WordPress merupakan platform yang cukup terkenal saat ini, dan sudah banyak digunakan banyak orang pengguna internet untuk membuat website. WordPress sudah dikenal sebagai CMS yang kuat dan aman, sehingga tidak mungkin untuk dibobol oleh para hacker. Oleh karena itu, penting sekali untuk meningkatkan keamanan pada website yang dibuat.

Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keamanan CMS WordPress, yaitu:

  1. Gunakan Password yang Kuat

Password yang kuat yang terdiri lebih dari 6 karakter dan mengkombinasikan dengan angka atau karakter sehingga akan sulit untuk ditebak. Disaranka juga anda membuat password yang unik. Password yang kuat akan mempersulit para hacker yang berusaha untuk mengacak password anda.

  1. Usahakan username tidak menggunakan “admin”

hindari penggunaan username dengan kata “admin”. Hal ini bertujuan untuk menghindari ancaman peretas yang akan merusak website anda. Kata “admin” sangat mudah untuk diakses dan bisa menjadi titk lemah sebuah website.

  1. Gunakan Captcha di login area

Install plugin captcha untuk login area anda, sehingga yang login ke halaman admin anda adalah benar-benar manusia.

  1. Selalu upgrade wordpress dan plugin ke versi yang terbaru

Versi terbaru merupakan versi perbaikan dari versi sebelumnya. Baik dari sisi fitur maupun sisi keamanan scriptnya. Upgrade bisa dilakukan dengan cara otomatis melalui halaman dashboard maupun manual.

  1. Hapus plugin yang tidak digunakan

Hapuslah plugin yang sudah tidak diperlukan lagi. Gunakan plugin yang benar-benar dibutuhkan saja. Penggunaan banyak plugin juga akan melambatkan loading website.

  1. Selalu update plugins

WordPress menyediakan banyak plugins yang bisa digunakan untuk membantu membangun situs anda. Jika terdapat plugins yang harus di update  maka updatelah plugins tersebut.

  1. Matikan editor theme dan plugins

WordPress memungkinkan anda untuk mengedit script dari template dan plugins secara langsung di dashboard. Untuk menjaga agar tidak bisa diedit jika terjadi kebobolan, maka disarankan untuk mematikan fitur editor tersebut.

  1. Install plugins WP better security

Gunakan plugins WP better security untuk memberikan keamanan. Disarankan untuk mengamankan hal-hal penting yang rentan di security WordPress.

  1. Backup selalu website dan database

Lakukan backupwebsite dan database secara regular dan buatlah jadwal untuk melakukan backup. Hal ini dikarenakan, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, maka anda tidak akan kehilangan kehilangan file postingan anda yang sudah ada.

  1. Sembunyikan versi WordPress

Dengan menyembunyikan versi WordPress yang anda gunakan akan melindungi website anda dari hacker yang mencoba membobol website anda.

  1. Lindungi halaman wp-admin

Untuk melakukan pengamanan halaman login wp-admin, anda dapat menggunakan Lockdown wp admin.

Silahkan Beri Rating