Bagaimana cara mengetahui waktu muat website? Jika kemarin sudah membahas mengenai cara mempercepat waktu loading website, sekarang akan dibahas mengenai cara mengetahui waktu muat website.

Waktu muat website atau time load website merupakan waktu yang dibutuhkan oleh pengunjung untuk dapat melihat  tampilan situs secara menyeluruh. Sebuah website yang memiliki waktu muat sangat cepat, memberikan kenyamanan kepada para pengunjungnya.

Jika Anda adalah seorang yang sedang mengunjungi website, bagaimana jika waktu muat untuk melihat website tersebut sangat lama? Secara otomatis Anda akan meniggalkan website tersebut. Nah jadi penting kan jika sebuah website itu memiliki waktu muat itu cepat.

Berikut adalah cara untuk mengetahui waktu muat website.

  1. Google PageSpeed Insight

Goole PageSpeed Insight adalah tools yang melaporkan performa dari website unutk perangkat mobile dan desktop. Tools ini memberikan laporan mengenai performa dan memberikan rekomendasi dan anjuran mengenai bagaimana performa website dapat ditingkatkan.

Terdapat 4 jenis (komponen) PageSpeed tools. Ke-4 jenis tersebut adalah PageSpeed Module, PageSpeed Insights, PageSpeed Service, dan PageSpeed ChromeDevTools. Di antara ke-4 tools tersebut, PageSpeed Insights merupakan tools yang banyak mendapatkan perhatian.

Tools ini secara khusus disediakan oleh Google dan dapat digunakan secara gratis.

Cara penggunaannya juga cukup mudah yaitu dengan menuju ke halaman PageSpeed Insight dan memasukkan URL situs yang ingin dicek. Hasil akan muncul dalam tampilan atapun desktop.

Skor yang diberikan dalam skala 1-100 dan performa kamu dianggap cukup baik bila Anda memiliki nilai diatas 8. Menggunakan Google PageSpeed Insight akan memberikan tiga macam status yaitu merah untuk perbaikan kritikal yang akan berpengaruh banyak pada kecepatan web kamu, kuning untuk perbaikan yang bisa kamu lakukan lebih lanjut dan bersifat optimal dan hijau yang menandakan tiada masalah yang serius.

 

  1. Yslow

Yslow adalah tools yang memiliki fungsi untuk menganalisis web dan menginvestigasi hal yang menyebabkan waktu muat halaman menjadi lambar berdasarkan Yahoo rules untuk meningkatkan performa website.

Tools ini tersedia dalam bentuk plugin yang bisa digunakan unutk berbagai jenis aplikasi peramban. Beberapa aplikasi yang mendukung plugin ini adlah Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari dan Opera.

Cara pemakaian Yslow ini sangat mudah karena memberikan hasil analisis yang tidak kalah bagus dibandingkan aplikasi sejenis yang lain. Tools ini bekerja dengan memperhitungkan 34 kriteria yang mempengaruhi kecepatan website. Terbelih lagi tools ini adalah dapat digunakan secara gratis.

 

  1. GTMetrix

GTMetrix adalah tools online yang dapat digunakan untuk menganalisa perfotma sebuah website. Tools ini memiliki tujuan wilayah pengetesan, Vancouver Canada sebagai wilayah default pengetesan.

GTMetrix dinilai berdasarkan PageSpeed dan Yslow dan memiliki 27 rekomendasi PageSpeed dan 18 rekomendari YSlow, dengan nilai F (0-100%) – A (0-100%).

Cara mengetahui waktu muat website dengan menggunakan tools ini juga mudah sama seperti dua tools yang sebelumnya. Anda hanya perlu memasukkan URL situs yang ingin dianalisis kecepatannya pada kolom yang tersedia. Dan hasilnya akan langsung muncul, terdapat pula informasi detail yang bisa digunakan untuk memperbaiki kecepatan website. GTMetrix menampilkan permaslahan berdasarkan skala prioritas.

GTMetrix mempunyai beberapa fitur tambahan yaitu untuk melakukan analisis dengan perangkat mobile, pengaturan notifikasi, atau kemapuan untuk merekan video selama proses pengujian kecepatan.

  1. Pingdom

Pingdom adalah web gratis untuk mengukur kecepatan, menganalisis seberapa cepat website Anda dan memberikan rekomendasi unutk membuat website menjadi semakin cepat.

Cara kerjanya tidak berbeda dengan tools lainnya. Anda hanya tinggal memasukkan URL pada kolom yang tersedia dan menekan tombol Test Now. Setelah itu hasil analisis akan ditampilkan dalam bentuk grafik dan akan memudahkan untuk dibaca.

Fitur lainnya yaitu kemampuan unutk menguji kecepatan website dibeberapa lokasi sekaligus, melacak histori pengujian, ataupun membagikan hasil pengujian.

 

  1. WebPageTest

 

WebPage test adalah tools yang dikembangkan oleh AOL unutk digunakan secara internal sebelum berubah statusnya menjadi open source pada 2008.

Tools ini dapat digunakan untuk mengukur kecepatan website tampilan maupun mobile, dan secara khusus dapat memilih platform browser Anda.

Fitur pendukung lain yaitu layanan pengecekan kecepatan website ini dilengkapi dengan kemampuan untuk menangkap video, melakukan pengulangan pengujian secara otomatis hingga 9 kali ataupun pengaturan khusus lain.

  1. Free Speed Test

Free Speed Test adalah tools pertama yang dipakai untuk mengecek kecepatan website yaitu dengan mengakses freespeedtest.com Anda dapat melihat loading tame yang diperlukan.

 

  1. Rapid Search Metrics

Tools ini dapat digunakan untuk menganalisa kecepatan performa website dan dapat digunakan untuk menganalisis kebutuhan SEO.

 

  1. Page Scoring Website Speed Test

Tools ini dibuat untuk membantu para pengembang website unutk menganalisa kecepatan websitenya dengan memberikan hasil hanya dengan memasukkan alamat domain saja.

  1. Sucuri Load Time Tester

Plugin ini disedianakn di WordPress sebagai plugin keamanan. Namun, juga dapat memeriksa kecepatan akses website.

Sucuri Load Time Tester mampu memeriksa loading time dari beberapa server sekaligus. Jadi cocok untuk Anda yang memiliki blog bahasa inggris dengan akses pengunjung dari seluruh dunia.

Elemen yang penting dalam tools ini adalah waktu first byte yang menyatakan waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan kembali konten unutk diproses oleh browser.

 

Diatas adalah 9 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui waktu muat website Anda. Silahkan gunakan salah satu atau semua nya untuk mengatahui yang terbaik.

 

Terimaksih

 

Semoga Bermanfaat 😀