Cara mengganti default port SSH. Saat pertama kali anda menyewa VPS ataupun Dedicated server dengan system operasi Linux, bisanya anda akan mendapatkan data login server. Dan server tersebut dapat anda akses dengan menggunakan software putty dengan memasukkan IP adress server dan port untuk akses server. Untuk standard linux, port yang di gunakan adalah port 22.

Hal ini sangat berbahaya, karena jika diketahui orang yang tidak bertanggung jawab, vps ataupun server anda dapat di obok-obok oleh mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda dapat merubah port 22 ke port yang lain. Missal menjadi 2112, 1345 ataupun yang lain yang penting port baru tersebut belum di gunakan untuk akses port yang lain.

Berikut ini adalah cara mengubah port SSH:

  • Silahkan login SSH menggunakan PUTTY ( Wajib mempunyai akses root)
  • Ketik perintah:

nano /etc/ssh/sshd_config

( jika anda menggunakan perintah nano tidak bisa, silahkan anda install dahulu perintah nano dengan mengetikkan perintah yum install nano dan tekan tombol enter, setelah intu anda ulangi menggunakan perintah nano tersebut)

  • setelah masuk silahkan anda cari #port 22 , lalu rubah 22 dengan port yang anda sukai . missal: 1345 . ingat sesuadah anda mengganti port 22 sesuai keinginan anda hapus tanda “#” di depan port anda sehingga menjadi seperti :

Port 1345

#Protocol 2,1  

Protocol 2  

#AddressFamily any  

#ListenAddress 0.0.0.0  

#ListenAddress ::

  • Kemudian tekan tombol CTRL + X untuk menyimpan.
  • Lalu restart SSH dengan perintah : /etc/init.d/sshd restart

Tutup Putty Anda, lalu cobalah login lagi ke SSH dengan port 1345

Cara mengganti default port SSH
5 (100%) 3 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *