HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tips Memaksimalkan Online Review Untuk Meningkatkan Bisnis

Menurut penelitian,ada 94% konsumen mengatakan mereka menghindari suatu bisnis setelah membaca ulasan negatif mengenai bisnis tersebut.Sebenarnya ulasan online bukan hanya cara bagi konsumen untuk mengungkapkan pendapat mereka tentang suatu produk atau layanan.Ulasan juga dapat mempengaruhi peringkat pencarian bisnis.

Jika kalian mengelola bisnis dan baru mengenal ulasan online,maka artikel ini akan membantu kalian memahami mengapa ulasan itu penting bagi suatu bisnis.

Alasan Online Review Bermanfaat Untuk  Bisnis

Berdasarkan Penelitian : konsumen mempercayai ulasan online tanpa adanya rekomendasi pribadi yang dibuat oleh teman dan keluarga.Ulasan mempengaruhi keputusan belanja lebih dari jenis pemasaran dan iklan online apa pun.

Berikut ini statistik lainnya tentang ulasan pelanggan yang menunjukkan dampak ulasan online yang terus berkembang terhadap perilaku konsumen.

  • Peringkat bintang Yang Penting

    Sebagian besar konsumen menggunakan filter peringkat untuk memberitahu produk atau jasa bisnis yang tidak mereka sukai.Filter paling umum diterapkan untuk melihat hanya bisnis dengan peringkat bintang 4 (dari 5) dan lebih tinggi (35%).

  • Pembaca yang melihat ulasan sering melakukan pembelian

    Konsumen yang menelusuri bisnis lokal secara online biasanya mengunjungi bisnis tersebut dalam waktu 48 jam.Jenis informasi utama yang mereka cari yakni dalam format foto (24%),ulasan online (21%) dan peringkat pencarian (21%).

  • Konsumen mengharapkan brand untuk menanggapi ulasan

    Jangan sekali-kali menganggap bahwa ulasan yang diberikan dari konsumen tidak penting,karena 53% mengharapkan bisnis menanggapi ulasan negatif dalam 7 hari.

  • Google menjadi situs ulasan teratas

    Biasanya juga konsumen memeriksa ulasan online di Google sebelum membeli produk dari suatu brand atau bisnis. Google telah menjadi situs raksasa yang serba ada dan cepat,jadi kebanyakan orang mempercayai informasi dari situs ini. seperti Tripadvisor,Facebook dan lainnya.

Tips Memaksimalkan Online Review

Di tengah cara hidup online dengan penyebaran berita yang cepat dan selalu up to date,online memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menggerakkan banyak orang.Konsumen akan mencari ulasan online yang berdampak pada keputusan pembelian mereka.Karena itu,ulasan pelanggan online memiliki dampak besar pada bisnis dan penting untuk meningkatkan reputasi online.

Dibawah ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk memaksimalkan dan meningkatkan ulasan online kalian dan mengelola reputasi online bisnis.

  • Berikan layanan pelanggan yang baik

    Konsumen mencari pengalaman pelanggan yang sangat baik dimana hasil dari layanan yang baik akan memberikan ulasan yang lebih baik pula.Pengalaman pelanggan harus menjadi pusat dari semua yang kalian lakukan dan pelanggan kalian harus selalu merasa dihargai.

  • Arahkan pelanggan tentang pentingnya meninggalkan ulasan

    Tercatat kebanyakan konsumen akan bersedia menulis ulasan jika diminta,tetapi dengan begitu banyak situs ulasan,maka beritahu mereka ulasan mana yang kalian perlukan.Meluangkan waktu sebentar untuk mendidik atau mengarahkan pelanggan tentang nilai meninggalkan ulasan dapat menjadi vital bagi bisnis kalian.

  • Mengoptimalkan listing di setiap platform

    Pada setiap situs ulasan utama,kalian dapat mengklaim cantuman dan membuat profil bisnis.Ini memungkinkan untuk memperbarui daftar dengan informasi dan foto terkini.Deskripsi kalian harus persuasi dan mengundang konsumen untuk melihat produk atau layanan kalian.Daftar yang dioptimalkan akan meningkatkan kehadiran online kalian dan lalu lintas mesin telusur.

  • Menanggapi ulasan negatif dengan bijak

    Penting untuk menanggapi ulasan negatif karena tidak melakukannya memberitahu pelanggan kalian bahwa kalian tidak peduli dengan umpan balik mereka.Saat merespons,selalu beri tahu pelanggan bahwa kalian mendengarnya dan bersedia memperbaikinya.

    Beritahu bahwa kalian berempati dengan pelanggan.Ini supaya pelanggan kalian tahu bahwa kalian peduli dengan pengalaman mereka dengan bisnis kalian dan memberikan kepercayaan kepada pelanggan potensial untuk berbisnis dengan kalian.Sangat penting untuk menanggapi ulasan negatif pada situs serta media sosial.

  • Menawarkan insentif

    Menawarkan insentif dapat membantu jika bisnis baru atau kalian mencoba untuk mendapatkan ulasan dengan cepat.Situs ulasan biasanya tidak menyukai bisnis yang membayar pelanggan untuk meninggalkan ulasan.Tetapi menawarkan diskon,kupon atau barang gratis kecil tidak masalah.Selain itu,pastikan juga pelanggan tahu bahwa mendapatkan insentif tidak bersyarat untuk meninggalkan ulasan positif.

Daftar Situs Online Review Terbaik

Banyak situs web dan platform media sosial di dunia sekarang ini yang mana semua bisnis biasanya juga bergabung disitu.Ini tentu saja berarti orang-orang dapat mengunjungi mereka dan meninggalkan kesan mereka terhadap produk atau jasa yang mereka dari brand tersebut.

Adapun situs populer untuk menemukan online review yakni :

  • Facebook

    Semua orang tentu mengenal Facebook yang merupakan platform jejaring sosial di mana pengguna dapat membuat profil,mengunggah foto dan video,mengirim pesan mengikuti bisnis dan brand kesukaan mereka.Bisnis dan brand dapat membuat profil bisnis yang dapat diikuti pengguna dan meninggalkan ulasan bisnis berdasarkan pengalaman mereka dengan produk yang dijual oleh brand atau bisnis.

  • Google

    Menurut internetlivestats. com,mesin pencari Google melakukan lebih dari 3,5 miliar pencarian per hari.Karenanya bisnis harus mudah ditemukan di Google ketika konsumen lokal melakukan pencarian.Pengguna dapat meninggalkan ulasan untuk bisnis dengan mudah dan cepat.

Semakin sedikit masalah yang terlibat dalam proses peninjauan bisnis,semakin mudah mendapatkan lebih banyak ulasan. Mendapatkan ulasan melalui akun Google My Business adalah tempat yang bagus untuk memulai terlebih lagi jika kalian adalah bisnis lokal baru.

  • Amazon

    Ingin membeli produk dari luar negara ? Amazon merupakan salah satu e-commerce raksasa yang menjangkau banyak negara dan menjual produk serba ada.Faktanya,Amazon sudah melatih konsumen untuk menggunakan sistem ulasan mereka sejak lama.Pengguna Amazon telah mengetahui bahwa ulasan sangat berharga yang karenanya pembelian hanya akan terjadi jika adanya online review yang baik.

Sebelum memutuskan membeli suatu barang di e-commerce atau toko online,pembeli akan melihat rating bintang dan ulasan yang ditinggalkan pembeli sebelumnya.Ulasan ini sangat signifikan sehingga bahkan dapat dimanfaatkan sebagai alat pemasaran untuk meningkatkan reputasi dan pendapatan dari sebuah bisnis.

Hanya saja,tidak semua pelanggan memahami pentingnya ulasan terhadap reputasi mereka.Karenanya jangan lupa edukasi pelanggan kalian dan selalu berikan pelayanan terbaik agar pelanggan senang hati meninggalkan kesan baik mereka dan menyebarkannya bisnis kalian ke orang terdekat mereka.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago