Anda pasti pernah dan sering menemui situs yang isinya banyak sekali ikan dan kadang sedikit mengganggu Anda dalam menelusuri situs tersebut. Mungkin bagi Anda itu merugikan namun lain halnya dengan pembuat iklan. Karena dengan menggunakan iklan tersebut akan mengahasilkan penghasilan.

Dari pada Anda terganggu bukankah lebih menarik jika Anda juga melakukan hal yang sama yaitu dengan memasang iklan dengan cara yang sama seperti situs web yang sering Anda lihat. Namun Anda jangan menggunakan iklan yang sembarangan karena bisa saja jika mmenyalahi aturan iklan Anda akan terkenaa banned.

Salah satu cara menggunakan mendapatkan penghasilan dengan memasang iklan yaitu Google AdSense.

Google AdSense adalah program PPC (Pay Per Click), layanan iklan dari Google yang memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan pada blog maupun website yang Anda miliki. AdSense memiliki banyak pengguna karena layanan iklan dengan menggunakan ini paling mudah untuk digunakan serta memberikan komisi yang cukup besar jika dibandingkan dengan layanan lainnya.

Menggunakan Google AdSense Anda dapat menampilkan teks, gambar, video atau interaktif lainnya di situs web Anda. Iklan tersebut akan ditargetkan oleh konten situs dan audiens. Menggunkana AdSense, publisher hanya perlu meletekakan kode JavaScript sederhana di website Anda.

Saat Anda sudah membuat iklan dengan AdSense, Anda harus menunggu apakah akun Anda diterima oleh Google, jika iklan bersifat konseptinoal akan mulai muncul di berbagai loksai website. Kemudian website tersebut akan secara otomatis dibaca oleh robot Google agar informasi tentang halaman dapat diketahui oleh Google.

Keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan menggunakna AdSense selain penghasilan namun karena sistem kerja yang logis, transparan dan realiable.

Berikut tahap untuk memasang iklan Google AdSense

  1. Masuk sebagai Admin dan ke Dashboard
  2. Klik Plugin >> Add New, dan cari Plugin Ad Inserter

  1. Pilih Install Now dan Active
  2. Pilih Setting >> Ad Inserter, untuk memulai melakukan pengaturan plugin.

  • Anda dapat memasukkan kode di layar hitam. Untuk menagatur posisi iklan, dapat diatur di Automatic Insertion atau dengan mencentang Homepage, Category Pages, Search Pages dan Tag/Archive Pages.
  • Anda juga dapat menampilkan iklan dengan pengaturan widget.

Pilih Appearce >> Widget

 

NB :

  1. Kode iklan dapat sama di setiap blok, namun lebih baik jika berbeda tiap blok karena lebih mudah untuk diubah jika terdapat kesalahan.
  2. Iklan yang dibuat tidak dapat langsung muncul
  3. Iklan dapat dipasang di berbagai blog, tanpa harus didaftarkan untuk iklan.

 

Memasang iklan dengan Google AdSense memang mudah, namun Anda harus mengikuti aturan yang berlaku jika ingin mendapatkan penghasilan. Semoga artikel ini dapat menambahkan pengetahuan perpustakaan Anda.

 

Terimakasih

 

Semoga Bermanfaat 😀