HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Surface Web,Dark Web Dan Deep Web,Apa Saja Perbedaannya?

Apakah kalian pernah mendengar istilah Dark Web,Deep Web atau Surface Web?Orang-orang di zaman serba teknologi seperti saat ini sering menggunakan internet untuk mengakses media sosial,membaca sebuah berita atau bermain game online,hingga menonton video streaming.Tapi di balik semua aktivitas itu terdapat bagian yang sangat jarang diketahui oleh pengguna internet dan tidak di indeks oleh mesin pencari (search engine) standar atau dikenal juga sebagai surface web.Padahal, internet sangat luas memiliki bagian yang disebut dengan Surface Web,Deep Web dan Dark Web juga.Nah di artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai Dark Web,Deep Web atau Surface Web dan Apa si perbedaan dari ketiganya ?

Pengertian Dark Web

Dikenal juga dengan nama Darknet,Web Underground atau Web Gelap ini merupakan konten world wide web yang ada di darknet,jaringan overlay yang menggunakan internet tetapi memerlukan perangkat lunak tertentu,konfigurasi atau otorisasi untuk mengaksesnya.Dark Web hanya sebagian kecil dari deep web, bagian dari Web yang tidak diindeks oleh mesin pencari web, meskipun kadang-kadang istilah deep web disalah artikan sebagai dark web.Dark Web memiliki jejak reputasi sebagai tempat yang buruk.Dark Web merupakan tempat yang biasa digunakan untuk transaksi illegal seperti transaksi narkoba, senjata api, dan masih banyak lagi.

Cara Kerja Dark Web

Ketika kalian mengakses jaringan pertama di dark web,maka akan ada jaringan kedua,ketiga dan seterusnya,karena dark web ini memiliki banyak lapisan jaringan.Kemudian,seluruh situs Dark Web memiliki alamat domain.onion di belakangnya tidak seperti situs pada umumnya yang menggunakan.com seperti situs ini.Untuk mengakses domain.onion,banyak orang menggunakan jaringan TOR(server yang membuat pengguna menjadi anonim dalam internet,Tor berfungsi menyembunyikan pengguna internet).

Istilah untuk Dark Web mengapa dibelakangnya onion karena dalam bahasa Indonesia onion adalah bawang dan bawang juga memiliki banyak lapisan.Untuk mengakses domain.onion,kalian memerlukan Tor browser.Jika kalian mencoba mengakses domain tersebut di browser biasa,maka tampilannya seperti diatas.

Mengakses situs Tor,kalian akan dibawa ke berbagai jaringan di berbagai negara,baru kalian tiba di situs tujuan.Sehingga, mengakses situs Tor bersifat Anonymous.

Salah satu contoh domain.onion yang bisa diakses dengan Tor Browser adalah Facebook,ternyata Facebook juga merilis versi Tor-nya. Dengan mengakses Facebook versi Tor,kalian akan dibawa ke berbagai jaringan terlebih dulu,baru kalian dibawa ke server Facebook yang asli.

Dark Web Ilegal?

Tergantung pada peraturan tiap negara,Di Indonesia belum ada undang-undang khusus yang mengatur tentang Dark Web dan jika Dark Web dilarang, biasanya negara tersebut memblokir akses situs Tor.Negara lain seperti Cina melarang penggunaan Dark Web atau hal lain yang menggunakan enkripsi yang kuat seperti VPN (Virtual Private Network). Pelarangan ini membuat penggunaan Dark Web dan VPN menjadi ilegal.

Pengertian Deep Web

Dikenal juga dengan nama Deepnet,Darknet,Invisible Web,Undernet,Hidden Web atau Web Dalam ini merupakan bagian dari  world wide web tetapi tidak termasuk ke dalam internet yang dapat dicari dengan mudah, yaitu dengan menggunakan mesin pencari web yang menggunakan indeks mesin pencari web.Deep Web berbeda dengan Dark Web, dimana komputer tidak dapat lagi dijangkau melalui internet atau dengan Darknet yang merupakan jaringan untuk menukarkan data,yang dapat digolongkan sebagai bagian kecil dari Deep Web.Ukuran Deep Web berdasarkan ekstrapolasi yang dilakukan pada tahun 2001 oleh Universitas California,Berlekey memperkirakan bahwa Deep Web memiliki ukuran sekitar 7,5 petabita.Ukuran yang lebih akurat disebutkan oleh He, et al tahun2003 mendeteksi sekitar 300.000 situs Deep Web yang ada di seluruh Web pada tahun 2004, dan menurut Shestakov, sekitar 14.000 situs Deep Web berada di bagian web Rusia pada tahun 2006.

Fungsi Deep Web

  •  Berbagi informasi dengan orang-orang tertentu : Deep Web sebenarnya situs yang tersembunyi,Karena tersembunyi,jika kalian memberikan alamat situs kalian yang tidak terindeks oleh Google ke teman, hanya teman tersebut yang mengetahui link tersebut yang bisa mengaksesnya.
  • Menyembunyikan informasi pribadi : Tentu kalian tidak ingin seluruh email kalian terindeks oleh Google dan mesin pencari lainnya. Ketika kalian membuka Whatsup web,tentu  tidak ingin seluruh chat tiba-tiba muncul di Google.Untuk itulah situs-situs tersebut menolak di indeks oleh mesin pencari.
  • Untuk Menyimpan informasi Pemerintah : Deep Web bisa juga digunakan untuk menyimpan informasi pemerintahan,Karena tidak semua informasi pemerintahan suatu negara harus diketahui oleh publik.

Isi Deep Web

Dalam Deep Web terdapat bagian-bagian khusus yang tersembunyi dan berisi sejumlah besar data serta informasi yang sangat sensitif,rahasia,juga penting,seperti :

  • Situs internal perusahaan besar, asosiasi, dan organisasi perdagangan.
  • Sistem intranet sekolah, perguruan tinggi, dan universitas.
  • Akses ke database online.
  • Situs web yang dilindungi password dengan akses hanya anggota.
  • Halaman enshrouded Paywall.
  • Halaman akses berjangka waktu seperti yang ditemukan di situs pengambilan tes online.
  • Mengurangi paywalls untuk konten digital yang diblokir.
  • Akun pribadi seseorang untuk media sosial,email,perbankan dan lainnya.

Pasar Darknet

Silk Road merupakan pasar anonymous pertama yang sukses berkembang di Dark Web. Didirikan pada tahun 2011, Silk Road mengadopsi platform seperti Amazon untuk membeli dan menjual barang dengan menggunakan Bitcoin,mata uang digital yang tidak bisa dilacak.Pada saat pasar ditutup pada tahun 2013, menurut FBI,Silky Road telah mengumpulkan 1.400 vendor,957.079 pengguna terdaftar dan telah mempelopori lebih dari 1,2 juta transaksi senilai USD 214 juta.

Pengertian Surface Web

Dikenal juga dengan nama Visible Web, Indexed Web, Indexable Web atau Lightnet adalah bagian dari World Wide Web yang tersedia untuk masyarakat umum dan dapat dicari dengan mesin pencari web standar.Surface Web hanya terdiri dari 10 persen informasi yang ada di internet.Surface Web dibuat dengan kumpulan halaman Web publik di server yang dapat diakses oleh mesin pencari apa pun.Menurut sebuah sumber, per tanggal 14 Juni 2015, indeks web permukaan Google berisi sekitar 14,5 miliar halaman.

Perbedaan Surface WebDeep Webdan Dark Web

  •  Surface Web
    • Search engine tradisional seperti Google, Yahoo dan lain-lain.
    • Hanya mengakses situs web yang diindeks, itu sekitar 4,47 miliar halaman.
    • Digunakan untuk mengakses email,media sosial,video streaming,situs web bisnis yang resmi,dan lain-lain.
    • Bisa digunakan semua pengguna internet.
    • Tidak bisa digunakan secara anonimus karena semua aktivitas bisa dilihat oleh ISP.
  • Deep Web
    • Untuk mengakses pengguna akan dimintai password,enkripsi dan harus menggunakan perangkat lunak khusus.
    • Digunakan untuk mengakses situs yang tidak diindeks oleh surface web.
    • Bisa mengakses lebih banyak web hingga 5 kali web surface.
    • Biasanya digunakan untuk tujuan yang sah yang membutuhkan anonimitas.
    • Banyak digunakan oleh Jurnalis, Whistleblowers (pelapor), Masyarakat yang ditindas rezim politik, dll.
    • Bisa digunakan secara anonim menggunakan VPN.
  • Dark Web
    • Untuk mengaksesnya membutuhkan Tor Project atau platform yang serupa.
    • Digunakan untuk mengakses halaman yang tidak diindeks oleh Deep Web, dan ukurannya tidak bisa diukur.
    • Digunakan untuk kegiatan ilegal.
    • Digunakan oleh peretas, penjual barang ilegal, dan pembeli barang ilegal.
    • Digunakan secara anonim.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat 🙂

Baca Juga Artikel Ini :

Cara Membuat Efek Dispersion pada Photoshop

Tips Membuat Blog Weebly

Cara Menggunakan dan Manfaat HeidiSQL

Mengenal Edge Computing

Cara Menambahkan Iklan dengan Google AdSense di WordPress

 

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

6 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

7 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago