HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tips Aman Belanja Online Di Situasi Pandemi

Dengan adanya pandemi COVID-19 mengubah perilaku masyarakat,karena pemerintah menganjurkan untuk dirumah saja dan mengurangi aktivitas diluar rumah.Di masa pandemi,banyak orang mengisi waktu dengan berbelanja di beragam aplikasi toko online.

Berbelanja di aplikasi toko online menjadi tren yang digemari masyarakat karena beragam kemudahan yang ditawarkan.Dibandingkan dengan berbelanja secara tradisional yang merepotkan karena harus datang mengunjungi toko,berbelanja online dirasa lebih praktis karena dilakukan via gadget.Sangat praktis.Di lain sisi, berbelanja online saat pandemi dianggap mengkhawatirkan oleh sejumlah pihak,lantaran paket yang diterima konsumen bisa terpapar virus COVID-19 dalam masa pengirimannya.Jika tidak hati-hati,bukan tidak mungkin kalian bisa terinfeksi virus.

Namun,tidak perlu khawatir.Berikut ini kami berikan tips aman berbelanja di toko online saat pandemi.Yuk langsung simak pembahasannya :

Kenapa Belanja Online Saat Pandemi ?

Sudah banyak studi ilmiah membuktikan bahwa belanja online menjadi aktivitas primadona selama masa pandemi COVID-19.Tindakan memborong produk dari aplikasi belanja online termurah menjadi bentuk pelampiasan dari kecemasan yang muncul selama menjalani masa pandemi.Studi menunjukkan,seseorang dengan tingkat kecemasan tinggi cenderung mengalihkan perhatian dengan berbelanja secara impulsif. Lambat laun,tindakan ini menjadi semacam terapi tersendiri untuk membuat perasaan seseorang merasa lebih baik.Terapi ini dikenal dengan nama terapi ritel.

Selain stress,faktor kesedihan bisa mendorong seseorang untuk berbelanja yang mana memberikan rasa senang dan aman.Fakta ini turut mendasari fenomena panic buying yang sempat terjadi saat COVID-19 merebak pertama kali.Saat itu,masyarakat dilanda oleh kecemasan dan ketakutan tingkat tinggi terhadap situasi pandemi.Muncullah tindakan panic buying sebagai bentuk perlindungan diri masyarakat.Berbelanja di toko online selama masa pandemi sesungguhnya boleh saja dilakukan,asalkan kalian tetap menjaga keselamatan diri.

Tips Aman Belanja Online Saat Masa Pandemi

Agar aktivitas belanja online tetap aman,ikuti tips saat bertransaksi menggunakan aplikasi belanja online termudah berikut ini :

  • Membeli Kebutuhan

Tips awal yang perlu diperhatikan saat berbelanja yakni sesuai kebutuhan,bukan keinginan.Cara ini dapat membantu kalian untuk terhindar dari terapi ritel atau panic buying.Pikirkan baik-baik jika kalian benar-benar membutuhkan barang yang hendak dibeli.Sebab,kebiasaan berbelanja menuruti keinginan cenderung merusak kondisi keuangan dan tabungan.

  • Melakukan Pengecekan

Selalu pastikan keaslian barang sebelum membeli.Metode berbelanja online yang super praktis tetap kadang kala menjadikan banyak orang lalai mengecek keaslian barang.Untuk menghindarkan diri dari kekecewaan atau penipuan,selalu cek sejumlah aspek dari produk yang ingin dibeli seperti deskripsi produk,informasi pengiriman,kesesuaian nama barang dan foto.Untuk mengetahui kualitas asli barang,kalian bisa membaca kolom testimoni dari pelanggan sebelumnya.

  • Belanja Di Toko Terpercaya

Cara mudah untuk menyelamatkan diri dari modus penipuan yakni berbelanja di toko online yang sudah terpercaya.Saat sudah banyak aplikasi belanja online termurah sekaligus terpercaya seperti : Lazada,Shopee,Tokopedia dan lainnya.

Toko-toko tersebut lebih terjamin keamanannya karena menggunakan sistem pembayaran yang diamankan pihak ketiga.Selain itu,terdapat tim customer service yang bisa membantu jika timbul masalah saat berbelanja.Jika ingin berbelanja di toko online via website atau media sosial, pastikan kalian berbelanja dari situs yang resmi.Jangan lupa untuk mengecek keaslian toko tersebut.Cari tahu identitas toko,kontak yang bisa dihubungi hingga testimoninya.

  • Menggunakan Pembayaran Tanpa Kontak

Toko saat ini banyak yang menyarankan pembayaran tanpa kontak (cashless) untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19.Pembayaran tanpa kontak berarti menggunakan pembayaran digital seperti e-wallet,kartu kredit,debit instan hingga transfer bank.

Banyak toko online turut menggunakan sistem dompet ketiga seperti Shopeepay,OVO,Go-Pay untuk transaksi karena dinilai lebih aman,praktis dan tentunya bebas dari kemungkinan kontaminasi virus.

  • Hindari Menyimpan Informasi Kartu Kredit

Salah satu metode pembayaran saat berbelanja online yakni kartu kredit.Namun,sebaiknya kalian menghindari tindakan menyimpan informasi kartu kredit di akun toko online manapun.Tindakan ini berguna untuk mencegah peretasan dan penyalahgunaan informasi kartu kredit oleh oknum hackers.

