HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tips Menggunakan Tag yang Benar di WordPress

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tag adalah salah satu fitur WordPress yang digunakan untuk mengelompokkan postingan. Meskipun tag dan kategori hampir sama, namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda di WordPress. Lebih jelasnya, kamu bisa baca Perbedaan Tag dan Kategori serta Cara Membuatnya terlebih dahalu. Nah, agar tag kamu lebih efektif, yuk simak penjelasan berikut tentang tips menggunakan tag yang benar di WordPress.

Tips Menggunakan Tag yang Benar di WordPress

1) Lakukan Riset Kata Kunsi yang Ekstensif

Jika kamu ingin meningkatkan peringkat website di mesin pencari dan meningkatkan traffic, sebaiknya gunakan tag yang mengandung kata kunci unik dan spesifik. Riset kata kunci dan analisis persaingan dapat membantu kamu memilih frasa yang paling relevan untuk situs web. Kamu juga dapat menggunakan kata kunci tersebut di tag untuk membantu mesin pencari dan pengunjung menemukan postingan kamu dengan cepat. Dengan demikian, kamu dapat meningkatkan aksesibilitas dan keterbacaan postingan blog.

2) Buatlah Struktur yang Tepat Sebelum Publish

Kami menyarankan buatlah struktur yang tepat sebelum memublikasikan konten di situs web kamu. Ini menghilangkan kebutuhan untuk mengarahkan ulang halaman jika kamu perlu mengubah tag yang ada. Berdasarkan riset kata kunci, kamu dapat menggunakan tag untuk meningkatkan visibilitas postingan blog.

3) Gunakan Tag di WP.com & WP.org dengan Hati-hati

Seperti yang kamu ketahui, WordPress memiliki dua versi berbeda: WordPress.com (platform blogging gratis) dan WordPress.org (CMS yang paling banyak digunakan). Kedua versi WordPress ini pada dasarnya merupakan jenis layanan yang berbeda, jadi berhati-hatilah saat menggunakan tag.

Saat menggunakan WordPress.com, berbagai tag dapat digunakan oleh pemilik situs WordPress untuk membangun audiens yang besar dan membantu pengunjung menemukan postingan favorit mereka. Namun, jika kamu menggunakan WordPress.org, menggunakan banyak tag sebenarnya dapat menyebabkan masalah duplikasi, yang dapat berdampak negatif terhadap kinerjanya secara keseluruhan. Mesin pencari mungkin menganggap tindakan kamu duplikat dan tidak menganggap konten relevan untuk ditampilkan dalam hasil pencarian.

4) Jangan Abaikan Penggunaan Tag

Mesin pencari dapat memberikan sanksi pada situs web kamu jika mengandung tag yang tidak pantas. Hal ini menimbulkan konsekuensi negatif bagi berbagai operator situs web. Untuk menghindari sanksi dari mesin pencari seperti Google, sebaiknya hindari penggunaan tag yang tidak relevan pada konten yang kamu buat.

Jika kamu tidak menggunakan tag di website, akan sulit bagi pengguna untuk menemukan postingan blog kamu di website. Hal ini juga dapat mempengaruhi kinerja situs web kamu, dan dalam skenario terburuk, hal ini dapat menyebabkan peringkat yang lebih rendah dalam hasil mesin pencari, serta lebih sedikit klik atau traffic ke situs web kamu. Oleh karena itu, mohon tidak hanya memperhatikan kualitas dan ide konten yang diunggah, tetapi juga memastikan tag tersedia kapan pun kamu membutuhkannya. Jika kamu seorang pemula yang masih bingung dengan hal-hal tersebut, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan ahli SEO agar kamu dapat dengan mudah mengoptimasi website WordPress.

5) Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Tag

Menggunakan terlalu banyak tag dapat memengaruhi kegunaan dan aksesibilitas situs web kamu. Meskipun tidak ada aturan tegas mengenai berapa banyak yang cukup untuk digunakan dalam postingan blog. Namun, perlu diingat bahwa setiap tag yang dibuat akan membuat halaman arsip terpisah di situs web. Yang harus kamu lakukan sekarang adalah gunakan tag sesuai kebutuhan.

Nah, itulah beberapa tips menggunakan tag yang benar di WordPress. Semoga bermanfaat!

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Dwi H

Recent Posts

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

59 mins ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

21 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago