HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tentang Intranet Dan Perbedaannya Dengan Internet

Apa Itu Intranet?

Intranet merupakan sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol internet (TCP/IP),untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawan.Terkadang istilah intranet merujuk kepada layanan yang terlihat,yakni situs web internal perusahaan.Untuk membangun sebuah intranet,maka sebuah jaringan harus memiliki beberapa komponen yang membangun internet,yakni protokol internet (Protokol TCP/IP,alamat IP dan protokol lainnya),klien dan juga server.Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lain (FTP,POP3 atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

Umumnya,sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah”versi pribadi dari jaringan Internet” atau sebagai versi dari internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

Komponen pembentukan intranet adalah :

  • Aplikasi browser.
  • Komputer sever.
  • Perangkat jaringan.
  • Protocol TCP/IP.
  • Bahasa pemrograman.
  • Komputer client.
  • Perangkat bantu (development tool) untuk manajemen jaringan local.

Pengertian Intranet Menurut Para Ahli

  •  M. Miftakul Amin

Intranet merupakan suatu local area network (LAN) yang menggunakan standar komunikasi serta juga segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet di dalam lingkungan lokal.

  • O’Brien dan Marakas

Intranet merupakan sebuah jaringan di dalam sebuah organisasi yang menggunakan suatu teknologi internet (seperti web browser dan server, TCP / IP protokol jaringan, penerbitan dokumen HTML hypermedia serta database, dan lain sebagainya ) untuk menyediakan lingkungan internet didalam perusahaan untuk dapat berbagi informasi,komunikasi,kolaborasi,serta juga dukungan dari proses bisnis.

  • Turban,King, Lee dan Liang

Intranet merupakan salah satu jaringan perusahaan ataupun pemerintah yang menggunakan tools didalam internet,seperti web browser serta internet protocol.

Sejarah Perkembangan Intranet

Penggunaan intranet berawal pada tahun 1989 ditemukannya World Wide Web (WWW) oleh Tim Berners Lee dan rekannya.Saat itu,internet dan jaringan komputer pribadi sangat populer di berbagai perusahaan dan instansi.

Pada tahun 1995, Intranet mulai diperkenalkan oleh beberapa provider produk jaringan sesuai dengan kebutuhan informasi dalam bentuk web pada suatu perusahaan.Dengan intranet,suatu organisasi atau perusahaan dapat melakukan berbagai kegiatan yakni mulai dari komunikasi data standar hingga mengirimkan informasi rahasia.

Penggunaan intranet di dalam perusahaan tidak pernah lepas dari perkembangan internet.Kedua teknologi ini dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah dalam perusahaan,misal : efektivitas dan efisiensi kerja.Penggunaan intranet di perusahaan adalah untuk membantu suatu alat dan aplikasi,misalnya kolaborasi dalam kerjasama,manajemen proyek,manajemen hubungan dengan pelanggan dan lain sebagainya,sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Kelebihan Intranet

Keuntungan penggunaan intranet dalam suatu organisasi atau perusahaan, sebagai berikut :

  • Produktivitas Kerja

Intranet membantu pengguna untuk menemukan informasi secara cepat,menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya,serta mengakses database yang diperlukan.

  • Efisiensi Waktu

Intranet membuat organisasi/perusahaan dapat memberikan informasi yang lengkap kepada para karyawan dimana karyawan dapat mengakses informasi yang sesuai untuk mereka sekaligus.Hal ini lebih efektif daripada memberikan informasi melalui email kepada setiap karyawan.

  • Komunikasi

Intranet memberikan fasilitas komunikasi efektif di dalam sebuah organiosasi,baik secara vertikal (bawahan-atasan) maupun horizontal (antaranggota/karyawan). Dengan komunikasi melalui intranet tersebut,para staf akan selalu dapat mengetahui kebijakan terbaru yang ditempuh oleh organisasi atau perusahaannya.

  • Sistem Publikasi Web

Intranet memberikan kemudahan akses data yang memungkinkan data organisasi/perusahaan diakses secara mudah, misal : pedoman karyawan dan data keuntungan,kebijakan organisasi/perusahaan,data pelatihan.Berkas-berkas tersebut dapat diakses menggunakan aplikasi internet standar,seperti Adobe Acrobat dan Flash.Oleh karena tiap divisi dapat memperbarui datanya,pengguna lain dimungkinkan untuk selalu mendapatkan data terbaru.

  • Efektivitas Biaya

Pengguna dapat melihat atau membaca data melalui web browser tidak perlu membaca data fisik seperti buku manual, daftar telepon, dan daftar permintaan.

  • Keseragaman Informasi

Intranet menjamin keseragaman informasi yang diterima karena semua pengguna melihat informasi yang sama di intranet.

  • Meningkatkan Kerjasama

Informasi yang mudah diakses oleh semua pengguna resmi(internal),kualitas kerja tim (team work)akan meningkat.Dengan berbagai keuntungan tersebut,intranet menjadi pilihan bagi organisasi/perusahaan yang memiliki banyak karyawan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas kerja mereka.

Kelemahan Intranet

Meski banyak manfaat,intranet juga memiliki beberapa kelemahan seperti berikut :

  • Dalam perkembangan interaksi di intranet, ada juga kemungkinan untuk mengirimkan hal-hal yang kurang kurang sopan/kasar.Dalam hal ini harus ada keseimbangan antara memanfaatkan kebebasan dan tanggungjawab moral untuk memajukan organisai/perusahaan.
  • Diperlukan latihan (training) untuk mendidik anggota/karyawan untuk menggunakan intranet.
  • Informasi yang salah atau tidak sesuai dapat beredar melalui intranet sehingga mengurangi efektivitasnya.
  • Diperlukan tenaga ahli membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi/perusahaan.
  • Pertimbangan keamanan data merupakan pemikiran utama karena pengguna bisa saja mengirimkan pesan yang sensitif(menyinggung karyawan lain atau atasannya) yang dapat terlihat oleh banyak orang.
  • Karena bebasnya pengiriman pesan antarpengguna, dapat terjadi overload (data penuh) jika tidak dikontrol dengan baik.

Manfaat Intranet Untuk Sekolah

Manfaat penggunaan intranet untuk sekolah yakni :

  • Membantu dalam membuat pengajaran,pembelajaran di sekolah lebih mudah.
  • Membantu dalam mengembangkan kurikulum yang mempersiapkan siswa untuk masa depan.
  • Memberikan siswa lebih banyak informasi untuk menambahkan kurikulum pengajaran.
  • Membantu dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan dan berkualitas tanpa membuang-buang banyak waktu.
  • Membantu dalam mengidentifikasi kebijakan yang relevan dan praktik profesional perpustakaan di negara maju di tingkat sekolah.

Contoh Intranet

  • Jaringan antar komputer di sekolah.
  • Jaringan antar komputer di perkantoran atau perusahaan.
  • Jaringan antar komputer di area gedung.
  • Jaringan antar komputer di kampus.

Perbedaan Internet Dan Intranet

Internet dan Intranet memiliki fungsi yang hampir mirip.Namun kedua teknologi ini memiliki cara kerja yang saling bertolak belakang.Dalam hal pengertian dan fungsi Internet dan Intranet sama-sama suatu jaringan pada beberapa komputer dan biasa digunakan untuk keperluan saling tukar menukar informasi atau data.

Untuk perbedaan mendasar dari Internet dan Intranet adalah sebagai berikut :

Internet :

  • Sifat terbuka,jadi selama pengguna memiliki koneksi untuk Internet maka prosesnya bisa dilakukan dimanapun dan kapan pun serta tidak memerlukan izin dari server.
  • Jangkauan jaringan yang luas,bahkan tidak terbatas,sehingga bisa diakses oleh semua komputer dari berbagai negara bahkan seluruh dunia.
  • Karena memiliki jangkauan tidak terbatas maka secara otomatis komputer server yang digunakan juga tidak hanya satu karena menampung jutaan pengguna dalam waktu bersamaan.

Intranet :

  • Sifatn tertutup,antar komputer atau pengguna bisa mensetting siapa saja yang dapat melihat atau saling mentransfer data. Dengan ini otomatis keamanan data juga lebih terjaga.
  • Jangkauan jaringan yang cukup luas namun terbatas hanya pada satu lingkup saja,bisa untuk organisasi atau instansi lain.
  • Memiliki jangkauan dalam lingkup yang terbatas maka kinerja komputer server tidak terlalu berat (biasanya hanya diperlukan 1 komputer server saja). Namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi overload ketika transfer data dilakukan secara bersamaan.

Baik Internet atau Intranet memegang peran penting dalam kemajuan teknologi hingga saat ini,namun masih banyak yang belum memahami perbedaan dasar kedua teknologi itu.Dengan memahami perbedaan antara Internet dan Intranet kalian pastinya sudah memahami secara detail. Tidak hanya sekedar menggunakannya saja,namun juga memahami cara kerja dari teknologi Intranet.

5/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Memahami SEO: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis yang Perlu Diketahui

SEO (Search Engine Optimization) mengoptimalkan kualitas konten Anda dari berbagai sudut pandang agar website Anda…

20 hours ago

Sangat Mudah! Begini Caranya Membuat Stiker WhatsApp

Halo Sobat Hosteko! Apakah Anda pengguna WhatsApp? Saat ini siapa yang tidak menggunakan WhatsApp? Mulai…

1 day ago

Web Tidak Bisa Dibuka? Yuk Ketahui Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Website adalah teknologi buatan manusia dan tidak dapat menghindari masalah. Salah satunya adalah website tidak…

2 days ago

Panduan tentang TLD: Memahami Top-Level Domain untuk Website Anda

Jika sudah memiliki website, Anda pasti tahu betapa pentingnya nama domain untuk branding online. Namun…

2 days ago

Solusi Sederhana untuk Mengatasi Render-Blocking JavaScript dan CSS di WordPress

Kecepatan memuat website adalah salah satu faktor terpenting dalam menarik dan mengumpulkan pengunjung. Jika semuanya…

3 days ago

Begini Caranya! Langkah Menciptakan Login Form Dengan HTML dan CSS

Banyak orang yang familiar dengan istilah login form. Login form biasanya menyertakan inputan yang harus…

3 days ago