HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tips Mudah Membuat Website Bisnis Kuliner Menjadi Menarik

Kini bisnis kuliner di Indonesia sudah semakin meningkat sehingga persaingan bisnis juga menjadi semakin banyak.Sebagai pemilik restoran,kalian harus terus berinovasi dalam memasarkan produk agar tidak tertinggal dengan kompetitor lain.Salah satu caranya dapat dilakukan dengan pembuatan website.Banyak pemilik restoran ingin menyediakan website untuk bisnisnya,namun tidak mengetahui bagaimana cara membuat website restoran yang menarik pembeli.

Pada artikel ini,kita akan menjelaskan mengenai cara mudah untuk membuat website restoran menjadi menarik,sebelumnya kita jelaskan dahulu mengenai alasan mengapa sebuah restoran harus membutuhkan website :

Alasan Sebuah Restoran Membutuhkan Website

  • Memberi peluang bersaing dengan bisnis yang lebih besar

Restoran kecil memang memiliki anggaran lebih sedikit untuk melakukan pemasaran.Namun dengan memiliki situs website yang sudah menerapkan optimasi SEO di dalamnya,maka restoran kecil akan memiliki peluang untuk bersaing dengan restoran besar lainnya.

  • Membangun kepercayaan pelanggan

Kebiasaan para pelanggan tentu akan mencari berbagai informasi terlebih dahulu seperti menu masakan yang disediakan,harga menu,suasana restoran,jam operasional dan lain-lainnya.Dengan memiliki website,kalian dapat menyediakan berbagai informasi tersebut di dalam satu tempat.Tentunya hal ini memudahkan pelanggan untuk mengetahui tentang restoran kalian.Kalian juga bisa menyediakan testimoni pelanggan yang merasa puas dengan menu dan layanan kalian agar lebih meyakinan para pelanggan lainnya.

  • Teknologi sudah semakin berkembang

Sekarang teknologi digital sudah semakin maju.Orang-orang mencari berbagai informasi melalui perangkat digital mereka seperti smartphone ataupun laptop.Jika kalian tidak bertransformasi ke arah digital,maka bisnis akan kesulitan untuk mempromosikan produk-produknya.

Sebagai contoh,kalian merupakan pemilik rumah makan Korea di Bandung,ketika pelanggan mencari informasi mengenai hal tersebut melalui Google,mereka tidak menemukan list website kalian di dalam hasil pencarian.Akibatnya,pelanggan beralih ke rumah makan lain yang menjadi kompetitor bisnis kalian.Jika hal ini terus terjadi,maka bisnis kalian ini akan kehilangan banyak peluang untuk mendapatkan pelanggan baru.

  • Menjangkau pelanggan lokal

Saat memiliki sebuah website,kalian dapat melakukan optimasi local SEO untuk pencarian local.Jadi,ketika pelanggan mencari informasi dengan kata kunci restoran terdekat,maka website kalian akan ditampilkan.Dengan demikian,kalian akan lebih mudah untuk menjangkau target audiens di wilayah lokal.

  • Memungkinkan proses reservasi online

Dengan memiliki website,kalian dapat menambahkan fitur yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan reservasi online dengan efektif dan efisien.Pelanggan cukup membuka situs web restoran,memesan layanan sesuai dengan tanggal yang mereka inginkan, memilih menu,mengisi formulir dan melakukan online payment. Sistem reservasi juga dapat memperbarui data secara real time sehingga pelanggan tidak lagi perlu menghubungi customer service secara manual untuk menanyakan ketersediaan meja untuk tanggal yang mereka pesan.

Cara Mudah Membuat Website Restoran Menarik

1.Analisis target audience

Cara membuat website restoran yang mampu menarik pelanggan yakni dengan memahami siapa target audience restoran.Jika saat ini kalian baru membuka restoran,mengetahui target audiens kalian dapat dilakukan dengan melihat lokasi di sekitar restoran.

Jika restoran berada di wilayah perkantoran,maka kemungkinan besar orang-orang sibuk seperti pebisnis atau karyawan perkantoran yang datang ke restoran kalian.Dengan demikian maka website harus didesign dengan tampilan yang elegan atau profesional.Jika lokasi restoran berada di sekitar kampus atau sekolah,maka target audiens kalian adalah anak-anak muda. Maka web design yang disediakan harus memiliki tampilan yang stylish,fun atau casual.

2.Menampilkan kelebihan restoran di halaman web

Untuk menarik minat pelanggan,maka harus bisa menampilkan apa yang menjadi kelebihan restoran kalian seperti menu masakan,suasana atau yang lain.Kalian juga bisa menanyakan kepada pelanggan apa yang menjadi daya tarik restoran kalian ,sehingga mereka terus datang kembali.

3.Menu navigasi harus mudah digunakan

Menu navigasi merupakan seperangkat link yang mengarahkan ke halaman internal website.Menu ini memiliki peran penting untuk menentukan cara pelanggan berinteraksi dengan web kalian.

Pelanggan mengunjungi website restoran karena memiliki tujuan tertentu.Contoh seperti ingin melihat menu masakan,ingin mengetahui jam operasional, atau alamat restoran.Karena itu,harus menyediakan navigasi yang dapat memudahkan pelanggan untuk bisa menemukan informasi tersebut.

Untuk menyediakan menu navigasi yang baik,kalian harus menempatkannya pada posisi yang mudah ditemukan pelanggan. Selain itu,berikanmenu dengan jelas agar pelanggan dapat mengetahui halaman apa yang akan terbuka ketika mereka memilihnya.

4.Gambar berkualitas dan Instagram Feed

Ketika membuat website restoran,maka kalian harus menyediakan gambar menu masakan yang ada di restoran ke dalam halaman website tersebut.

Kalian harus selalu mengunggah foto berkualitas tinggi ke dalam halaman website.Sediakan juga deskripsi untuk menjelaskan menu masakan tersebut kepada para pelanggan.

Salah satu cara agar kalian dapat memposting menu masakan secara rutin di halaman website yakni dengan menampilkan feed Instagram ke dalam situs website.Untuk melakukannya,ada beberapa cara yang bisa dilakukan,yaitu :

  • Menggunakan API Instagram resmi.
  • Menggunakan API alternatif.
  • Dengan plugin situs website.

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara melakukannya,kalian tidak perlu khawatir.Saat ini sudah banyak jasa web developer yang dapat membantu untuk mengerjakannya.

5.Menyediakan menu masakan restoran

Cara membuat website restoran menarik dan lebih banyak kunjungan pelanggan yakni dengan menyediakan menu masakan yang disediakan oleh restoran kalian.Sediakan harga masakan dengan jelas,agar pelanggan dapat mengetahui kisaran biaya yang perlu mereka keluarkan ketika berkunjung ke restoran kalian.

Seringkali,website restoran menginformasikan menu masakan mereka namun tidak menyediakan harga dengan jelas. Akibatnya,pengunjung web menjadi ragu-ragu untuk mendatangi restoran.Jadi,pastikan menu yang kalian sediakan dirancang secara menarik dengan menyertakan foto masakan di dalamnya.Untuk pemilihan jenis font,kalian dapat menggunakan jenis font yang merepresentasikan image restoran kalian.Namun,font yang dipergunakan harus mudah dibaca karena pengunjung web seringkali membuka website menggunakan perangkat smartphone mereka.Jika menggunakan font yang aneh dan rumit,mereka akan merasa tidak nyaman ketika membaca menu melalui layar smartphone yang kecil.

6.Menyediakan halaman kontak dan map

Semua situs website membutuhkan informasi kontak di dalamnya,namun untuk website restoran halaman kontak merupakan bagian penting.Informasi ini yang membantu pengunjung web untuk bisa datang ke restoran kalian.Jadi,sediakan informasi lengkap mengenai restoran kalian mulai dari jam operasional,alamat email,nomor telepon dan alamat restoran.

Untuk memudahkan pengunjung untuk datang ke restoran,kalian juga bisa menampilkan Google Map di halaman web.Dengan demikian,website dapat memberi petunjuk arah secara instan.

7.SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah praktik untuk mengoptimalkan performa website agar lebih mudah ditemukan oleh target audiens di halaman mesin pencari Google.Jadi,ketika target pelanggan kalian mencari sebuah keyword,maka website kalian yang akan ditampilkan sebagai hasil dari pencarian yang mereka lakukan.Contohnya,melalui optimasi SEO kalian dapat menargetkan kata kunci “rumah makan suasana romantis” untuk website kalian.Dengan demikian,ketika calon pelanggan mencari informasi mengenai keyword tersebut,maka web restoran kalian akan ditampilkan.

Untuk meningkatkan kunjungan ke restoran,kalian juga bisa menerapkan optimasi local SEO.Strategi pemasaran ini dapat meningkatkan visibilitas website untuk pencarian lokal.Dengan strategi ini,sebuah bisnis dapat mempromosikan layanan mereka kepada target konsumen di wilayah lokal sehingga kunjungan pelanggan dapat ditingkatkan.

8.Menyediakan Fitur reservasi online

Saat ini sudah semakin banyak bisnis yang menerima pemesanan online.Kalian juga bisa menyediakan layanan tersebut melalui website dengan membuat fitur reservasi online.

Selain dapat dipergunakan sebagai fitur untuk memesan makanan,kalian bisa membuat fitur reservasi online untuk melayani pemesanan meja atau ruangan pada tanggal tertentu.Jika dibandingkan dengan cara konvensional,sistem booking online ini dinilai jauh lebih efektif.Hanya dengan beberapa klik saja pelanggan sudah bisa membuat reservasi dengan cepat.

 

Dengan membuat website restoran,kalian akan mendapatkan berbagai macam keuntungan yang tentunya meningkatkan kemampuan untuk terus mengembangkan usaha bisnis kuliner kalian.Sekian artikel kali ini,semoga dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

9 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

12 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

3 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

4 days ago