HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tool A/B Testing untuk Tingkatkan Conversion Rate

Secara default, WordPress tidak mendukung A/B testing. Tapi tenang, di bawah ini sudah menyiapkan beberapa plugin dan tool A/B testing terbaik yang bisa dicoba.

Rekomendasi plugin dan tool terbaik untuk AB testing adalah :

1. Google Optimize

Fitur paling keren dari tool ini adalah integrasinya dengan Google Optimize. Jadi bisa menyinkronkan target analitik dengan hasil A/B testing tanpa perlu repot untuk kemudian mendapatkan masukan yang relevan.

Meskipun Google Optimize bukanlah plugin bisa mulai menggunakannya untuk website WordPress dengan mudah. Setelah login, tool ini akan langsung membantu bereksperimen dengan halaman A dan halaman B cukup dengan beberapa klik.

Lebih kerennya lagi, tool ini tersedia gratis. Padahal, fitur-fitur yang ditawarkannya sangat bagus dan terhubung dengan resource Google yang sangat bermanfaat. Oleh karena itulah merekomendasikannya apabila memerlukan tool A/B testing all-in-one yang tepercaya.

Melansir Venture Harbour, fitur-fitur lain dari Google Optimize yang memudahkan a/b testing adalah :

  • A/B testing untuk menguji beberapa versi halaman.
  • Pengujian multivarian untuk beberapa elemen pada halaman yang sama.
  • Tes redirect.
  • Eksperimen dari sisi server.
  • Kebutuhan yang bisa dipersonalisasi.

2. Thrive Optimize

Plugin berbayar ini tidak akan membiarkan berkutat dengan pengaturan yang rumit, dan akan menyajikan hal yang benar-benar dibutuhkan untuk menjalankan A/B testing.

Artinya tidak harus memiliki skill programming tingkat lanjut untuk bisa langsung menggunakan tool ini. Langkah-langkahnya pun bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah.

Tool ini dibanderol seharga $19/tahun, atau bisa membelinya secara one-time purchase seharga $127 (1 lisensi) dan $177 (5 lisensi). Dengan biaya ini, Thrive Optimize menawarkan testing unlimited, dukungan pelanggan, dan pelaporan mendetail.

3. Nelio A/B Testing 

Nelio adalah plugin A/B testing WordPress yang memiliki beragam fitur, yang memungkinkan integrasi dengan WooCommerce dan kompatibel dengan sebagian besar layanan WordPress hosting indonesia.

Selain metrik biasa, tersedia juga hotmap dan click map result yang membantu untuk menentukan elemen mana yang paling banyak menerima interaksi. Setelah mendapatkan hasil A/B testing juga bisa langsung menerapkan versi yang lebih baiknya dengan fitur One-Click Winner tool ini.

Untuk mendapatkan Nelio A/B testing, perlu mengeluarkan biaya sekitar $29, $89, dan $259 per bulan untuk paket basic, professional, dan enterprise.

4. Marketing Optimizer

Plugin ini sebenarnya adalah bagian dari layanan yang lebih besar yang bisa digunakan di WordPress untuk marketing campaign. Dengan kata lain, plugin ini memiliki lebih banyak fitur daripada sekadar A/B testing umum.

Fitur keren Marketing Optimizer terletak pada proses optimasi call-to-action terperinci yang menyediakan banyak metrik bermanfaat. Salah satunya adalah tracking panggilan telepon. Metrik ini sangat penting karena memungkinkan memantau seberapa efektif informasi kontak bagi pengunjung.

Untuk mendapatkan tool ini cukup membayar $249 hingga $799 per bulan, tergantung pada skala bisnis.

5. Simple Page Tester

Simple Page Tester memiliki keunggulan tersendiri untuk metode A/B testing yang disediakannya. Hanya perlu menginstall plugin ini, mengkonfigurasi perbandingan elemen, lalu selesai. Cukup menunggu notifikasi saat hasilnya sudah siap.

Bisa mencoba versi gratis plugin ini tetapi jika ingin melihat detail yang lebih lengkap tentang halaman website, pertimbangkan paket standar yang dibanderol hanya seharga $59, atau paket agensi seharga $149.

Dengan paket premium akan mendapatkan grafik dan data statistik setiap elemen, integrasi WooCommerce, dan dukungan email selama 1 tahun.

6. AB Press Optimizer

AB Press Optimizer memiliki fitur keren yang memungkinkan melihat report secara real-time. Apabila salah satu elemen menunjukkan tren negatif, tidak perlu menunggu hasil akhir untuk langsung mengubahnya.

Di antara berbagai fitur lainnya, tersedia juga demografi pengunjung dan konversi, serta penjadwalan testing. Selain itu juga bisa mengekspor data ini menjadi file Microsoft Excel.

Harganya juga bisa dibilang salah satu yang termurah. Bisa mendapatkan semua fitur kerennya hanya dengan membayar sebesar $49 (Pribadi), $99 (Bisnis), dan $199 (Agensi).

7. Visual Website Optimizer

VWO sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia untuk memperoleh hasil analisis yang kredibel di website mereka, seperti eBay dan Ubisoft.

Tidak hanya bisa melakukan testing dengan tool ini, tapi juga bisa menjalankan rangkaian optimasi website yang akan membantu menyempurnakan halaman.

Fitur tool ini yang patut di-highlight adalah reporting offline, integrasi aplikasi pihak ketiga, smart notification, dan testing lintas domain. Bisa mendapatkan semuanya cukup dengan melakukan pendaftaran dan mendiskusikan harga yang sesuai untuk kebutuhan.

Meskipun tidak ada harga pasti untuk tool ini, VWO menjamin akan mendapatkan layanan terbaik. Jika belum yakin juga bisa membatalkan membership karena terdapat uji coba 30 hari untuk memastikan apakah tool ini adalah pilihan yang tepat.

8. SiteGainer

Dengan interface yang user-friendly, bisa menggunakan SiteGainer tanpa harus memiliki skill coding tingkat lanjut. Selain mudah digunakan, tool ini juga membebaskan memodifikasi banner, pop-up, atau elemen lainnya secara unlimited sampai menemukan tampilan yang paling pas.

Di samping paket startup, paket professional dan enterprise tool ini menawarkan sejumlah layanan tambahan, seperti dukungan strategis dan proses onboarding.

9. WordPress Calls to Action

Sesuai namanya hanya bisa menjalankan A/B testing pada CTA jika menggunakan tool ini. Tapi, karena dikhususkan untuk area ini, ada banyak opsi konfigurasi yang disediakannya. Misalnya, kumpulan template CTA yang keren dan editor CTA visual.

Jika dipikir-pikir, fiturnya yang terbatas pada CTA ini justru bagus, karena CTA yang baik bisa secara efektif meningkatkan conversion rate. Selain itu, kalau target untuk menaikkan tingkat conversi, plugin ini akan menjadi pilihan yang sangat tepat.

10. WordPress Landing Pages

WordPress Landing Pages adalah plugin A/B testing yang tepat jika ingin meningkatkan view halaman atau waktu kunjungan website.

Plugin ini dibuat oleh pengembang yang sama dengan WordPress Calls to Action, sehingga pada dasarnya keduanya bisa saling melengkapi untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Akan tetapi, apabila berencana untuk menginstall plugin ini saja, jadi masih akan mendapatkan kemampuan untuk mengedit, membuat duplikat, dan menerapkan landing page khusus untuk memaksimalkan keuntungan.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

12 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

13 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

5 days ago