  • Memeriksa Syarat dan Ketentuan Toko

Pada tiap toko online,tentu memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda.Sebelum memutuskan berbelanja di suatu toko,cari tahu syarat dan ketentuan pelayanan yang dimiliki,mulai dari prosedur pelayanan hingga perlindungan data pribadi.Jangan sampai kalian terkena masalah karena tidak membaca syarat dan ketentuan toko.

  • Pilih Metode Terima Pesanan Tanpa Kontak

Banyak toko online di masa pandemi ini berinovasi dengan menyediakan fitur metode terima pesanan tanpa kontak.Cara ini sama efektifnya dengan metode pembayaran tanpa kontak (cashless) dari segi meminimalisir penyebaran Virus Corona melalui sentuhan.Untuk bisa menggunakan metode terima pesanan tanpa kontak,kalian harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan kurir.Kalian bisa meminta kurir untuk menggantungkan paket di pagar rumah atau meletakkan paket di bagian depan pintu masuk rumah saja.

  • Meminta Foto Asli Produk

Penjual online terkadang menawarkan produk mahal namun dengan harga yang super miring.Secara logika,produk berkualitas tinggi tidak akan dijual jauh dari harga normal di pasaran.Produk murah biasanya memiliki kualitas sesuai dengan harganya.Jadi untuk mencegah kerugian atau penipuan,kalian harus memastikan benar-benar kondisi barang sebelum membeli.Salah satu caranya dengan meminta penjual untuk memfotokan kondisi asli produk.

  • Mengajukan Pertanyaan Seputar Produk kepada Penjual

Jika masih menemukan kendala saat ingin berbelanja,jangan ragu untuk menghubungi penjual dan menyampaikan pertanyaan.Tidak ada salahnya juga untuk kalian memastikan sejumlah informasi dari deskripsi yang dirasa masih membingungkan kepada penjual.

Kalian bisa menanyakan kondisi barang,meminta foto asli hingga bertanya tata cara pengembalian barang jika tidak sesuai keadaan agar tidak menimbulkan konflik di kemudian hari.

  • Menyemprot Paket dengan Disinfektan

Cara ini dilakukan setelah paket kalian tiba di rumah.Sebelum membuka paket,kalian semprot bungkus paket dengan disinfektan agar kuman, bakteri dan virus yang menempel di atasnya mati.Begitu pun setelah membuka paket,langsung semprot produk dengan disinfektan atau jika barang bisa dicuci (seperti pakaian) segera cuci produk sebelum dikenakan.

Ingat, cara ini hanya boleh dilakukan pada produk yang bukan m0akanan, ya! Jika Anda membeli paket makanan, Anda bisa menyimpan paket di bawah paparan sinar matahari selama beberapa saat agar semua kuman dan virus yang menempel di pembungkusnya mati.

  • Biasakan Membuka Paket Di Luar Rumah

Untuk mencegah kemungkinan virus menempel pada barang-barang di rumah, ada baiknya untuk langsung membuka paket di luar rumah setelah menerimanya. Anda bisa menggunakan sarung tangan saat membuka paket guna meningkatkan perlindungan diri.

  • Buang Bungkus Paket Secara Aman

Setelah membuka paket, ambil isinya lalu buang bungkusnya ke tempat sampah yang aman. Tempat sampah yang aman haruslah berada di luar rumah agar sampah paket tidak mengontaminasi perabot rumah dan penghuni dengan virus atau bakteri yang ia bawa.

  • Mencuci Tangan Setelah Membuka Paket

Begitu selesai membuka paket, segera cuci tangan dengan air mengalir serta sabun. Ikuti tata cara mencuci tangan sesuai arahan WHO selama minimal 20 detik. Anda bisa menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” sebagai patokan 20 detik durasi mencuci tangan. Rajin mencuci tangan sudah terbukti efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona.

  • Menyimpan Bukti Transaksi

Tips aman berbelanja online selanjutnya adalah menyimpan bukti transaksi.Bukti ini dapat digunakan sebagai bukti jika kelak hendak mengajukan komplain terhadap produk. Bukti transaksi umumnya tersimpan otomatis dalam bagian riwayat pada aplikasi toko online. Bukti ini mencakup segala detil perbelanjaan mulai dari informasi produk, harga, hingga bukti pembayaran.

  • Hindari Membeli Produk Luar Negeri

Menghindari membeli produk dari luar negeri merupakan tips terakhir untuk aman dari virus,Selain memperbesar potensi paparan virus COVID-19, membeli produk luar negeri bisa menyulitkan kalian saat mengajukan komplain atau pengembalian barang rusak.Coba untuk mencari produk-produk lokal terlebih dahulu.Sekarang sudah ada banyak produk lokal berkualitas baik selayaknya produk luar negeri.

 

Nah,Itulah artikel pembahasan lengkap terkait cara aman belanja di toko online selama masa pandemi.Semoga tips kali ini bermanfaat untuk kalian.Penting!Selalu ingat untuk memprioritaskan penjagaan kesehatan di semua kegiatan kalian,termasuk saat belanja online 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

6 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

8 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago