Masih banyak beberapa orang yang bingung menentukan jenis blog yang akan mereka gunakan. Untuk itu anda perlu mengetahui jenis-jenis blog sebelum anda memutuskan untuk membuat blog.

Berikut 5 jenis blog yang perlu anda ketahui, yaitu:

  1. Blog Pribadi (Personal Blog)

Blog pribadi merupakan blog yang umumnya dibuat hanya untuk sekedar mengisi waktu luang atau bebagai hal dari kehidupan sehari-hari. Bisa sekedar untuk menulis diare pribadi dalam bentuk artikel, atau sekedar sharing tentang pengalaman hidup atau keahlian yang kita miliki. Blog ini pada dasarnya adalah sebuah catatan online publik sehingga topiknya bisa segala hal. Biarpaun blog ini di buat dengan tujuan untuk blog pribadi namun untuk saat ini sudah banyak yang bisa menghasilkan uang dari blog mereka.

  1. Blog Otoritas (Authority Blog)

Blog ini dibuat oleh orang-orang yang serius dalam mendalami ilmu blogging dengan tujuan menjadi ahli di topic yang dibahasnya. Lihat dari sisi pengunjung, blog otoritas tidak berfokus pada berapa banyak jumlah pengunjung. namun mencari pengunjung lewat social media seperti facebook, twitter dan lain- lain. Terkait dengan konten, blog ini umumnya tidak mementingkan kata kunci. Blog otoritas bisa mempublikasikan ratusan hingga ribuan artikel berkualitas karena topik yang mereka bahas tidak sempit (misalnya kesehatan, rumah, pengembangan diri, teknologi, dan lain-lain).

  1. Blog Nice

Beda halnya dengan blog otoritas, blog nice fokus pada satu kata kunci tertentu yang diupayakan untuk masuk ke halaman satu mesin pencarian atau hanya membahasa satu topik saja. Diharapkan dengan membuat blog jenis ini bisa tampil di halaman satu mesin pencari. Dengan cara mengoptimasi semua artikelnya yang ada di dalamnya.Dari riset kata kunci, pembuatan artikel, sampai mengoptimalkan konten tersebut bisa muncuk di halaman satu search engine. Dari sisi pengunjung, blog niche bergantung kepada pengunjung yang berasal dari mesin pencari (utamanya Google) sehingga banyak para pemilik blog niche sibuk mencari backlink dari beragam sumber agar blog mereka masuk ke halaman satu Google untuk kata kunci yang dibidiknya.

  1. Blog Peruhahaan (Company Blog)

Sekarang banyak perusahaan yang mulai mengalihkan media promosi mereka ke media online. Banyak perusahaan yang sudah mulai membuat blog. Perusahaan menggunakan blog untuk menginformasikan hal-hal penting, memperkenalkan produk/jasa baru, dan berkomunikasi dengan pelanggan sehingga terjalin hubungan yang lebih erat lagi dengan para pelanggan.

  1. Blog Spam

Blog spam merupakan blog yang dibuat dengan tidak memperhatikan kualitas. Blog ini tidak memperhatikan kualitas kontenya sama sekali. Blog ini umumnya berupa blog automatically generated content (AGC) yang bisa dengan mudah dibuat dalam jumlah masif. Pemilik tinggal menggunakan software (biasa juga kode tertentu atau plugin), pengambilan konten dari blog atau website orang lain dan blog mereka akan dengan mudah terisi konten. Walaupun mudah dibuat, blog spam sering mendapat komplain dari pemilik blog yang kontennya diambil karena terjadi pelanggaran hak cipta. Bukan hanya itu, blog jenis ini menjadi sasaran empuk Google dalam membersihkan hasil pencariannya dari konten-konten yang tidak bermutu.