HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Template Blog Gratis yang Keren dan Responsive

Jika kamu memiliki blog pribadi atau bisnis di bidang tertentu, sebaiknya perhatikan penggunaan template blog ya! Sebab hal ini akan berpengaruh pada engagement blog ketika pengguna browser menggunakan blog kamu. Meskipun informasi yang kamu berikan itu bermanfaat, namun jika template blog tidak menarik tentu pengguna akan ragu bahkan malas untuk menggunakan blog kamu lagi. Kamu tidak ingin seperti itu, bukan?

Sebenarnya, template blog default saat ini sudah bermacam-macam dan menarik. Namun, banyak template blog default yang tidak sesuai dengan keinginan pemilik blog. Oleh karena itu, Hosteko merekomendasikan 20+ template blog gratis yang keren dan pastinya responsive. Yuk, langsung saja simak artikel ini sampai habis yaa!

Template Blog Gratis Keren dan Responsive

  • Loco

Template Blogger Loco adalah tema blog profesional untuk pemula yang ingin menarik lebih banyak pembaca ke konten mereka. Template blog gratis ini sangat cocok untuk siapa saja yang ingin membuat blog tentang perjalanan, gaya hidup, olahraga, inspirasi, makanan, kesehatan, alam, teknologi, dan berbagai bidang lainnya. Loco menggunakan font yang terkesan santai, namun tetap mudah dan nyaman untuk dibaca.

Loco menampilkan tata letak berdasarkan teknologi dan tren terkini serta bersifat responsif. Sehingga dapat menyesuaikan lebar dan dimensinya secara otomatis dengan ukuran layar perangkat pembaca. Selain itu, Loco memiliki berbagai fitur pendukung yang bisa menjadikan blog kamu lebih modern, seperti tools validator, optimasi SEO, dan lain sebagainya.

  • Director

Jika kamu membuat blog portofolio pribadi, template blog gratis bernama Director ini sangat cocok untuk kamu. Template ini akan membuat blog bisnis kamu terlihat sederhana, namun elegan dengan fitur-fitur terbaru dan terupdate.

Director juga dapat digunakan untuk blog perusahaan, usaha kecil, atau siapapun yang ingin memamerkan produknya. Tampilannya yang responsive dan picture-base akan membuat blog kamu terlihat modern dan segar.

  • Kaplan

Kaplan adalah template blogger baru dan terbaik yang pernah dibuat oleh Colorlib. Tampilan dan nuansa templat ini cenderung bergaya website berita dan majalah sehingga menonjolkan penggunaan gambar-gambar yang berukuran sedang hingga besar.

Kaplan cocok untuk digunakan di berbagai macam bidang blog, seperti otomotif, travel, gosip, dan masih banyak lagi. Kaplan bersifat mobile-friendly, cepat, mudah disesuaikan, dan pastinya gratis.

  • Simplify

Simplify adalah template blog gratis yang cocok untuk siapa saja yang menyukai desain presisi, namun minimalis dan modern. Simplify menggunakan warna dasar putih sehingga memberikan kesan luas, bersih, dan cerah.

Simplify memiliki penataan menu yang jelas di bagian header dan terdapat tambahan menu burger yang tidak mengganggu tampilan dasar blog. Simplify ini dijamin responsive dan optimasi SEO sehingga cocok untuk niche blog travel, teknologi, fashion, dan sejenisnya yang memerlukan visualisasi gambar jelas.

  • PhotoMag

Jika kamu sedang mencari template blog untuk keperluan fotografi atau perjalanan yang menampilkan gambar sejelas album foto, PhotoMag adalah template yang tepat untuk kamu. Template blog gratis ini akan membuat blog kamu lebih elegan, menarik, dan canggih karena latar belakang template dominan berwarna gelap.

Seperti namanya, PhotoMag sangat cocok untuk semua jenis proyek foto yang ingin kamu tampilkan sebagai blog. PhotoMag memiliki slider full-screen dengan teks yang dapat diklik, navigasi tempel, navigasi dropdown multi-level, dan opsi tampilan konten tambahan. Template ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur widget dan tampilan responsive untuk memberikan pengalaman pengguna yang canggih.

  • Minimal

Dibandingkan dengan PhotoMag, Minimal cenderung lebih padat dan ringkas, namun tetap nyaman dipandang. Kesan tersebut dipengaruhi oleh penggunaan warna dasar yang kalem, seperti ungu dan putih.

Minimal adalah template blog gratis dan dijamin responsif sehingga cocok bagi siapa saja yang ingin membuat blog tentang fashion, kecantikan, travel, lain sebagainya. Selain itu, header blog juga dibuat minimalis agar tidak mengganggu isi utama blog. Proporsi antara gambar dan teks juga bagus, serta tertata rapi sehingga membuat pembaca serasa sedang melihat majalah.

  • Shutter

Shutter adalah template blogger gratis untuk kebutuhan portofolio fotografi kreatif  yang menampilkan jumbotron atau area slider besar di bagian atas blog. Shutter memiliki tampilan dan fitur yang terlihat premium. Selain itu, Shutter juga responsive dengan semua ukuran layar dan mudah di-download dan diinstal. Shutter memiliki header atraktif dengan tombol menu yang sederhana sehingga akan membuat blog kamu terlihat lebih canggih dan modern.

  • Pixel

Pixel adalah template blog gratis dan terbaru dari Colorlib untuk penggunaan pribadi dan komersial. Sebenarnya, template ini cocok untuk niche atau tema blog apa pun. Namun, Pixel lebih cocok untuk blog yang bertema tentang mobil, makanan, atau kecantikan. Sebab, template ini membuat blog terlihat praktis karena membagi konten menjadi topik tertentu dalam tata letak vertikal.

Pixel memiliki beberapa fitur area dan widget untuk memasang iklan, seperti AdSense dan iklan lainnya. Pixel menjadi sangat populer karena digunakan oleh ribuan pengguna dalam kurun waktu dua minggu pertama.

  • Gossip

Template blog minimalis gratis selanjutnya adalah Gossip. Template blog yang satu ini tertata lebih rapi dan konsisten dibandingkan template lainnya. Selain itu, Gossip juga bersifat responsive dan mobile-friendly sehingga membuat halaman blog dapat sesuai dengan layar perangkat apa pun, baik perangkat genggam atau desktop.

Gossip juga diperkaya dengan beragam widget khusus dan pilihan tata letak. Jika kamu sedang atau akan membuat blog tentang perjalanan, makanan, pariwisata dan tips kehidupan maka sebaiknya pertimbangkan template Gosip ini .

  • Newcon

Newcon adalah template blog gratis eksklusif yang harus kamu coba. Newcon mencakup sejumlah elemen dan fitur serbaguna dan sangat adaptif sehingga cocok untuk pengguna yang pemilih sekalipun. Newcon memiliki tata letak canggih yang dapat dinikmati semua orang, namun kamu juga dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

Newcon bersifat responsif, retina-friendly, dan ramah optimasi SEO sehingga memudahkan pengelolaan traffic blog. Newcon juga mencakup menu tab, langganan buletin, error page, admin layout, dan ads-ready. Sayangnya, versi gratis Newcon tidak mendukung layanan pembaruan template dan tidak diperuntukkan banyak domain.

  • Alpha

Jika kamu berencana mengembangkan blog, tetapi tidak memiliki keterampilan pemrograman atau pengembangan web, Alpha bisa memudahkan kamu memulai membuat blog impian kamu itu. Hampir sama dengan template Pixel, Alpha merupakan template blog gratis dengan beragam fitur dan layout yang fungsional, responsif, modern, dan mudah digunakan.

Fitur utama dari Alpha adalah memiliki image slider yang besar sehingga cocok untuk kebutuhan desain fashion, travel, majalah, berita, atau blog pribadi yang menonjolkan gambar tertentu. Selain itu, Alpha juga mendukung mobile dan retina friendly, optimasi SEO, dan kompatibilitas antar browser.

  • Morpho

Mirip dengan Alpha, Morpho adalah template blog gratis yang tak kalah cantik, canggih, elegan, dan sederhana. Morpho memiliki tampilan yang sangat modern dengan visualisasi gambar yang halus layaknya tampilan menu dan aplikasi di smartphone karena menampilkan gambar dalam bentuk frame rounded corners.

Berbeda dengan Alpha yang terlihat tajam, Morpho adalah template blog yang sepenuhnya responsif dan dapat diakses di semua perangkat, seperti smartphone, tablet, dan komputer desktop.

  • Evonne

Jika kamu mencari template blog gratis yang sangat minimalis dan modern, Evonne mungkin adalah pilihan template terbaik untuk kamu. Evonne merupakan kombinasi template majalah online dan blog yang akan membuat tampilan blog kamu lebih modern dan menarik.

Evonne dioptimalkan untuk mendukung SEO sehingga halaman dan artikel blog kamu bisa mendapat peringkat bagus di mesin pencari. Fitur yang ditawarkan juga modern, seperti konten dan image slider, carousel, social media button, dan pemilihan font Google yang out-of-the-box. Evonne ini cocok untuk blog review film, travel, makanan dan desain blog lainnya.

  • TheBlogger

Seperti namanya, TheBlogger adalah template blog gratis untuk blog dan majalah dengan niche atau topik apa pun. TheBlogger menampilkan desain yang responsive, mobile-friendly, pengoptimalan SEO tingkat lanjut, subscription dan dokumentasi berita.

TheBlogger juga membantu dalam memonetisasi blog dengan menyediakan tata letak untuk iklan. Meski tata letaknya kurang rapi, namun template ini bisa masuk dalam daftar template blogger yang menarik.

  • Everyday

Everyday adalah template blog gratis yang rapi dan kreatif yang layak digunakan untuk proyek blog online. Tata letaknya yang sederhana memungkinkan semua orang mulai dari pemula hingga profesional untuk menggunakannya. Tentunya kamu juga dapat mengkustomisasi template tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan blog.

Everyday memiliki berbagai fitur dan aset yang dapat kamu akses secara gratis. Everyday cocok untuk blog tentang tips, travel, fashion, dan lain sebagainya.

  • Ratio

Selanjutnya, kamu juga dapat mempertimbangkan template blog gratis yang dikenal dengan nama Rasio untuk kebutuhan blog lifestyle, fashion, kecantikan, atau sekedar blog pribadi. Rasio memudahkan pengelolaan dan pemeliharaan blog untuk situs berita khusus dan umum. Penyajian layout template ini cukup jelas dan ramah bagi pemula.

Rasio juga dioptimalkan untuk SEO, mobile dan retina-ready, dan berfungsi dengan lancar dengan browser web. Layout template Rasio minimal menampilkan teks dan gambar di blog yang terlihat mengesankan dan menarik, apa pun perangkat yang digunakan oleh pembaca.

  • Glamour

Glamour adalah template blog gratis yang cocok untuk fashion, OOTD, dan blog lifestyle lainnya. Sesuai dengan namanya, Glamour menampilkan desain elegan minimalis dengan beragam fitur pendukung.

Tampilan blog, tipografi, dan gaya teks yang menarik menjadikan Glamour pilihan utama bagi blog fashion, makanan, dan traveller yang ingin mengekspresikan pemikirannya secara sederhana, praktis, dan global.

  • Grace

Grace adalah template blogger rapi, minimalis, dan elegan yang termasuk dalam daftar template blog gratis terbaik. Grace memiliki fitur hebat, seperti multiple drop-down menu dan recent/random/tag slider.

Grace juga memberikan pilihan widget postingan populer yang dapat disesuaikan, widget postingan terbaru, WhatsApp sharing, kolom komentar, tata letak iklan tambahan, dan masih banyak lagi. Seperti template lainnya, Grace juga bersifat responsif, mendukung optimasi SEO, dan mobile-friendly.

