SSL atau Secure Socket Layer merupakan cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna. SSL dapat bekerja dengan cara membuat sebuah jalur yang terenkripsi antara website dengan web browser. Hal tersebut yang akan membuat informasi yang ada di dalam website Anda tidak dapat dicuri oleh orang lain.

Setiap web server harus memiliki sertifikat SSL sebelum dapat membuat koneksi SSL. Alasan utama menggunakan SSL adalah untuk menjaga informasi sensitive selama proses pengiriman melalui internet dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut. SLL sangat penting karena informasi yang sedang kita kirimkan di internet akan membuthkan proses perjanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan.

Di Hosteko menyediakan layanan SSL Gratis menggunakan Let’s Encrypt. Bagi Anda yang berperan sebagai pelaku bisnis di perusahaan maka pasti akan memerlukan pengamanan yang lebih atau Anda dapat menggunakan SSL yang berbayar. Anda dapat melihat detailnya di SSL Hosteko.

Hal tersebut yang kadang membuat Anda untuk melakukan migrasi dari SSL gratis ke SSL berbayar, maka Anda harus menghapus SSL lama yang ada pada domain. Sehingga artikel kali ini akan membahas mengenai cara uninstall atau menghapus SSL di cPanel.

Berikut cara uninstall atau menghapus SSL di cPanel

  1. Memilih Menu SSL/TLS melalui cPanel

  • Silahkan ketik “SSL/TSL†pada kolom pencarian. Kemudian pilih menu SSL/TLS. Menu ini berisi pengaturan SSL yang digunakan pada domain Anda. Dapat menggenerate sertifikat SSL, menghapus private key, instalasi SSl serta mengelola SSL yang ada.

 

  1. Manage SSL/TLS

  • Silahkan klik pada Manage SSL Site.
  • Hal ini dapat Anda lakukan untuk melakukan pengelolaan SSL yang melekat pada domain.

 

  1. Uninstall SSL pada Domain

  • Untuk pengelolaan SSL/ TLS silahkan scroll ke bawah dan menemukan kolom Manage Installed SSL Website.
  • Pada kolom tersebut terdapat domain dan subdomain yang telah terinstall SSL.
  • Untuk menghapus SSL silahkan klik Uninstall pada domain yang Anda pilih.

  • Setelah itu akan muncul popup Confirm SSL Host Delete. Jika Anda ingin menghapus silahkan klik Proceed, maka SSL pada domain tersebut tidak dapat muncul kembali.

  • Jika sudah berarti SSl yang ada pada domain sudah terhapus dan tsnda SSL pada kolom Manage Installed SSL Websites tidak dapat muncul domain yang tadinya terpadang SSL.

 

Jika Anda masih bingung, segera hubungi kamu untuk membantu Anda.