HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Ini Dia! Tips Membuat Desain Website Perusahaan

Saat ini, banyak website perusahaan yang berlomba-lomba untuk memberikan kesan website terbaik kepada pelanggannya. Tidak hanya perusahaan besar, usaha kecil pun membutuhkan desain web perusahaan yang keren.

Jika kamu menjalankan bisnis online, kini saatnya membuat website untuk bisnis kamu. Nah, kali ini, Hosteko akan membeberkan tips yang harus kamu perhatikan saat membuat website perusahaan terbaik.

Tips Membuat Desain Web Perusahaan Terbaik

  1. Tentukan Nama Domain yang Bagus

Suatu nama domain dapat merepresentasikan alamat sebuah website dan seringkali menjadi pintu masuk utama bagi pelanggan untuk mengakses website suatu perusahaan. Oleh karena itu, pemilihan nama domain mempengaruhi citra baik perusahaan. Selain itu, nama domain juga mempengaruhi keterbacaan website di mesin pencari.

Pencarian nama domain menjadi lebih mudah jika dipadukan dengan ekstensi domain yang sesuai. Nama domain yang sesuai untuk website perusahaan biasanya memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Mudah dieja atau minimal sesuai nama perusahaan.
  • Singkat, namun bukan berarti harus terdiri dari satu dua huruf.
  • Menggunakan ekstensi domain resmi, misalnya .com atau .id.
  • Tidak mengandung banyak angka atau simbol untuk mengurangi resiko susah diingat.
  • Fleksibel jika ada perubahan atau tidak adanya perubahan nama domain yang ekstrem agar tidak mempengaruhi SEO website.
  1. Pilih Web Hosting Aman dengan Tech Support

Saat kamu membeli domain dari suatu provider, biasanya hosting juga diperlukan. Hal ini dikarenakan, hosting dan domain saling berkaitan. Ibaratnya, hosting adalah rumah dari desain web perusahaan yang kamu buat di localhost. Sedangkan domain adalah alamat tempat website ditampilkan agar dapat online.

Dengan menghubungkan nama domain ke hosting, ketika pengguna mengakses alamat website perusahaan melalui domain tersebut, pengguna akan ditampilkan halaman website yang sesuai, bersamaan dengan pemrosesan data dan transaksi yang terjadi selama pengguna mengakses website tersebut.

Ada berbagai jenis hosting, misalnya hosting dengan server, dedicated server, dan virtual private server. Jadi, kamu dapat memilih dari tiganya tergantung kebutuhan dan skala website kamu. Perlu diingat! Pilihlah provider hosting yang menyediakan 24/7 support dan fasilitas panel kontrol user-friendly, seperti c-Panel.

  1. Menampilkan Deskripsi Bisnis dengan Jelas

Dalam membuat website perusahaan, sangat penting untuk memberi tahu audiens siapa perusahaan kamu dan apa yang perusahaan kamu lakukan, sehingga mereka tidak bingung ketika mengunjungi website kamu.

Selama mendesain web perusahaan, pastikan gambar header pada beranda (hero image) merepresentasikan layanan atau produk unggulan perusahaan. Lengkapi halaman tersebut dengan uraian teks pengantar di dekat bagian atas halaman.

Selain itu, pastikan menu navigasi utama dan footer website memiliki tautan “About Us” yang mudah diakses sehingga audiens dapat mengakses dan mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan kamu.

  1. Menerapkan Content Management System Terbaik

Content Management System (CMS) adalah program perangkat lunak atau aplikasi yang membantu dalam pembuatan dan pengelolaan konten digital. Kamu tidak memerlukan banyak pengetahuan teknis untuk mengelola website karena CMS yang baik akan membantu kamu memeliharanya.

Dalam hal ini, pilihlah CMS yang sesuai dengan kebutuhan website perusahaan kamu, misalnya jenis sistem yang digunakan, fleksibilitas dan kemudahan penggunaan, ekstensibilitas, dan budget.

Kamu bisa membuat desain web perusahaan menggunakan CMS, seperti WordPress, Drupal, Joomla, dan bahkan web builder praktis, seperti Squarespace dan Wix.

  1. Pilih Platform E-Commerce Sesuai Kebutuhan Website

Jika kamu berencana untuk menjual produk atau layanan melalui situs website perusahaan, kamu memerlukan fitur tambahan dengan platform teknologi khusus penjualan. Ada berbagai platform penjualan dan e-commerce. Misalnya, web builder WordPress dari WooCommerce, Shopify, GoDaddy dari GoDaddy Online Store, dan lain sebagainya.

  1. Desain Web Perusahaan Berinterface Menarik

Pastikan interface website perusahaan kamu menciptakan kesan positif yang mendorong hasil interaksi bisnis. Misalnya menggunakan grafik yang menarik, font yang mudah dibaca, dan sistem navigasi yang jelas. Oh ya, pastikan load page website kamu optimal, meskipun memiliki banyak elemen grafis yang dapat memperlambat load time.

  1. Optimasi dengan SEO

SEO adalah strategi pemasaran yang membantu mesin pencari mengindeks dan memberi peringkat pada website agar muncul di halaman pertama result page. Tujuannya adalah membantu audiens menemukan suatu website dengan cepat berdasarkan kata kunci yang dimasukkan di mesin pencari.

Setelah website perusahaan kamu di-crawl oleh mesin pencari, website tersebut akan bersaing dengan website lain yang memiliki konten serupa. Semakin baik konten dan desain web perusahaan kamu, semakin tinggi pula website kamu akan muncul di halaman hasil mesin pencari.

  1. Buat Konten Berkualitas Secara Rutin

Sekalipun kinerja dan desain web perusahaan kamu sudah bagus, tidak akan ada artinya jika tidak diimbangi dengan kualitas konten bisnis perusahaan. Buatlah konten yang menggambarkan ruang lingkup bisnis kamu secara rutin, misalnya 3-4 kali dalam seminggu.

Jika kamu ingin mendapat peringkat tinggi dalam hasil mesin pencari dan menjaga audiens agar kembali ke website perusahaan kamu berulang kali, kamu harus memperbarui website dengan konten baru yang relevan sesering mungkin.

Nah, itulah beberapa tips membuat desain web perusahaan. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

6 hours ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

9 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

1 day ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago