HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Itu Tags Pada WordPress? Pelajari Lebih Mendalam Di Sini

Tags adalah fitur WordPress yang digunakan untuk mengelompokkan postingan. Tags dan kategori mungkin terlihat serupa pada pandangan pertama, namun memiliki peran berbeda di WordPress.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat penjelasan kami tentang apa itu tags dan fungsinya di WordPress. Yuk simak bersama artikel ini!

Apa itu Tag WordPress?

Kami telah menjelaskan secara singkat apa itu tag. Ini adalah beberapa pengaturan default yang dapat Anda gunakan untuk mengatur postingan blog Anda di WordPress. Biasanya terdiri dari satu atau dua kata yang menjelaskan detail spesifik postingan.

Misalnya, jika Anda menulis postingan tentang buku, Anda dapat menggunakan tag untuk mendeskripsikan penulis, penerbit, dan topik yang sedang dibahas.

Bedanya dengan Kategori

Sekilas tag ini menyerupai kategori dan berguna untuk mengelompokkan postingan blog di WordPress.

Namun, Anda harus memahami bahwa tag bersifat opsional dan kategori bersifat hierarkis. Kategori harus mencakup topik luas yang berlaku untuk postingan berbeda, sedangkan tag biasanya lebih spesifik dan spesifik untuk konten blog Anda.

Fungsi Tags WordPress

Tidak hanya memungkinkan Anda mengelompokkan postingan blog Anda, tetapi juga meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) Anda.

Blog yang baru dibuat biasanya tidak langsung dikenali oleh mesin pencari Google. Namun, penggunaan tag ini akan memudahkan Google mengindeks postingan Anda.

Bisakah Tag WordPress Meningkatkan SEO Website Anda?

Tag di WordPress dapat membantu peringkat situs web Anda lebih tinggi di Search Engine Results Pages (SERP), meningkatkan tampilan halaman, dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna Anda.

Meskipun sangat membantu, sebenarnya ada beberapa tips penting yang harus Anda ikuti untuk memastikan bahwa penggunaan tag tidak berdampak negatif pada SEO Anda. Secara default, halaman arsip terpisah akan dibuat untuk setiap tag yang digunakan untuk mencantumkan semua postingan terkait.

Meskipun hal ini membantu pengguna menemukan konten serupa, hal ini sebenarnya menciptakan banyak halaman duplikat berkualitas rendah untuk robot mesin pencari. Daripada membuang waktu Google dengan halaman arsip seperti ini, lebih baik gunakan Noindex untuk memberitahu Google agar tidak repot mengindeks arsip Anda.

Cara Agar Noindex Arsip Tag WordPress Aktif di Yoast SEO

Tag WordPress dengan Yoast SEO Cara termudah untuk mengindeks halaman arsip tag WordPress Anda adalah dengan menggunakan plugin Yoast SEO gratis. Dengan menginstal dan mengaktifkan plugin, berikut cara mengaktifkan WordPress Tag Archive Noindex:

Pertama, aktifkan halaman pengaturan menggunakan langkah-langkah berikut:

  • Klik link SEO di sebelah dashboard WordPress Anda.
  • Buka tab Fitur.
  • Mengaktifkan halaman Advanced Settings Pages.
  • Kemudian simpan perubahan yang Anda buat.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas:

  • Buka SEO > Title dan Metas.
  • Klik tab Taxonomies. 
  • Temukan bagian Tag.
  • Pilih Noindex di Meta Robots.
  • Simpan perubahan.

Sekarang laman arsip tag Anda akan terus berfungsi dengan baik untuk pengguna Anda, dan Google tidak akan mengindeksnya sebagai duplikat.

Cara Membuat Tag di WordPress

Jika Anda ingin menambahkan tag ke WordPress, sebenarnya Anda memiliki dua pilihan. Keduanya bisa dengan mudah dilakukan oleh siapa saja, bahkan pemula sekalipun.

Berikut dua cara membuat tag di WordPress:

1. Buat Tag di Content Editor

Cara pertama, ialah saat menulis blog baru atau di halaman Content Editor, Anda dapat menambahkan tag baru menggunakan kolom tag di sisi kanan layar. Pada kolom tag, masukkan beberapa kata unik yang sesuai dengan topik konten Anda.

2. Membuat Tag di Dashboard

Pada opsi kedua ini, Anda juga dapat menambahkan tag langsung di Dashboard dengan membuka Post > Tag. Pada interface ini memungkinkan Anda menambahkan tag baru dan mengatur atau mengedit slug URL.

Cara Menampilkan Tag di Website

Sebagian besar tema WordPress secara otomatis menampilkan tag yang ditetapkan ke postingan dari metadata. Ini biasanya muncul di awal atau akhir postingan.

Namun, Anda juga dapat menggunakan widget WordPress untuk lebih mudah menampilkan semua yang digunakan di situs web Anda sebagai bagian dari tag cloud. Tag cloud pada dasarnya adalah daftar hal-hal yang digunakan di situs web.

Berikut cara mudah untuk mengaktifkan widget Tag Cloud:

  • Buka Apparence > Widget.
  • Drag Widget Tag Cloud dari area Widget yang tersedia ke lokasi yang diinginkan untuk menampilkannya.
  • Selanjutnya, masukkan judul opsional dan pilih apakah akan menampilkan jumlah angka sebenarnya.

Sedangkan untuk tag cloud, Anda dapat menempatkannya di halaman mana pun di situs web Anda. Namun biasanya muncul di sisi kanan website dan ditandai dengan ukuran font yang besar. Iklan ini membantu pengunjung menemukan topik menarik di blog Anda.

Tips Menggunakan Tag dengan Benar di WordPress

1. Lakukan Riset Kata Kunci Komprehensif

Jika Anda ingin meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari dan meningkatkan trafik, gunakanlah tag dengan kata kunci yang unik dan spesifik. Riset kata kunci dan analisis persaingan akan membantu Anda memilih frasa yang paling relevan untuk situs web Anda.

Anda juga dapat menggunakan kata kunci ini nanti di tag Anda untuk membantu mesin pencari dan audiens menemukan postingan Anda dengan cepat. Sederhananya, Anda dapat meningkatkan aksesibilitas dan keterbacaan postingan blog Anda.

2. Buat Struktur yang Tepat Sebelum Mempublikasikan

Kami menyarankan Anda membuat struktur yang tepat sebelum mempublikasikan konten Anda ke situs web Anda. Ini menghilangkan kebutuhan untuk mengarahkan ulang halaman jika Anda perlu mengubah tag yang ada. Tergantung pada riset kata kunci Anda, Anda dapat menggunakan tag untuk meningkatkan visibilitas postingan blog Anda.

3. Gunakan Tag dengan Hati-Hati di WP.com & WP.org

Seperti yang Anda ketahui, WordPress memiliki dua versi, yakni WordPress.com (platform blogging gratis) dan WordPress.org (CMS yang paling umum digunakan). Kedua versi WordPress ini pada dasarnya adalah jenis layanan yang berbeda, jadi berhati-hatilah, terutama saat menggunakan tag pada platform ini.

Saat menggunakan WordPress.com, berbagai tag dapat digunakan oleh pemilik situs WordPress untuk membangun basis audiens yang besar dan membantu pengunjung menemukan postingan favorit mereka. Namun, jika Anda menjalankan situs WordPress.org, menggunakan banyak tag sebenarnya dapat menyebabkan masalah duplikasi, yang dapat berdampak negatif terhadap kinerja secara keseluruhan.

Mesin pencari mungkin menganggap tindakan Anda duplikat dan tidak menganggap konten yang ditampilkan di hasil sebagai relevan.

4. Jangan Abaikan Penggunaan Tag

Mesin pencari dapat memberikan sanksi pada situs web Anda jika mengandung tag yang tidak pantas. Hal ini menimbulkan konsekuensi negatif bagi berbagai operator situs web. Untuk menghindari sanksi dari mesin pencari seperti Google, hindari penggunaan tag yang tidak relevan atau tidak relevan pada konten yang Anda buat.

Ini bukanlah teknik pengoptimalan situs web yang adil. Jika Anda tidak menggunakan tag di website Anda, akan sulit bagi pengguna untuk menemukan postingan blog Anda di website Anda. Hal ini juga dapat memengaruhi kinerja situs web Anda, dan dalam skenario terburuk, hal ini dapat menurunkan peringkat Anda di hasil mesin pencari serta mengurangi jumlah klik dan lalu lintas ke situs web Anda.

Oleh karena itu, mohon tidak hanya memperhatikan kualitas dan ide konten yang diunggah, tetapi juga memastikan Tag tersedia kapan pun Anda membutuhkannya. Jika Anda seorang pemula yang masih bingung dengan hal-hal tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli SEO agar Anda dapat dengan mudah mengoptimasi website WordPress Anda.

5. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Tag

Menggunakan terlalu banyak tag dapat memengaruhi kegunaan dan aksesibilitas situs web Anda. Tidak ada aturan tegas mengenai berapa banyak yang cukup untuk digunakan dalam postingan blog. Namun, harap diperhatikan bahwa halaman arsip terpisah akan dibuat di situs web Anda untuk setiap tag yang dibuat.

Yang harus Anda lakukan sekarang adalah memilih tunggal atau jamak, menggunakan tag sesuai kebutuhan. Mengenai jumlah tag yang diperbolehkan, tidak ada aturan tegas mengenai penggunaan kata tunggal atau jamak, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Sekarang Saatnya Mulai Menggunakan Tag di Postingan Blogmu!

Jadi tag adalah salah satu fitur default WordPress untuk mengelompokkan postingan blog di sebuah situs web. Penggunaan tag terutama ditentukan oleh kata kunci dan konten yang digunakan. Jika Anda ingin mendapatkan peringkat tinggi di SERP, gunakan tag dengan benar di situs WordPress Anda bersama dengan konten SEO yang ditulis dengan baik.

Selain itu, saat menggunakan tag di WordPress, ikuti aturan dasar seperti termasuk riset kata kunci yang komprehensif, membuat struktur, dan menghindari penggunaan berlebihan dalam postingan. Alasannya adalah mesin pencari tidak akan mengindeks atau membacanya sebagai duplikat.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

16 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

21 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago