HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Virtual Machine : Pengertian, Jenis Dan Manfaat

Pengertian Virtual Machine

Singkatnya, virtual machine adalah sebuah software (perangkat lunak) pada komputer yang mempunyai fungsi seperti komputer fisik dengan komponen pembangun yang lengkap. Virtual machine berjalan pada partisi terisolasi yang ada pada komputer host dengan resources seperti CPU, memori dan sistem operasi tersendiri.

Perangkat lunak ini bisa melakukan aktivitas seperti komputer pada biasanya. Membuat file, pembaruan sistem, menginstall aplikasi, menjalankan program, dan lain sebagainya.

Meskipun virtual machine umumnya di install pada sebuah hardware, namun penggunaannya dapat memanfaatkan software Hypervisor guna memisahkan sumber daya virtual machine dari hardware. Virtual machine juga bisa digunakan untuk menginstall dan menggunakan operating system yang berbeda dari sistem operasi hardware tersebut.

Teknologi virtual machine banyak dipakai pada lingkungan cloud computing. Pasalnya virtual machine bisa menjalankan operating systemnya sendiri dan berfungsi secara terpisah dengan perangkat. Bahkan juga bisa mengoperasikan beberapa operating system yang berbeda secara bersamaan pada host atau perangkat yang sama.

Sekarang ini public cloud services sering memakai virtual machine sebagai sumber daya aplikasi virtual yang digunakan pada server mereka. Berkat fleksibilitas dan juga efisiensinya, virtual machine mampu memberikan banyak keuntungan untuk perusahaan dan penggunaannya.

Jenis Virtual Machine

Virtual machine sendiri juga memiliki beberapa jenis. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

1. Process virtual machine

Jenis virtual machine yang pertama bernama proses virtual machine dimana satu sistem operasi dijalankan sebagai aplikasi utama pada perangkat yang menjadi host atau tuan rumah. Proses virtual machine menyediakan lingkungan pemrograman yang terisolasi dari software dan sistem operasi apapun.

Contoh dari jenis ini adalah JVM (java virtual machine) yang memungkinkan sistem operasi apapun untuk menjalankan aplikasi java seperti “native application” atau aplikasi asli.

2. System virtual machine 

Jenis selanjutnya yang perlu diketahui adalah sistem virtual machine. Jenis virtual machine yang ini sudah di virtualisasi secara penuh dan bisa digunakan selayaknya komputer fisik.

Virtual machine jenis ini bergantung pada kinerja Hypervisor seperti VMware ESXi untuk bisa beroperasi pada atau di atas sebuah operating sistem dan juga server.

Fungsi Virtual Machine

Selain menjalankan sistem operasi yang berbeda pada satu perangkat, virtual machine juga mempunyai banyak fungsi. Berikut adalah beberapa diantaranya, yaitu :

1. Menguji sistem operasi

Sistem operasi yang dipasang pada perangkat keras utama, sebaiknya dilakukan uji coba sebelum digunakan. Tujuannya mengetahui kompetibelnya pada perangkat, program berjalan semestinya atau tidak. Disini peran virtual machine melakukan pengujian kelayakan OS lain.

2. Memperbarui sistem operasi

Permasalahan gagal update sering terjadi ketika OS di-upgrade ke versi lebih tinggi, biasanya mengakibatkan tampilan blue screen akibat gagal booting. Perlu diketahui, jika dibiarkan akan merusak sistem disk dan menghilangkan keseluruhan data yang tersimpan di dalamnya. Virtual Machine melakukan tugasnya untuk meminimalisir kejadian tersebut, dengan cara melihat gambaran ketika update OS tersebut.

3. Menguji aplikasi

Sama halnya dengan update sistem operasi bawaan, Virtual Machine dapat digunakan sebagai platform penguji aplikasi sebelum di install ke perangkat keras komputer. Tujuannya agar terhindar dari virus, malware, trojan dan ransomeware yang ternyata tersemat dalam aplikasi tersebut.

4. Mendukung virtualisasi

Kehadiran Virtual Machine membawa dampak baik bagi virtualiasasi komputer server, dengan mengoptimalkan seluruh fungsi agar beban kerja komputer terdistribusi ke jaringan secara rata. Kedua, mendukung virtualisasi desktop untuk mengetahui gambaran OS dan aplikasi yang sedang berjalan. Ketiga, virtualisasi jaringan untuk meniru fungsi jaringan fisik, seperti VLAN agar kecepatan dan kinerja semakin baik.

Cara Kerja Virtual Machine

Cara kerja virtual machine sendiri juga sebenarnya cukup sederhana. Saat membuka mesin virtual ini, virtual machine akan berjalan sebagai proses di jendela aplikasi di OS perangkat fisik.

File kunci yang membentuk mesin virtual termasuk file log, file pengaturan NVRAM, file disk virtual, dan file konfigurasi.

Proses berjalannya virtual machine dikelola oleh perangkat lunak yang dikenal sebagai hypervisor.

Software ini bertanggung jawab untuk mengelola dan menyediakan resources seperti memori, penyimpanan, dan sumber daya lainnya dari perangkat utama ke virtual machine.

Hypersource juga berfungsi untuk mengatur operasi di virtual machine sehingga tidak membanjiri satu sama lain saat menggunakan sumber daya.

Software Virtual Machine Terbaik

Berikut adalah daftar software virtual machine, yaitu :

1. Hyper-V

Hyper-V adalah salah satu software virtualisasi yang biasa digunakan pada operasi sistem Windows. Bahkan windows 8, 8.1, dan Windows 10 sudah memiliki fitur ini secara default. Namun tentunya fitur-fitur yang didapatkan dari versi gratis ini sangat terbatas. Software satu ini sangat cocok untuk pemula yang tidak membutuhkan banyak fitur dan fungsionalitas. Sistem operasi guest atau tamu yang di support Hyper-V adalah Windows server, Windows XP SP, dan beberapa versi Linux OS.

2. Virtual Box

VirtualBox adalah software virtualisasi open-source yang mendukung semua sistem operasi sesuai dengan kebutuhan. Software ini bisa digunakan pada sistem operasi Mac, Windows dan Linux. Untuk pengguna perangkat Apple, VirtualBox bisa menjadi host Mac client VM.

Karena bersifat open-source, bisa mendapatkan software ini dengan sangat mudah. Hanya perlu membuka websitenya dan mendownload secara langsung.

3. Qemu

Qemu adalah software virtualisasi yang bisa menjalankan virtual machine pada sistem operasi Linux dan Windows. Berasal dari singkatan Quick Emulator, Qemu bersifat open-source dan bisa digunakan secara gratis. Hanya perlu membuka website dan mendownload file untuk memulai.

Perbedaan Qemu dari virtual machine lainnya adalah Qemu bisa digunakan sebagai virtual machine host dan juga emulator machine. Virtual machine yang di install pada Qemu juga hampir menyerupai instalasi native dar operasi sistem itu sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Virtual Machine

1. Kelebihan Virtual Machine

Berikut dibawah ini merupakan beberapa kelebihan, jika dibandingkan dengan sistem computing konvensional, seperti :

  • Efisien dan fleksibel — dalam satu device, pemakai bisa memanfaatkan berbagai macam operating system untuk kebutuhan yang berbeda-beda.
  • Maintenance yang mudah — berbeda dengan komputer fisik, software virtual machine lebih mudah untuk dikelola. Selain itu, VM juga mempunyai biaya perawatan yang lebih murah.
  • Kinerja yang hebat — memberdayakan pemakai guna mencapai tujuan akhir mereka dengan kinerja serta kualitas yang bisa melampaui sistem computing konvensional.

2. Kekurangan Virtual Machine

Seperti yang diketahui jika setiap fungsi yang optimal selalu dibarengi resiko dengan keberlangsungan sumber daya utama. Virtual machine ini bisa membuat virtualisasi sistem yang terbilang kompleks dan cukup banyak memakan lokasi hardware di komputer utama.

Selain itu juga memakan ruang penyimpanan data virtual yang lumayan besar dan mengambil sebagian fungsi prosesor dan RAM. Maka dari dari itu pemakaian virtualisasi mesin ini disarankan untuk perangkat yang mempunyai spek tinggi supaya memperoleh fungsi yang diinginkan oleh penggunaannya.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago