HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tips Menghasilkan Uang dari Blog

Blog merupakan salah satu media penulisan termurah dan termudah bagi banyak orang. Dengan blog, kamu bisa menulis apa pun yang kamu inginkan. Ada berbagai jenis blog yang bisa kamu gunakan sebagai topik, seperti blog perjalanan, blog review produk, blog tutorial, blog resep, dan blog pengalaman pribadi. Namun, kebanyakan orang malas membuat blog karena tidak punya uang. Banyak orang beranggapan bahwa menulis blog itu menyita waktu dan tidak menghasilkan uang. Tetapi, tahukah kamu bahwa ada cara menghasilkan uang dari blog? Mau tahu caranya? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

  • Buat Blog Kamu, Sekarang!

Jangan ragu untuk memulai! Ada berbagai platform yang dapat kamu gunakan untuk membuat blog, seperti Blogger, WordPress, Ghost, dan lain sebagainya. Salah satu platform paling populer adalah WordPress. Hal ini dikarenakan, WordPress mudah digunakan untuk pemula karena memiliki banyak fitur, tema, dan plugin yang mudah disesuaikan. Bahkan, hampir 30% orang di penjuru dunia menggunakan WordPress sebagai platform blog/website mereka. Untuk menghasilkan uang dengan situs web, blog kamu perlu menggunakan hosting domain agar terlihat profesional. Kamu bisa memesan hosting domain murah dan berkualitas. Namun sebelum membuat blog, jangan lupa tentukan terlebih dahulu tema blog kamu.

  • Perbaiki Tampilan Blog

Setelah memiliki blog/website dan menentukan tema blog, sekarang saatnya memperbaiki tampilan blog kamu. Tampilan blog merupakan kesan pertama yang didapat pengunjung website. Semakin banyak pengunjung yang mengunjungi blog kamu, semakin banyak pula penghasilan yang akan kamu peroleh. WordPress memiliki banyak template untuk dipilih. Kamu juga bisa menambahkan slider gambar atau video menggunakan plugin tambahan. Perlu diingat! Tampilan dan nuansa blog kamu harus sesuai dengan topik yang dibahas. Jangan sampai blog kamu hanya terlihat hitam saat sedang membahas resep masakan. Hal ini tentu tidak menyenangkan dan menarik bagi pengunjung.

  • Content is Everything

Sekarang mari kita bicara tentang konten blog. Ingat! Konten adalah jiwa dan kekuatan blog kamu. Oleh karena itu, usahakan blog yang kamu tulis sesuai dengan tema blog. Jangan memulai dengan kalimat yang sangat panjang karena ini akan membuat pengunjung bosan. Kamu juga bisa menambahkan gambar pendukung agar blog terlihat menarik. Selain itu, hindari pemborosan kata, kecuali untuk blog pribadi, di mana tempat kamu membicarakan pengalaman pribadi. Selalu tulis konten dengan senang hati dan niatkan untuk membantu orang lain. Kalaupun blog kamu akhirnya menghasilkan uang, jangan abaikan tujuan utamanya. Blog dengan konten yang lengkap dan bermanfaat bagi pengunjung akan dipilih Google menjadi peringkat teratas di halaman pencarian.

  • Kamu bukan NEWBIE

Newbie adalah sebutan untuk pemula. Sebagai blogger pemula, kamu harus banyak belajar tentang skill dan tampilan blogging. Jadi, jangan merasa seperti seorang pemula dalam dunia blogging. Pastikan hapus halaman contoh “Hello World” dan kolom metadata agar blog kamu tidak terlihat baru. Mengenai tampilan, pastikan jangan sampai teks atau warna blog kamu berubah-ubah. Jika blog kamu “labil” dan berubah-ubah, tentu ini akan membuat blog kamu terlihat tidak profesional. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan kategori pada setiap konten.

  • Menghasilkan Uang dari Blog

Ada banyak cara menghasilkan uang dari blog. Kamu bisa menggunakan bantuan dari Google Adsense, konten berkualitas, dan afiliasi. Saat menggunakan Google Adsense, pastikan kamu memiliki page views yang tinggi. Kamu dapat menggunakan media sosial untuk “mempromosikan” postingan blog. Namun, sebelum itu, pastikan konten blog kamu sudah berkualitas. Konten yang berkualitas adalah konten bermanfaat bagi banyak orang. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan afiliasi marketing. Afiliasi marketing adalah sistem merekomendasikan situs web tentang sesuatu kepada seseorang melalui URL tertentu. Nantinya, kamu mendapatkan uang ketika orang membeli produk dari link yang dipasang di blog kamu.

  • Terakhir! Kumpulkan E-mail Sebanyak Mungkin

Ada cara menghasilkan uang dari blog tanpa modal. Kamu bisa mengumpulkan email pengunjung sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan traffic blog. Bingung? Jadi, jika kamu memiliki postingan baru, kamu bisa memberitahu dan membagikannya kepada orang lain. Hal ini memungkinkan, mereka membuka dan membaca blog kamu, jika mereka membutuhkannya.

Nah, itulah tips mendapatkan uang dari blog. Semoga bermanfaat!

 

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

7 mins ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

20 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago