

3. Dapatkan link khusus, lalu bagikan link tersebut ke website, blog, deskripsi You Tube dan media sosial yang anda miliki.

4. Ketika seseorang mengklik atau melakukan pembelian dari link yang sudah dibagikan, maka anda akan mendapatkan komisi.

5. Perusahaan akan memantau keberhasilan aktivitas dan penjualan yang dilakukan melalui tautan ini, hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa anda menerima kredit referal untuk mengklaim komisi.

Model Pembayaran dalam Affiliate Marketing

Pembayaran di Affilate marketing terbagi menjadi beberapa model dan dapat mempengaruhi jumlah komisi yang diperoleh affiliator. Dengan mempertimbangkan model pembayaran ini, anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan perjanjian kerja sama, dan menentukan gaya konten untuk memaksimalkan penjualan anda.
Metode pembayaran utama dalam pemasaran afiliasi adalah:

Pembayaran per penjualan. Afiliator mendapatkan persentase dari harga produk setiap pembelian yang dilakukan melalui tautan afiliasi khusus. Biasanya, perusahaan memilih metode ini agar lebih sesuai dengan strategi penjualan langsung mereka.
Pembayaran per konversi Komisi dibayarkan berdasarkan konversi pengunjung. Contohnya yaitu ketika afiliator berhasil mengajak pengunjung untuk  berlangganan newsletter atau melakukan uji coba.
Pembayaran per klik link. Afiliator mendapatkan komisi dari traffic yang diarahkan ke website perusahaan afiliasi. Semakin banyak pengunjung yang mengklik link afiliasi anda, semakin tinggi pula komisi yang akan diperoleh. Metode ini membantu perusahaan meningkatkan brand awareness.

Apa Keuntungan Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah ‘win-win solution’ atau kerja sama yang menguntungkan kedua belah pihak, baik untuk pihak perusahaan maupun afiliator. Bagi afiliator, model bisnis online ini membantu menghasilkan pendapatan dan memberikan rekomendasi terbaik untuk para pembaca. Dalam bisnis, program afiliasi membantu dalam menarik pelanggan baru dan meningkatkan brand awareness.
Berikut adalah beberapa manfaat affiliate marketing lainnya:

Modal kecil. Berbeda dengan membuat toko online, kini anda tidak perlu menangani hal-hal terkait produk, maintenance, dan pengiriman. Hal yang perlu dipersiapkan adalah membuat website affiliate marketing dengan modal awal yang kecil.

Risiko rendah. Anda tidak perlu khawatir jika penjualan tidak berhasil, karena tidak ada yang namanya denda serta tidak ada risiko terkait dengan manajemen inventaris atau logistik.

Mudah dikembangkan sesuai kebutuhan. Affiliator akan diberi kebebasan dalam menentukan skala bisnisnya. Anda bisa memperkenalkan produk baru, sedangkan konten lama akan menjadi tabungan di masa yang akan datang dan terus menghasilkan uang. Selain itu, anda bisa menambah program affiliasi yang berbeda untuk menambah penghasilan dan mengikuti trend pasar.

Melanjutkan pendapatan pasif. Pemasaran afiliasi dapat membantu anda memperoleh penghasilan pasif yang stabil. Jadi, luangkan waktu untuk membangun platform periklanan dan audiens, cari peluang baru untuk menjadi afiliasi yang sukses.

Hal-Hal yang Harus Dihindari dalam Affiliate Marketing

Meski menjadi bisnis yang terbilang sederhana namun bisnis ini sangat kompetitif. Diperlukan strategi khusus untuk menghindari kegagalan, anda juga harus bersabar dan berusaha keras untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Pelajari hal-hal yang harus dihindari sebagai seorang affiliate. Berikut kesalahan umum yang harus dihindari :

  1. Kurangnya pengetahuan tentang produk. Tidak benar-benar memahami produk yang dipromosikan dapat menurunkan efektivitas strategi pemasaran, bahkan menurunkan kredibilitas anda di mata audiens.
  2. Performa situs web diabaikan. Jika situs web anda lambat atau kurang optimal tentu akan membuat pengunjung frustrasi dan pada akhirnya berdampak negatif pada upaya pemasaran afiliasi Anda.
  3. SEO website belum maksimal. SEO menjadi salah satu strategi kunci untuk mendatangkan traffic organik ke website anda. Jika diabaikan, anda akan melewatkan peluang memperkenalkan brand dan konversi secara organik.
  4. Membuat konten yang asal-asalan. Buat konten yang informatif, menarik, dan interaktif hal ini bertujuan untuk mempertahankan audiens. Jika konten yang dibuat kurang optimal tentu akan merusak reputasi dan angka konversi.
  5. Hanya mengikuti satu program afiliasi. Sebagai upaya mencegah kegagalan pada satu program affiliasi, maka cobalah mendaftar ke berbagai program kemitraan afiliasi. Dengan mengikuti beberapa program affiliasi maka pendapatan anda akan semakin meningkat.
  6. Menganggap remeh kepercayaan audiens. Diperlukan ketelitian dan kesabaran dalam menjelaskan produk affiliasi, tidak perlu berlebihan cukup ikuti prosedur yang ada.
  7. Tidak jujur dalam pengungkapan informasi afiliasi. Buatlah konten secara jujur dan apa adanya sesuai dengan kondisi produk, jangan buat pelanggan kecewa dengan informasi yang tidak jujur.

Melalui tips di atas anda bisa menjadi seorang affiliate marketing yang sukses, dengan tetap menjaga reputasi dan kredibilitas sehingga keuntungan akan terus datang dalam jangka waktu yang panjang.

Kesimpulan

Affiliate marketing merupakan model bisnis berisiko rendah yang bisa diatur berdasarkan kebutuhan anda dan dapat menjadi salah satu pilihan menghasilkan uang secara online serta menghasilkan pendapatan pasif melalui konten promosi. Dengan modal yang minim dan pengetahuan yang cukup anda bisa memulainya.
Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menjadi affiliate, terlebih aktivitas affiliasi juga semakin meningkat.

Untuk menjadi affiliate marketing, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Tentukan fokus (niche). Berdasarkan minat dan keahlian anda, pilih produk yang ingin dipasarkan dan pilih segmen pasar tertentu untuk dijadikan kerangka pembuatan konten.

2. Membuat situs web affiliate marketing. Ciptakan platform khusus untuk menjual dan membagikan konten afiliasi anda sekaligus untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas. Mulailah dengan pemasaran email dan gunakan platform media sosial untuk mengarahkan ke situs web anda.

3. Bergabunglah dengan program afiliasi. Mendaftarlah ke berbagai program afiliasi dan jaringan di area fokus pilihan anda. Supaya langkah ini berhasil, pastikan memilih perusahaan atau bisnis yang menjual produk yang relevan dengan konten anda.

4. Membuat konten yang membantu mendapatkan traffic web. Buat konten yang membantu memecahkan masalah pembaca dan terapkan strategi SEO. Langkah ini akan membantu dalam menjangkau dan mempertahankan audiens baru.

5. Memantau kinerja affiliate marketing. Selalu ingat tujuan dan sasaran pemasaran afiliasi anda dan pantau campaign secara teratur untuk melihat strategi mana yang berhasil dan area mana yang perlu ditingkatkan.

6. Meningkatkan hasil pendapatan. Optimalkan terus strategi anda untuk menemukan peluang baru dan meningkatkan potensi penghasilan melalui pemasaran afiliasi.

Perlu diingat untuk menjadi affiliate marketing yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Jika anda baru memulai, mungkin diperlukan waktu yang tidak sebentar agar konten anda berhasil menghasilkan konversi. Luangkan waktu untuk belajar dan tiingkatkan strategi affiliate marketing. Sesulit apapun prosesnya, anda harus memulainya. Dengan mempelajari tips ini, diharapkan dapat menjadi bekal bagi anda untuk menjadi seorang affiliator yang sukses.

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

16 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

21 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago