HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Wajib Dicoba ! 11 Tips Promosi di Media Sosial

Apakah kamu punya akun instagram ? Berapa banyak akun media sosial yang kamu miliki? Setiap orang memiliki setidaknya satu akun media sosial dan beberapa orang memiliki akun di setiap platform media sosial. Bagaimana cara kamu mempromosikan bisnis di media sosial agar lebih banyak orang melihatnya?
Di bawah ini adalah 11 strategi periklanan media sosial untuk meningkatkan visibilitas bisnis dan mendorong penjualan bisnis anda.

Lengkapi profile

Ini adalah strategi periklanan media sosial yang paling dasar. Informasi website atau biodata harus diisi lengkap. Di bagian tentang (about), anda harus memasukkan nomor telepon, alamat email, tautan, dan profil media sosial lainnya agar orang lain dapat menghubungi anda. Tambahkan informasi lain di bagian our story. Informasi ini akan membantu konsumen untuk lebih mudah mengenal bisnismu.

Hashtag Brand

Beberapa waktu lalu, Instagram menambahkan fitur baru. Anda dapat menulis akun dan hashtag lain di profil untuk menjalankan strategi promosi media sosial.
Sebaiknya memiliki hashtag khusus atau slogan yang digunakan untuk menyertakan hashtag tersebut. Jangan lupa untuk menyertakan tag lokasi di profil anda, sehingga pengikut anda dapat mengklik dan melihat lokasi anda dengan mudah.

Promo di Media Sosial lain

Ada banyak sekali platform media sosial di internet yang populer saat ini, dan setiap orang atau bisnis pasti memiliki lebih dari satu. Ketika akan memposting di media sosial, biasanya ada opsi untuk membagikan ke media sosial lain sebelum klik posting. Anda dapat memanfaatkannya dengan membagikan postingan tersebut ke media sosial lainnya. Perluas jangkauan dengan membagikan tautan dan postingan Instagram di Twitter disertai teks untuk mendorong orang mengikuti anda di media sosial.

Icon Media Sosial di Website

Saat pelanggan mencari nama bisnis anda di mesin pencari seperti Google, website anda akan muncul pertama kali di hasil pencarian. Agar media sosial anda mudah ditemukan, gunakan ikon media sosial yang jelas dan mudah dibaca. Banyak tema situs web yang menyertakan ikon media sosial,  ini dapat digunakan dalam strategi periklanan media sosial. Jika memungkinkan, gunakan warna merek anda untuk ikon media sosial di situs web.

Promo di Newsletter dan Email Signature

Salah satu strategi periklanan media sosial yang dapat dilakukan adalah dengan menyertakan tautan atau ikon media sosial dalam buletin yang dikirimkan ke pelanggan. Jika perusahaan anda sering mengirimkan email penjualan kepada pelanggan, jangan lupa untuk menyertakan media sosial di bagian tanda tangan sebagai peluang branding dan periklanan. Bisa juga menyertakan ikon media sosial dan hastag untuk mendorong pelanggan agar berbagi foto, menggunakan hastag, dan follow akun media sosialmu.

Targeting Ads

Untuk memulai iklan bertarget, anda perlu menambahkan Facebook Pixel ke situs web. Anda dapat menggunakan data audiens Facebook untuk menargetkan audiens berdasarkan minat, demografi, kebiasaan, dan perilaku. Jika baru pertama kali membeli sepatu secara online, pasti anda akan menerima lebih banyak iklan sepatu dibandingkan sebelumnya. Itu karena Facebook mencatat kebiasaan belanja anda dan memasukkannya ke dalam kategori minat tersebut. Setelah anda menyiapkan konten promosi, jangan lupa untuk membagikannya sebagai strategi periklanan media sosial dengan menggunakan hashtag khusus.

Tag Produk di Postingan Facebook dan Instagram

Salah satu fitur yang tersedia di Facebook dan Instagram adalah tag link website pada postingan. Hal ini dapat diatur ketika melakukan setting iklan. Di pengaturan iklan terdapat opsi yang kemudian pelanggan akan diarahkan ke situs web, profil, atau pesan langsung untuk melakukan pembelian. Pilihlah platform yang sesuai dengan bisnis anda dan jangan lupa untuk memberikan deskripsi produk secara singkat dan jelas untuk mendorong calon pelanggan membeli.

Diskon di Media Sosial

Kita pasti pernah menerima email yang berisi diskon dari brand tertentu. Cara ini merupakan bentuk strategi promosi di media sosial. Tawarkan beberapa diskon kepada audiens dalam jangka waktu tertentu, dan buat mereka tertarik dengan promo tersebut. Sebagai contoh, anda bisa menawarkan kode promo khusus untuk diskon pembelian di postingan anda, dan berikan promo khusus lainnya di media sosial.

Giveaway

Kata Giveaway sudah tidak asing di telinga kita. Giveaway dikenal sebagai metode umum dari strategi periklanan media sosial. Tujuannya adalah untuk meningkatkan awareness di kalangan audiens. Buatlah giveaway dengan melibatkan followers, caranya ajak mereka untuk menjawab pertanyaan, sharing foto dan video. Buatlah peraturan khusus yaitu peserta yang mengikuti giveaway harus mengajak teman dengan cara tag teman di kolom komentar, lalu share di media sosial lain supaya mendapatkan engagement yang lebih tinggi.

Perhatikan Copywriting untuk Caption

Setelah mengetahui 11 strategi promoi media sosial, ada hal lain yang perlu diperhatikan yaitu copywriting dalam caption. Perlu diketahui bahwa setiap media sosial memiliki audiens yang berbeda. Audiens di LinkedIn kemungkinan tidak sama dengan audiens di Facebook. Gunakan copywriting yang berbeda meskipun video dan foto yang di posting sama. Cobalah untuk mempelajari nada dan kosa kata baru. Manfaatkan aplikasi atau sofware untuk mempermudah membuat jadwal postingan serta mempermudah dalam melihat keberhasilan promosi sehingga bisa di evaluasi.

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

16 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

21 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago