HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Template WordPress Untuk Instansi Pemerintah

Berikut ini rekomendasi template WordPress untuk website pemerintahan terbaik, yaitu :

1. Museo

Rekomendasi template WordPress untuk instansi pemerintahan gratis pertama adalah Museo. Plugin ini bisa didapatkan secara gratis di WordPress.org. Selain untuk kebutuhan themes website pemerintahan, Museo bisa dipakai untuk website lembaga pendidikan, badan amal, tempat ibadah dan lainnya.

Template Museo ini buatan dari academiathemes.com, jadi untuk kualitas tidak perlu diragukan lagi. Untuk fitur yang lebih lengkap bisa upgrade ke versi berbayarnya 75$ dalam satu kali pembelian.

2. City Hall

City Hall menjadi rekomendasi kedua template pemerintahan. Template instansi pemerintahan bisa didapatkan secara gratis dan sudah support mobile friendly. Penggunaan themes WordPress ini cocok untuk kebutuhan kota, universitas, taman kanak-kanak, gereja, organisasi dan perusahaan lainnya.

Tampilan themes WordPress ini memiliki layout header dengan sosial media dan nama instansi. Kemudian slider gambar dengan kategori yang berbeda-beda dan informasi serta kontak dari instansi. Untuk bagian footer bisa diisi dengan berita dan info seputar pemerintahan.

3. Bradbury

Rekomendasi berikut untuk kebutuhan template WordPress adalah Bradbury. Bradbury memiliki tampilan yang clean, cepat dan responsif untuk pengguna seluler. Template instansi pemerintahan cocok untuk dipakai website pemerintahan, pendidikan, sosial dan lembaga. Template website pemerintahan gratis ini bisa didapatkan di WordPress.org.

4. Endurance

Template instansi pemerintahan sebenarnya khusus dibuat untuk kebutuhan website gereja, tetapi bisa dipakai untuk kebutuhan organisasi non profit, sekolah dan sejenisnya.

5. The Gov

The Gov merupakan themes yang dibuat khusus untuk kebutuhan website pemerintahan dengan desain yang modern.

Secara tampilan memang sangat menarik dan informasi yang disajikan sangat lengkap seperti :

  • Bisnis.
  • Pemerintahan.
  • Lalu lintas.
  • Ketersediaan ruang parkir.
  • Lowongan pekerjaan.
  • Tempat wisata.
  • pendidikan.

Jadi dengan satu website bisa menampilkan semua informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar.

6. City Gov

Template WordPress yang bisa dicoba selanjutnya adalah CityGov. CityGov memiliki cukup banyak fitur website modern. Antara lain, tampilannya yang responsif dan tema dengan kesan formal yang sangat cocok untuk karakter instansi pemerintahan.

CityGov merupakan template WordPress komersial yang bisa dibeli dengan harga 54 Dollar Amerika di marketplace Themeforest. Apalagi, yang menggunakan template ini juga masih sedikit, baru digunakan kurang dari 400 pengguna. Jadi, tampilan instansi akan bisa berbeda dengan instansi lainnya.

Hal yang menyenangkan dari template ini adalah, CityGov sudah kompatibel dengan site builder Elementor, salah satu site builder paling laris di WordPress.

7. City Government

Sesuai dengan namanya, daftar plugin instansi pemerintahan selanjutnya ini bernama City Government. Template instansi pemerintahan dijual seharga 59$ di Themeforest dengan mengusung desain modern cocok untuk kebutuhan pemerintah daerah, provinsi, departemen, lembaga pemerintahan dan website portal kota.

8. Egovt

Template WordPress untuk instansi yang bisa digunakan selanjutnya adalah EGovt. Tema WordPress yang satu ini dirancang untuk bisa digunakan website pemerintah. Baik untuk tingkat kota, provinsi, ataupun bahkan instansi negara. EGovt cukup mudah digunakan. Kemudian juga kompatibel dengan Elementor Page Builder, WooCommerce dan event manager.

Saat melakukan pembelian versi berbayarnya, akan mendapatkan beberapa fitur seperti :

  • 6 demo eGovt.
  • 40 inner pages design.
  • 55 design block.
  • Compatible dengan elementor.
  • Lifetime update.

9. CityZen

CityZen merupakan themes WordPress pemerintahan bintang lima. Themes ini memiliki semua kebutuhan pada website pemerintahan yang dicari.

Beberapa fitur menariknya seperti :

  • Responsive design.
  • Support retina display.
  • Redux framework.
  • Contact form 7.
  • Compatible dengan elementor.
  • Event calendar.
  • SEO friendly.

10. Cindy

Themes Cindy ini cocok untuk keperluan website pemerintahan, kota, desa, komunitas serta politisi. Bahkan themes ini bisa digunakan juga untuk keperluan bisnis lokal. Untuk desain bisa custom sesuai dengan kebutuhan website yang akan dibuat. Themes pemerintahan ini bisa didapatkan dengan membayar lisensinya 80$ sekali bayar.

11. eGovenz

Tema WordPress selanjutnya adalah eGovenz. eGovenz adalah tema WordPress yang dirancang dan dikembangkan dengan baik. Tema WordPress yang satu ini cocok digunakan oleh website kota-kota kecil, situs website pada lembaga pemerintahan pada level apapun.

Untuk bisa menggunakannya tidak perlu melakukan coding apapun. Beberapa fitur yang dimiliki oleh eGovenz, antara lain One click importer, Elementor Page Builder dan header footer tanpa batas.

12. Right Way 

Untuk sebuah template WordPress untuk pemerintahan, Right Way adalah template yang tergolong multiguna, fresh dan tampak segar. Template ini dibuat untuk memberikan solusi yang bagus untuk website pemerintahan. Right Way memberi semua yang dibutuhkan oleh para instansi pemerintahan.

Right Way sendiri hadir dengan plugin WordPress yang cukup bagus untuk meningkatkan kinerja tema ini. Pada dasarnya, WooCommerce cukup kompatibel dengan WooCommerce dan WP Builder. Cukup dengan drag and drop, sudah bisa membuat website pemerintah. Selain itu, Right Way memiliki widget, shortcode dan plugin yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja.

13. PoliticalWP 

PoliticalWP adalah tema WordPress buatan ThemeSLR yang juga didistribusikan oleh Themeforest. Template ini sudah diunduh sampai 500 kali. Layout memiliki berbagai macam layout yang akan membuat bingung untuk memilihnya. Karena semua layout yang memiliki format yang baik.

Menariknya, PoliticalWP sangat kompatibel dengan WP Page Builder dapat menjadikan PoliticalWP pilihan yang tepat untuk siapa saja yang menginginkan kemudahan. PoliticalWP sendiri cukup mirip dengan template milik Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

14. City of WP 

City of WP adalah template WordPress buatan pengembang tema, yaitu Dannci. Template ini juga dibuat dengan template khusus pemerintahan yang dapat menjadi alternatif bagi yang ingin mengembangkan website instansi pemerintah menggunakan WordPress.

City of WP sendiri cukup disukai karena pada bagian header, yang dapat mengakomodasi penggunaan logo yang cukup panjang. Mayoritas website pemerintah di Indonesia memiliki teks di bagian logo yang panjang. Sehingga, template ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan.

Untuk bisa menggunakan City of WP harus mengeluarkan biaya 54 Dollar Amerika. Saat ini, City of WP telah di-download hingga 500 pengguna.

15. Campaign

Campaign sendiri adalah template keren dan yang cukup rapi. Dengan template ini dapat mengatur website institusi pemerintahan yang baik, dan dapat menarik minat publik. Selain itu juga bisa mendorong keterlibatan masyarakat pada kegiatan-kegiatan pemerintah.

Pada dasarnya, Campaign memang sepenuhnya kompatibel dengan WooCommerce. Jadi bisa sekaligus misalnya, menjual produk yang ada di wilayah. Selain itu, Campaign juga dapat terintegrasi dengan plugin Events. Karena juga bisa membuat acara di komunitas.

16. Liberty

Liberty adalah template WordPress hasil rilisan Themeblossom. Bisa dibilang, tema ini memang dibuat khusus sebagai tema untuk website resmi pemerintahan, atau hal-hal yang terkait dengan kegiatan politik. Sekilas, tampilan utama Liberty layaknya seperti tampilan website pemerintah Amerika Serikat beberapa tahun lampau.

Template dengan logo yang terletak di tengah ini sangat khas dan memberikan kesan formal dan sangat cocok jika digunakan untuk lembaga negara dalam berbagai tingkatan. Mulai dari kepresidenan, kementerian, maupun pemerintah daerah dan yang terkait.

Untuk bisa menggunakan template yang satu ini harus merogoh kocek sebesar 39 Dollar Amerika. Tergolong murah, sebenarnya, karena izin penggunaannya yang tanpa batas. Namun, untuk mendapatkan dukungan tambahan harus memperpanjang izinnya.

Liberty bisa didapatkan lewat situs marketplace tema di Themeforest. Dan tema ini sudah terjual sampai 700an.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

1 day ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

1 day ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

2 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

4 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

5 days ago