HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Wordpress

Sidebar WordPress : Pengertian, Kegunaan dan Tipe

pengertian Sidebar WordPress

Sidebar adalah kolom atau space yang berada di area samping konten website. Elemen ini bisa diisi menu utama atau pun pelengkap, navigasi menuju halaman tertentu, serta berbagai widget.

Dengan memasang sidebar, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Ini beberapa di antaranya :

  • Membuat website lebih rapi dan informatif sehingga memudahkan pengunjung untuk menjelajahi website dengan adanya widget navigasi, search box, categories dll.
  • Menyorot informasi penting untuk membuat pengunjung semakin berminat dan nyaman mengakses website seperti konten terpopuler, rekomendasi bacaan, dan banyak lagi.
  • Meningkatkan konversi serta menjaring leads melalui penempatan form dan CTA yang strategis dan jelas.
  • Mengoptimalkan ruang promosi dengan menjadikan sidebar sebagai tempat memasang iklan.
  • Meningkatkan engagement dengan memasang social media button, biografi singkat dll.

Kegunaan Sidebar WordPress

Sebelum mengetahui kegunaan dari sidebar apakah sudah tahu cara membuat sidebar di blog atau website? Caranya, buka Appearance > Widgets lalu drag-and-drop widget pilihan.

Jika ingin membuat lebih banyak area, gunakan plugin Custom Sidebars. Plugin ini memungkinkan mengedit sidebar tanpa harus menambahkan coding, dengan hasil yang sama bagusnya.

Setelah menyediakan tempat, kemudian tambahkan iklan, atau hal-hal lain seperti berikut :

  • Rekomendasi Bacaan

Jangan biarkan pengunjung pergi begitu saja setelah membaca postingan. Coba tarik perhatian pengunjung pada postingan populer yang masih terkait dengan artikel yang baru saja dibaca. Tidak hanya menambah trafik, trik ini juga akan meningkatkan performa SEO. Semakin lama pengunjung berada di situs, semakin tinggi pula peringkat website di mesin pencari.
Rekomendasi plugin : WordPress Popular Post dan Jetpack.

  • Email Berlangganan

Jika pengunjung menyukai konten, ada kemungkinan akan mencari tahu lebih jauh tentang website. Cobalah untuk menambahkan email berlangganan di sidebar. Pengunjung pun bisa berlangganan untuk mendapatkan informasi atau artikel terbaru.
Rekomendasi plugin : OptinMonster dan MailCimp.

  • Fitur Media Sosial

Postingan yang bagus akan membuat pengunjung tertarik untuk membagikannya. Tambahkan fitur social media sharing di sidebar agar pengunjung bisa membagikan konten. Jika memiliki kanal media sosial juga bisa menambahkan widget agar pengunjung bisa mengunjungi media sosial.
Rekomendasi plugin : Simple Social Icons dan Easy Social Share.

  • Reputasi Website

Jangan malu untuk menunjukkan reputasi. Entah itu statistik berlangganan maupun testimonial, boleh menunjukkan semuanya. Menampilkan reputasi website di sidebar mampu membangun kepercayaan, terutama bagi pengunjung baru.
Rekomendasi plugin : Social Count Plus dan Testimonials Widgets.

  • Sticky Sidebar

Misalnya memiliki postingan yang cukup panjang. Selagi pengunjung membaca dan scroll postingan tersebut, sidebar tetap berada di tempatnya. Sticky sidebar adalah fitur yang membuat sidebar tetap berada di tempatnya sembari pengunjung membaca konten. Lihat rekomendasi kami di bawah ini untuk membuat sticky widget.
Rekomendasi plugin : Q2W3 Fixed Widgets, Sticky Menu (Or Anyting) on Scroll.

Tipe Sidebar WordPress

Berikut adalah tipe sidebar WordPress yang bisa dicoba, yaitu :

1. Profil Pemilik Website

Sidebar WordPress bisa digunakan untuk memasang profil pemilik website. Bisa memberikan informasi mengenai siapa, keahlian, serta topik atau niche yang ingin dibagikan ke audiens.

Dengan begitu, secara cepat pengunjung akan mengetahui tentang apa website bercerita. Dari situlah, pengunjung akan lebih mudah merasa engaged.

Alhasil bisa sekaligus mempromosikan akun sosmed dan memudahkan pengunjung untuk menjadi pengikut. Sidebar tipe ini cocok bagi website yang membutuhkan engagement dan kesan personal kuat. Seperti website portfolio, blog, dan lain-lain.

2. Navigasi Website

Selanjutnya ada sidebar navigasi website. Biasanya akan menjumpai menu navigasi pada bagian header. Sayangnya, terkadang area yang tersedia tidak dapat memuat seluruh menu yang ingin ditampilkan.

Bisa mengakali masalah ini dengan menggunakan sidebar.  Silahkan pasang navigasi tambahan yang tidak ada di menu utama. Contohnya seperti halaman subscription, halaman disclaimer, privacy policy dll.

Pengunjung bisa dengan mudah menemukan navigasi menu. Dengan begitu, tujuan lebih mungkin tercapai. Misalnya, berlangganan menjadi lebih cepat dan mudah. Alhasil, konversi berpeluang untuk meningkat.

Sidebar ini memungkinkan mendapatkan ruang yang lebih luas. Caranya dengan mengemas ke dalam hamburger button. Hamburger button baru akan menampilkan bilah menu jika mengklik. Jika tidak, menu akan tetap tersembunyi. Alhasil, website akan terlihat simpel layaknya membuka versi mobile.

Sidebar WordPress ini juga cocok untuk website dengan menu yang kompleks.Bisa menggunakan scroll sidebar sehingga pilihan menu dapat digulir. Cocok untuk website personal sampai level bisnis.

3. Breadcrumb Website

Sidebar adalah tempat yang strategis untuk meletakkan breadcrumb. Breadcrumb sendiri merupakan elemen dalam website yang berfungsi menunjukkan lokasi halaman website yang sedang pengunjung akses.

Karena breadcrumb area kiri dan kanan cukup mudah terlihat. Dengan demikian, pengunjung dapat langsung menemukannya dan mengetahui lokasi halaman yang sedang dikunjungi. Website pun jadi lebih informatif dan mudah dijelajahi.

Kelebihan lainnya, breadcrumb yang biasa seringkali tenggelam saat pengunjung scroll. Sebab, elemen ini biasanya berada pada bagian atas halaman. Dengan sidebar sebagai breadcrumb, masalah ini bisa teratasi.

Caranya, buatlah breadcrumb sebagai sticky sidebar. Area tetap akan tetap terlihat meski pengunjung scroll. Gunakan juga warna yang menarik dan mencolok untuk menunjukkan halaman yang sedang diakses.

Namun perlu diingat, sidebar WordPress ini cocok untuk website dengan menu navigasi sederhana. Jika menggunakannya untuk menu yang kompleks atau multi-level menu, sebaiknya gunakan format dropdown menu. Tujuannya, agar sidebar tidak memakan terlalu banyak ruang.

4. Progress Bar

Menggunakan sidebar WordPress ini, website terlihat lebih sederhana sekaligus memberikan tampilan lebih luas. Karena bisa menyajikan konten secara full-screen. Pengunjung pun juga akan mudah menavigasi dari satu halaman ke halaman lainnya.

Penting diperhatikan, tipe ini cocok untuk website yang memiliki menu sederhana. Sebaiknya, dots tidak terlalu banyak. Pastikan layar mampu menampilkan seluruh dots yang dibutuhkan. Sebab, terlalu banyak dots malah akan membuat pengunjung bingung.

5. Rekomendasi Bacaan

Memasang rekomendasi bacaan pada sidebar WordPress membawa manfaat dua arah. Bagi pengunjung, wawasan mereka akan semakin lengkap. Sedangkan bagi pemilik website, performa SEO website akan meningkat seiring traffic dan spend time yang semakin tinggi.

Supaya pengunjung semakin berminat klik rekomendasi bacaan pada sidebar, buatlah tampilan sidebar yang menarik. Misalnya, menambahkan featured image serta memberikan judul sidebar yang menarik seperti Top Stories, Most Popular dll.

Tipe sidebar WordPress ini cocok untuk website bisnis maupun blog. Dengan menggunakan tipe ini, konten akan memiliki kesempatan lebih besar untuk dinikmati oleh pengunjung website.

6. Papan Ranking/Popular Post

Sidebar adalah area yang cocok untuk menunjukkan papan ranking atau popular post. Sebab, posisinya yang strategis dan mencolok akan menarik perhatian pengunjung website.

Dengan begitu, konten yang masuk dalam daftar peringkat akan berpeluang untuk menghasilkan klik.

Untuk membuat papan ranking lebih eye-catching, jangan lupa untuk memberikan nomor. Jika tidak, sidebar terlihat kurang menarik dan potensi untuk di-klik pun bisa menghilang.

Selain itu, penting juga untuk memberikan whitespace yang cukup. Whitespace akan memberikan pagar yang jelas pada setiap peralihan ranking. Pengunjung pun dapat lebih mudah menangkap informasi.

Biasanya, website yang membutuhkan sidebar WordPress tipe ini yaitu website berita, situs media dan chart musik, dan banyak lagi. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi website bisnis untuk menggunakannya juga. Misalnya, untuk menonjolkan produk-produk terlaris.

7. Penjualan

Sidebar WordPress juga bisa digunakan untuk mempercepat alur konversi. Cocok sekali bagi yang ingin meroketkan penghasilan website bisnis. Apalagi, area sidebar cukup mencolok sehingga pasti pengunjung website dapat segera menemukannya.

Supaya elemen ini bekerja dengan efektif, buat desain yang menarik. Gunakan CTA dengan warna yang mencolok sehingga sidebar terlihat lebih eye-catching. Cantumkan juga copy yang menarik agar pengunjung website tergoda mengkliknya.

8. Shopping Cart

Menyediakan CTA menuju ke penjualan saja tidak cukup. Perlu melengkapi website dengan shopping cart. Shopping cart pun harus diletakkan pada area yang mudah dilihat, salah satunya yaitu sidebar.

Dengan menyediakan shopping cart pada sidebar, calon pembeli akan terbantu saat berbelanja. Mereka bisa melihat berapa jumlah item yang akan dibeli. Lebih bagus lagi jika shopping cart mampu menampilkan total harga yang perlu dibayar.

Untuk membuat shopping cart pada sidebar pun relatif mudah. Hanya perlu menginstal plugin e-commerce dan mengaturnya sesuai kebutuhan. Cukup dengan pengaturan sebentar saja, website bisa memiliki sidebar WordPress berisi shopping cart yang informatif.

9. Kotak Pencarian

Ada kalanya pengunjung kesulitan menemukan info tertentu pada website. Sebab, website menampilkan terlalu banyak konten dan pasti memakan waktu lama untuk mencarinya.

Untungnya, masalah ini bisa terselesaikan jika sidebar menyediakan kotak pencarian.

Sidebar cocok untuk memasang kotak pencarian karena lokasi yang strategis sehingga widget akan mudah ditemukan oleh pengunjung. Dengan begitu bisa langsung menuliskan kata kunci tertentu di sana dan segera menemukan hasilnya.

Tipe sidebar WordPress ini cocok untuk website berjenis apapun, terutama situs e-commerce. Calon pembeli hanya perlu mengetikkan barang yang mereka cari dan website akan menampilkan produk yang relevan. Konversi pun selangkah lebih dekat.

10. Filter Preferensi Produk

Pengunjung menginginkan cara termudah untuk menggunakan website. Pada website e-commerce, misalnya. Calon pelanggan tentunya berharap bisa semudah mungkin menemukan barang yang sesuai selera mereka.

Bisa memfasilitasi hal tersebut dengan menyediakan sidebar untuk menyortir produk. Sidebar akan menampilkan berbagai jenis filter untuk menyaring produk agar sesuai minat calon pelanggan. Seperti warna, ukuran, harga dll.

Dengan cepat, pengunjung dapat menemukan etalase produk yang sudah di filter. Akhirnya, pembelian pun dapat segera terjadi.

Jika memiliki website e-commerce sebaiknya menggunakan sidebar WordPress untuk menampilkan filter preferensi produk. Selain memudahkan calon pembeli, konversi pun dapat dihasilkan lebih cepat.

11. Tombol Berlangganan Newsletter

Gunakan sidebar untuk meletakkan tombol berlangganan. Pengunjung akan mudah menemukan dan dalam sekejap daftar kontak. Sebagai tips, buat formulir dan tombol CTA yang sederhana. Misalnya, pengunjung cukup memasukkan nama dan alamat email. Kemudian, diakhiri dengan satu tombol CTA berwarna mencolok.

Untuk mendapatkan formulir berlangganan dan CTA dengan praktis bisa langsung membuatnya menggunakan plugin Contact Form 7. Bahkan jika tidak menguasai coding tetap bisa memakai plugin ini dengan mudah.

12. Tombol Berbagi

Jika ingin mendongkrak traffic website lebih tinggi lagi pasang saja tombol berbagi pada sidebar WordPress. Melalui fitur ini, pengunjung bisa dengan mudah membagikan konten ke berbagai saluran promosi seperti Twitter, Facebook, dan sosial media lainnya.

Pastikan menyematkan link yang valid pada setiap action button agar pengunjung dapat mengakses. Supaya tombol berbagi terlihat lebih meyakinkan juga bisa menambahkan social proof untuk menunjukkan impresi konten tersebut.

Sidebar WordPress ini cocok untuk website dengan jenis apapun. Dari personal hingga level bisnis. Jadi, jangan ragu untuk memasang tombol berbagi pada sidebar website.

13. Daftar Testimoni

Testimoni adalah bagian yang penting bagi sebuah website bisnis. Sebab, elemen ini dapat memperkuat keputusan seseorang untuk melakukan konversi. Oleh karena itu, testimoni harus diletakkan pada bagian yang sering dilihat pengunjung website. Sidebar adalah solusinya.

Dapat menampilkan beberapa testimoni terbaik klien pada area sidebar. Supaya testimoni lebih meyakinkan, jangan lupa menampilkan foto klien.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

9 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

13 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

4 days ago