  • Magazine Pro

Jika kamu menyukai desain blog yang sederhana dan rapi, namun informatif, Magazine Pro adalah template blog yang tepat untuk kamu. Magazine Pro diperuntukkan untuk blog majalah gratis dan premium yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu dan harapan pembaca blog.

Magazine Pro memiliki desain yang responsif dan mendukung grafis retina sehingga membuat blog kamu terlihat bagus di tablet dan smartphone. Magazine Pro juga memiliki berbagai tipe halaman, tata letak konten yang didukung berbagai skema warna, font, ikon, dan masih banyak lagi.

  • Infinity

Infinity memfasilitasi pengguna templatenya dengan tampilan yang modern dan menarik untuk menampilkan portofolio bisnis atau blog pribadi. Infinity memiliki beragam ilustrasi, desain, dan skema warna yang sempurna. Infinity memungkinkan kamu membuat website profesional dengan mudah.

  • Soraedge

Soraedge adalah template blog untuk gaya majalah berkualitas tinggi yang mencari tema blogspot berkode dan dirancang berdasarkan pedoman pengembang web. Soraedge dirancang dengan gaya pengkodean yang rapi dan ramah SEO sehingga cocok untuk semua jenis niche blog dan kebutuhan industri. Selain itu, Soraedge juga cocok untuk blog berita, olahraga, kesehatan, dan industri lainnya yang perlu menampilkan konten informatif. Soraedge juga menyertakan fitur pendukung yang meningkatkan aksesibilitas blog di browser.

  • Blush

Blush adalah template blog dengan tata letak yang sederhana dan elegan yang memilik berbagai fitur bawaan. Blush bersifat responsif dan membuat halaman blog dimuat lebih cepat. Blush dibangun pada framework Blogger terbaru dengan tata letak kode baru dan image URL path baru.

Blush adalah template blog gratis yang tampak berkelas dengan fitur-fitur hebat, seperti postingan unggulan, menu drop-down, postingan aktif, email subscription, space iklan tambahan, tombol WhatsApp sharing, dan masih banyak lagi. Blush cocok untuk blog dari berbagai bidang, seperti blog pribadi, kecantikan, makeup, fashion, makanan, travel, dan bahkan blog resep.

  • Plate

Jika kamu suka memasak, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk menjadi food blogger atau recipe blogger. Caranya mudah banget, kamu bisa mulai dengan membangun blog menggunakan template blog gratis dari Plate.

Pada dasarnya, Plate didesain khusus untuk menampilkan layout blog yang sederhana, namun juga dapat menarik pembaca pada gambar yang ada di dalamnya. Plate ini mendukung optimasi SEO yang dilakukan dengan struktur pengkodean blogger baru sehingga mempercepat proses loading page dan responsive.

  • Freelancer

Template Freelancer sangat cocok untuk para freelancer yang ingin mempresentasikan portofolionya secara profesional. Selain itu, template blog gratis ini adalah solusi tepat bagi blogger, wirausahawan, dan pebisnis untuk menampilkan profil perusahaan mereka kepada audiens.

Freelancer memiliki tampilan yang sederhana, namun profesional sehingga membuat blog portofolio kamu menarik untuk dibaca. Freelancer bersifat responsif, SEO Friendly, dan memiliki fitur tema blog, mulai dari warna, font, background blog, dan juga dapat dikustomisasi menggunakan CSS.

  • Sora Cart

Membuat blog menjadi salah satu pilihan bagi para pebisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya dan menjangkau konsumen dengan lebih mudah. Nah, untuk merealisasikannya bisa dengan menggunakan template blogger Sora Cart.

Sora Cart dibuat khusus untuk mendukung segala macam kebutuhan toko online, termasuk pembayaran dan periklanan. Sora Cart menampilkan tata letak yang sederhana clean layout dan banner online besar untuk membantu dalam memamerkan produk terbaru sehingga bisa menarik perhatian konsumen.

Nah, itulah beberapa rekomendasi template blog gratis yang keren dan responsive. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

18 hours ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

20 hours ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

2 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

2 days ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

4 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

4 days ago